Langsung ke konten utama

Mengenal Lebih Dekat Tuberkulosis



Tuberkulosis atau lebih di kenal dengan TBC adalah penyakit yang hanya di derita oleh orang miskin. Padahal, penderita penyakit ini diderita oleh siapapun tanpa memilih status seseorang sehingga penderita enggan untuk berobat.
Tuberkulosis (Mycobacterium Tubercolosis) ditemukan oleh Robert Koch (1843-1910) yang lebih dikenal dengan nama TBC. Penyakit ini menular disebabkan oleh kuman TB (Mycrobacterium Tuberkulosis), penyakit ini dapat disembuhkan tetapi masyarakat masih mengira Tuberkulosis adalah penyakit guna-guna atau kutukan/kutukan penyakit keturunan.
Sebagian besar kuman TBC menyerang paru, tetapi juga menyerang organ atau organ yang lainnya (misalnya: tulang, kelenjar, kulit, dll). TBC menyerang siapa saja teurutama pada usia produktif (15-50 tahun) dan anak-anak, TBC juga dapat menyebabkan kematian jika tidak diobati segera.
Gejala-Gejala utama terkena Tuberkolusis :
1.      Batuk berdahak maupun tidak berdahak.
2.      Demam tidak terlalu tinggi.
3.      Berkeringat tanpa sebab terutama pada saat sore-malam hari.
4.      Batuk berdahak tercampur darah.
5.      Nyeri dada.
6.      Nafsu makan menurun.
7.      Berat badan menurun.
Bakteri (kuman) Tuberkulosis ditularkan melalui udara apabila penderita TB sedang baturtutk, ketawa, bersin dan bernyanyi. Bakteri TBC akan bertahan di tempat tertutup yang gelap dan lembab, kuman bisa mengendap dalam beberapa jam hingga bulan. Bakteri TB akan mati dalam beberapa jam bila diudara yang terbuka apalagi bila terkena sinar ultraviolet matahari.
Faktor Risiko Memudahkan Penularan TBC
1.      Pasien TBC paru dengan kuman positif pada dahaknya.
2.      Jumlah percikan dalam udara dan lamanya menghirup udara tersebut.
3.      Kontak erat dengan pasien TBC.
4.      Tinggal di daerah padat penduduk.
5.      Orang yang bekerja dengan bahan kimia yang berisiko menimbulkan paparan infeksi paru-paru.
6.      Daya tahan tubuh yang rendah, seperti HIV/AIDS, Usia Lanjut, Anak dan pada orang malnutrisi (gizi buruk). HIV merupakan factor risiko yang paling kuat bagi terinfeksi TBC menjadi sakit TBC.
7.      Hanya sekitas 10% yang terinfeksi TBC akan menjadi sakit TBC.
Pemeriksaan TBC yang digunakam lebih dari 120 tahun selama 2 hari dengan 2 spesimen dahak, sejak tahun 2012 pemeriksaan TBC di sebut dengan TCM (Tes Cepat Molekuler) membutuhkan waktu 90. Dan juga bissa menilai resintesi obat rifampisi, pemeriksa yang lainnya berupa Kultur dan Rontgen.
Pengobatan TBC sensitiv obat selama 6-8 bulan, yang terbagi dalam dua tahap :
1.      Tahap awal (setiap 2-3 bulan)
2.      Tahap lanjut (3 kali seminggu 4-5 bulan)
Pengobatan Tidak Tuntas menyebabkan Resisten :
1.      Penyakit tidak sembuh dan tetap menularkan ke orang lain.
2.      Penyakit bertambah parah dan bisa berakibat kematian.
3.      Obat Anti TBC (OAT) bisa tidak dapat membunuh kuman, sehingga pasien tidak bisa disembuhkan.
4.      Pengobatan lebih lama sekitar 2 tahun.
5.      Biaya pengobatan mencapai 200 kali lipat.
Mencegah Penularan TBC :
1.      Pasien TBC minumlah OAT secara lengkap dan teratur sampai sembuh.
2.      Pasien TBC harus menutup mulutnya pada saat bersin dan batuk.
3.      Tidak membuang dahak di sembarang tempat, tetapi dibuang pada tempat khusu dan tertutup.
4.      Menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, antara lain :
-        Menjemur alat tidur.
-        Membuka jendela dan pintu setiap pagi agar udara dab sinar matahari masuk.
-        Tidak merokok dan minum minuman keras.
-        Olahraga secara teratur.
Jika batuk, maka harus memiki Etiket Batuk berupa :
1.      Gunakan masker.
2.      Tutup hidung dan mulut anda dengan menggunakan lengan anda.
3.      Tutup hidung dan mulut anda dengan menggunakan tisu dan saputangan.
4.      Segera buang tisu yang sudah dipakai.
5.      Cuci tangan dengan menggunakan air mengalir dan sabun.

Komentar

Helenamantra mengatakan…
Anakku ku ajarkan kalau batuk tutup dengan lengan supaya ga nular ke temannya. Kan kasihan kalau batuk berjamaah. Semoga sehat-sehat ya Clara, terbebas dari TB.
Mporatne mengatakan…
Kuman dan udara penyebaran batuk. Jangan ini berkelanjutan stop rantai dengan tbc

Postingan populer dari blog ini

Review N’PURE Marigold Series

Hallo, teman-teman apa kabarnya? Aku mau mereview tentang produk N’PURE lagi nih, setelah membahas tentang Sunscreen N’PURE Cica Beat The Sun. Selain sunscreen, N’PURE ada skincare terbaru lho yang terbuat dari Extract kelopak bunga Marigold. Perlu kalian ketahui bunga Marigold bunga yang tumbuh di Indonesia, dan paling banyak tumbuh di daerah Bali. Bungan Marigold mempunyai arti “tiap sepanjang bulan” karena tumbuh di setiap awal bulan, dan juga memiliki julukan sebagai “herb of the sun” karena melambangkan pasion dan kreatifitas. Marigold juga memiliki manfaat yang hampir sama dengan bunga Celendula, itu sebabnya N’PURE memberikan korelasi Marigold sebagai Cendulanya Indonesia. Owh iya, di dalam skincare Marigold series terdapat beberapa kandung yang harus kamu ketahui yaitu : 1.  Extract kelopak bunga Marigold mengandung Karotenoid yaitu pigmen organik berasal dari bunga, pigmen ini berperan sebagai antioksidan. Selain itu, juga mengandung Trans-lutein yang mempunyai fungsi sebagai

Review Skincare Dewpre Terinspirasi dari Kosmetik Korea Selatan

Yuhu, apa kabar semuanya? Semoga dalam keadaan baik-baik saja ya, di masa sekarang ini yuk jaga kesehatan. Tidak hanya kesehatan tubuh saja, kita juga menjaga kesehatan wajah agar tampak glowing. Aku ingin memperkenalkan produk skincare lokal, tapi seperti produk dari Korea Selatan karena menggabungkan teknologi dan formula dari Indonesia dan Korea Selatan. Produk Skincare yang aku kenalkan adalah DEWPRÉ, karena di buat untuk membuat perempuan Indonesia yang modern dan percaya diri. Pasti ada yang bertanya, DEWPRÉ artinya apa sih? Ok, akan aku jelaskan. DEWPRÉ terdiri dari dua kata yaitu DEW dari bahasa inggris berarti embun, PRÉ berasal dari bahasa Perancis yang berarti rumput. Jadi, produk DEWPRE merupakan mempresentasikan kemurnian yang terjadi di alam dengan proses alami. DEWPRE sudah di sesuaikan sama iklim Indonesia yaitu iklim tropis, sehingga aman dan juga sama kulit wajah permpuan Indonesia yang beraneka ragam. DEWPRÉ berharap, agar perempuan Indonesia cantik dan seh

Anime Tentang Shogi: 3 Gatsu no Lion

Yuhu, sudah lama nih tidak menulis review anime versi aku. Sudah siap belum sama review anime kali ini? Kalo sudah siap, aku akan review anime yang bernuansa permainan tradisional Jepang dulu ya.... Anime yang aku bahas adalah 3 Gatsu no Lion  (3nya di baca san ya)  yang artinya Maret datang seperti singa, tayang pada musim gugur 2016 dari tanggal 8 Oktober sampai 18 Maret 2017 berdurasi 25 menit dan mempunyai episode 22. Bergenre Drama, Game, Seinen, Slice of Life, dan aku cenderung ke comedy juga. Anime Shinbou Akiyuki sebagai Director; Asano Naoyuki sebagai Director, Storyboard, Animation Director; Okada Kenjirou sebagai Director, Episode Director, Storyboard; Kameyama Toshiki sebagai Sound Director. Di Produseri oleh Aniplex, Dentsu, NHK, Hakusensha, Asmik Ace, Toy's Factory dengan lisensi Aniplex of America dan di buat di studio Shaft.  Original Soundtrack (Ost) di isi Bump of Chicken dengan judul Answer (Opening episode 1-11), Yuki dengan judul Sayonara Bystander   ( opening

Review Face Care Scarlett Acne Cream

Hallo, teman-teman berjumpa lagi bersama aku kali ini ada pembahasan baru ya. Kalian sudah tahu belum aku mau membahas apa? Membahas tentang face care, face care yang sekarang sedang viral. Apa coba? Yup, SCARLETT yang sudah di promosiin sama banyak blogger dan para influencer. Setelah lihat promosinya yang heboh, akhirnya aku memberanikan diri untuk mencobanya. Cocok tidak di muka aku, muka aku tuh susah banget cocok sama jenis face care. Maklum, muka ku itu jenisnya sensitif cenderung minyak dan berjerawat. Apalagi, menjelang PMS (Pra Menstrurasi) beuh jerawat tiba-tiba muncul gede apalagi komedo agak bandel ngebersihinnya . Ngeselin kan, gimana teman-teman ada yang senasib? Apa yang kalian ketahui tentang produk Scarlett? Terbesit di pemikiran kalian, produknya hanya mengeluarkan body wash, hand body, dan body scrub. Jangan salah, Scarlett sekarang mengeluarkan produk baru yaitu Scarlett face care. Produknya memiliki dua series face care, Acne Series dan Brightly Series. Tenang saja