Langsung ke konten utama

Cegah Penyakit Demam Berdarah Dengue




Sudah musim di penghujan gini, banyak nyamuk yang sedang bersarang di penampungan air. Apalagi, banyak berita yang memberitakan penyakit Demam Berdarah. Pada saat ini Kemenkes mengajak para blogger untuk memberikan pengetahuan tentang DBD (Demam Berdarah Dengue) pada tanggal 07 februari di Kantkuu Argo Plaza Kuningan dengan narasumber dr Siti Nadia Tarmizi (Kementrian Kesehatan) dan dr Gia Pratama (Dokter dan Influencer) dan kami di kejutkan pada saat di tengah acara ada Ibu Nila  Moelek (Menteri Kesehatan).


Demam Berdarah berasal dari Nyamuk Aedes Aegypti, nyamuknya berwarna belang-belang hitam dan putih. Owh iya, jika nyamuk yang suka mengggit manusia itu nyamuk betina ya. Nyamuk betina menghisap darah 2x sehari, telurnya menghasilkan 30-150 telur per 2-3 hari. Spesies Aedes Aegypti bermetamorforsis secara sempurna! Dari telur ke pupa yang kita biasa sebut encu atau jentik-jentik, dan menjadi nyamuk dewasa.

Nyamuk banyak di musim dewasa karena, kelembapan dan suhu optimum bagi nyamuk lebih panjang. Kasus DBD ini meningkat pada saat musim penghujan, yaitu bulan Januari hingga Februari. Virus ini berkembang dengan cara membelah diri, virus ini akan berpindah dari air liur nyamuk saat nyamuk menggigit manusia.

Gejala-gejala DBD :

1.      Demam tinggi secara mendadak
2.      Nyeri atau sakit kepala
3.      Nyeri pada saat menggerakan bola mata dan juga nyeri punggung
4.      Dan juga di sertai dengan bintik-bintik merah tetapi tidak merata.

Cara mencegahnya dengan cara 3M plus lho yaitu :

1.      Menguras bak mandi atau genangan air, genangan air yang dimaksud adalah air di ember, tempat penampungan air minum (dispenser), penampungan air lemari es, dll.
2.      Menutup rapat-rapat tempat penampungan air seperti drum, kendi, air toren, dll.
3.      Mendaurulang sampah, apalagi sampah plastik dan botol sangat mengundang nyamuk apalagi sampah tersebut ada genangan airnya.
4.      Menabur bubuk larvasida di tempat penampungan air yang sulit dibersihkan.
5.      Menggunakan obat nyamuk baik itu semprotan atau bakar atau dalam bentuk lotion.
6.      Menanam tanaman pengusir nyamuk, seperti : sereh, lavender, bunga kenanga, kemangi, dll.
7.      Mengatur pencahayaan dan ventilasi udara.
8.      Menghindari menggantung pakaian dalam rumah, itu tempat istirahat para nyamuk.
9.      Melalukakan fogging (pengasapan), biasa jika sudah melakukan ini kejadiannya sangat luar biasa.

Ada cara lain lho untuk mencegah nyamuk dengan cara membuat Lavitrap, bahannya cukup sederhana hanya botol air kemasan bekas dengan ukuran 1.5L, plastic hitam, kain kasa, cutter. Cara membuatnya :

1.      Potong menjadi dan bagian botol kemasan yang menyerupai corong tutupnya jangan di lepas ya.
2.      Bagian paling bawah botol di potong, sehingga berbentuk pipa.
3.      Bagian atas botol dan bawah di satukan dan rekat dengan lakban hitam.
4.      Dan tutup dengan kain kasa, dan rekatkan kasa dengan steples lalu rekatkan lagi dengan lakban agar lebih kuat.
5.      Bungkus botolnya dengan plastic berwarna hitam, agar mengundang nyamuk datang dan nyamuk suka dengan warna hitam.
6.      Rekatkan kembali dengan lakban warna hitam.

Sehabis membuat lavitrap, isi botol dengan mencampurkan air dengan gula merah dan ragi. Taruh di sudut ruangan, tunggu 1-2 minggu. Jika telihat jentik-jentik nyamuk maka kita harus kocok-kocok agar jentik-jentiknya mati lalu di buang.

dr Gia Pratama menyatakan fase paling berbahaya adalah jika pasien sudah dinyatakan sembuh akan tetapi trombosit terus menurun dan berakibat pendarhan seperti mimisan. Pada fase ini, pasien harus waspada karena bisa menyebabkan meninggal dunia.

Komentar

Memang harus waspada kalau musim hujan datang, bukan hanya waspada akan banjir tapi penyakitnya. Yang lagi hype sekarang ini DBD, makanya kita dirumah harus selalu menjaga kebersihan tempat penampungan air ya.

Postingan populer dari blog ini

Memasak Lebih Gampang Dengan Tiarapot Pro, Rice Cooker Donabe, dan Air Fryer

Hallo teman-teman, pernah ga sih kalo masak suka kerepotan sama alat masak yang di gunakan dan malas untuk mencuci peralatan masak? Apalagi, kita yang repot sama urusan rumah dan pekerjaan dan kudu sat set tapi kalau beli makanan suka malas karena kurang bergizi dan higienis. Di tambah kalo masak nasi dengan rice cooker, terkadang nasi jadi tidak enak di makan dan juga berkerak. Untuk menjawab semua pertanyaan di atas, produk Polytron menjawab semua masalah yang di alami saat di dapur. Polytron mengeluarkan dua produk yaitu Tiarapot Pro dan Rice Cooker Donabe, jadi bisa sat set untuk masak. Aku di undang pada tanggal 05 November di Famer Market di Bintaro Exchage, bersama Chef Beatrix aku mengikuti demo masak dengan menggunakan Tiara Pot Pro dan Rice Cooker Donabe. Chef Beatrix memasak Gulten Free Chocolate Cake dan Bean Soup, dan hasilnya tidak kalah sama masak secara manual malah lebih cepat dan ringkas. Aku ingin memperkenalkan Tiarapot Pro, dilengkapi 12 fungsi mode untuk memasak b

Slam Dunk : Anime Sport Sepanjang Masa

Slam Dunk adalah anime yang membuat aku menjadi lebih bersemangat lagi, sikap pantang menyerah, percaya diri, dan tidak takut kepada musuh membuat aku semakin termotivasi. Walaupun aku jarang sekali suka sama anime sport , entah mengapa jadi suka baik cerita yang didalamnya mengandung komedi dan sedikit romantis.  Anime yang dalam manganya mempunyai jilid 31, animenya 101 episode, dan 4 layar lebarnya yang di karang oleh Takehiko Inoue bercerita tentang Tim Bola Basket dari SMA Shouhoku yang diproduksi oleh TV Asahi dan Toei Animation. Slam Sunk muncul pada manga Shounen Weekly, Di Jepang, komiknya diterbitkan oleh Shueisha dari tahun 1990 hinga 1996, sementara di Indonesia diterbitkan oleh Elex Media Komptindo. Sebelum diterbitkan Elex, komik ini pernah pula diterbitkan oleh Rajawali Grafiti. Sinopsis : Berawal dari Hanamichi Sakuragi yang tidak suka dengan basket karena perempuan ke 50 yang menolaknya, dan mengatakan dia lebih menyukai pria yang suka dengan bas

Review  Dewpre Multi Vita Balm

  Hallo, teman-teman sebelumnya aku sudah membahas tentang produk Dewpre kan? Kali ini, ada yang baru yaitu Dewpre Multi Vita Balm. S ebelum aku review yuk, kenal lebih dekat sama Dewpre Multi Balm. Dengan kandungan senyawa  Hyaluronic Acid  and  Fructan  yang bermanfaat untuk mempertahankan kelembaban kulit. Lalu ada  Adenosin  untuk merawat elastisitas kulit,  anti-wrinkle  dan Antioksidan.  Alpha-Bisabolol  yang berkhasiat mencerahkan dan memberi efek membuat glowing pada kulit. Ada juga kandungan  Vitamin C  untuk menutrisi kulit dan membantu mencerahkan kulit.    Dan masih ditambah dengan ekstrak berbagai bahan lain, yaitu : ·  Aloe barbadensis flower extract ·  Lithospermum erythrorhizon root extract ·  Melia azadirachta leaf extract ·  Melia azadirachta flower extract ·  Coccinia indica fruit extract ·  Solanum melongena (Eggplant) fruit extract ·  Ocimum sanctum leaf extract ·  Curcuma longa (Turmeric) root extract ·  Corallina officianalis extract  Ingredients  Ethylhexyl Palm

Oli Terbaik dari Pertamina

Yuhu, teman-teman berjumpa dengan artikel terbaru aku nih. Aku memperkenalkan oli motor, oli motor matic, dan oli mobil yang bagus untuk kalian, oli buatan anak bangsa adalah keluaran dari Perusahaan Pertamina yaitu Enduro dan Fastron. Pertamina sebagai perusahaan anak bangsa yang mengolah minyak bumi menjadi bahan bakar, dan juga membuat produk-produk pelumas yang sangat dibutuhkan oleh para pengendara bermotor. Sebelum membahas tentang oli dari Pertamina, aku akan membahas tentang pengertian dari oli tersebut ya…. Oli atau minyak pelumas adalah zat kimia yang berupa cairan yang diberikan antara dua benda yang bergerak untuk mengurangi gaya gesek. Oli berfungsi sebagai bahan pelumas agar mesin bisa berjalan dengan mulus dan bebas gangguan, sekaligus berfungsi sebagai pendingin dan penyekat. Oli mengandung lapisan-lapisan halus, berfungsi mencegah terjadinya benturan antar logam komponen mesin seminimal mungkin, mencegah goresan atau keausan. Oli mempunyai tiga macam y