Sedekah Ngider : Berbelanja dengan Anak Yatim



Photo bersama Duta Sedekah Ngider Indonesia, Pejuang, dan Anak Yatim


Siapa sih yang tidak suka berbelanja?

Semua orang pasti suka berbelanja, nah Sedekah Ngider memberikan inovasi baru dan memberi pelajaran kepada anak yatim. Pada tanggal 03 Juni 2018 tepatnya di Tamini Square lebih tepatnya di Carrefour Tamini Square.

Sedang berbelanja


Kegiatan ini berkonsep memberikan edukasi kepada anak yatim berupa kepedulian dan kemandirian. Kepedulian yang dimaksud adalah mengurangi rasa ego/keinginan pribadi semata, mengutamakan kepentingan orang lain. dengan mengajarkan mereka tentang berbagi dan membelanjakan kebutuhan yang dibutuhkan oleh keluarga.
Adhitya Putri dan Ridwan Ghany

Kemandirian di sini maksudnya adalah anak dilatih untuk menjadikan anak dengan kepribadian yang mandiri, tidak ketergantungan kepada orang lain, dan berani. Acara berbelanja ini lebih seru karena didatangi oleh Adhitya Putri yang menjadi duta Sedekah Ngider Indonesia dan sang suami Ridwan Ghany. Dan tenang saja, anak yatim yang sedang berbelanja di dampingi oleh kakak-kakak Pejuang untuk memberikan bimbingan barang apa saja yang harus di beli. Anak yatim berbelanja dengan cara, diberikan waktu 30 menit dan 45 menit harus sampai kasir.

Adhitya Putri dan Ridwan Ghany sedang memberikan santunan


Bukan hanya untuk menghadiri saja, tetapi mereka juga menemani anak yatim ini berbelanja, Insya Allah anak-anakpun bahagia atas kehadiran mereka. Alhamdulillah, kehadiran mereka baik Pembina, Penasehat, dan Duta Sedekah Ngider Indonesia memberika semangat tersendiri bagi pergerakan dakwah kami.

Apa sih Sedekah Ngider itu?

Sedekah ngider Indonesia adalah salah satu komunitas dakwah yang memfokuskan diri pada kegiatan yang sifatnya berbagi. Mengawali perjalanan sebagai komunitas, pada tanggal 03 April 2016 dan kini memasuki tahun ketiganya. Sedekah ngider telah menjadi lembaga dengan nama Yayasan Sedekah Ngider.

Sedekah Ngider Indonesia saat ini memiliki Dewan Penasehat, Pembina dan Duta namanya sudah tidak asing di telinga kita. Ustadzah Lulu Susanti (Juri Hafidz Indonesia/ Daiah Islam Itu Indah Trans TV), beliau adalah Pembina kami. dr Elizabeth Fitriana (Dosen Dokter Gigi UnPad, salah satu spesialis bedah mulut dan adik dari tokoh pendidikan Indonesia Alm Sony Sugema. Dan saat ini sudasedang menyelesaikan S3nya di Melbourne Universitas Australia), beliau adalah Penasehat kami. Adhitya Putri (artis dan pemain sinetron) beliau adalah duta Sedekah Ngider.

Sedekah Ngider sudah ada di 10 kota di Indonesia, yaitu : Jakarta Pusat, Bogor, Bekasi, Tangerang, Bandung, Sumedang, Purwokerto, Banyumas, Yogyakarta, dan Surabaya. Asal muasal dari Sedekah Ngider adalah penanaman kata “Ngider” karena sebagaian di beberapa kota memiliki makna yang sama yaitu keliling. Di situlah akhirnya program-program berkonsep keliling dari satu Masjid ke Masjid yang lainnya. 

SNBI (Sedekah Ngider Bebagi untuk Indonesia), salah satu program unggulan dari sedekah ngider. Setiap sebulan sekali kami melakukan 7 kegiatan sekaligus, diantaranya pemeriksaan/pengobatan kesehatan gratis, santunan, tabligh akbar, lomba edukasi, kampung belanja syariah, gerakan cinta Masjid dan berbagi nasi bungkus.  

Tidak kurang dari 300 orang selalu hadir untuk memeriahkan acara ini. Dan salah satu lagi, program kampong sedekah tujuan kami adalah menjadikan wilayah RW 009 Ciracas menjadikan perkampungan sedekah dengan sedekah sebagai aktifitas harian. 200 kencleng sedekah dari 1000 kencleng yang kami targetkan, dalam 1 RW telah tersebar.

Dari masyarakat, untuk masyarakat dan kembali ke mayarakat adalah tujuan dari penggunaan uang sedeka yang terkumpul dari kencleng ini. Insya Allah, penggunaannya adalah untuk membantu jiaka ada warga yang mendapatkan musibah, membantu biaya sekolah yang tidak mampu, menyantuni anak yatim dan dhuafa, bimbingan belajar gratis, sampai kami ingin mengadakakan ambulance gratis dan membangun klinik gratis. 

Alhamdulillah, program kegiatan kami telah diliput oleh beberapa media, diantaranya NET TV di program, Shaliha dan Net5, Trans 7 di program Karimah, Go Musim, Harian Amanah, dan she.id. dan di Ramadhan 1439 kali ini, Sedekah Ngider Indonesia mengadakan kegiatan yang berbeda dari biasanya, yaitu menebarkan ta’jil di 20 Masjid besar dan berbelanja beserta santunan bareng anak yatim.

Komentar