Makanan untuk Kucing yang sedang Sakit




Di sini saya ingin berbagai bagaimana menangani kucing yang sedang sakit, apalagi tidak mau makan. Pasti bingung mau di kasih makanan apa ya, di kasih makanan seperti biasa tidak mau apalagi minum juga tidak mau. Yang lebih mengkhawatirkan lagi, jika tidak makan dalam waktu 1-2 hari itu masih hal yang wajar. Tetapi, jika sudah tiga hari dan di sertai oleh muntah itu harap-harap cemas. Harus ke dokter hewan agar di periksa, dikhawatirkan kucing mengidap flu kucing.

Flu kucing adalah sejenis penyakit seperti aids di manusia, sayangnya tidak ada obat untuk menyembuhkannya. Satu-satunya jalan Dokter Hewan akan memberinya antibiotic beberapa kali injeksi, dan sebagai pemilik kucing kita harus telaten merawatnya. Jika tidak parah dan cepat di bawa ke dokter, kucing masih selamat dan jika terlambat kucing tidak terselamatkan. Beberapa kucing aku, tidak selamat karena penyakit ini. Biasanya, penyakit ini lebih sering terjangkit kucing ras yang tidak pernah melakukan vaksinasi bukan berarti kucing lokal tidak ya.
 
Kucing dalam kondisi sakit dan tidak mau makan, hal itu sangat bahaya. Jika satu hari saja tidak mau makan, akan terkena ginjal. Kita sebagai pemilik, harus memaksanya untuk makan dan minum agar tidak dehidrasi. 

Beberapa rekomendasi makanan untuk kucing jika si kucing sakit.

 

1.      Royal Canin Recovery
Jika kita ke dokter hewan, dokter hewan memang merekomendasikan makanan ini. Karena, makanan ini bagus untuk kucing yang sedang terutama dalam aroma makanannya yang sangat menyengat dan mengandung protein yang tinggi. Harganya lumayan mahal untuk ukuran satu kaleng, merk makanan Royal Canin adalah makanan kucing paling mahal dan bagus di antara makanan yang lainnya.




2.      Kuning Telur Rebus
Jika merk Royal Canin terasa sangatlah mahal, tidak usah khawatir. Cukup di kasih kuning telur rebus, entah itu telur ayam negeri atau kampung (tapi rekomendasi kampung). Karena protein kandungan cukup tinggi, di tambah lagi bisa menghemat pengeluaran hehhehe.




3.      Madu
Selain untuk manusia, madu juga sangat bermanfaat untuk kucing. Fungsi madu di sini untuk menambah stamina si kucing, madu apa saja tidak merekomendasi madu tertentu kok. Cara minumnya bisa langsung dengan air atau tidak, dan juga bisa di campurkan dengan kuning telur rebus.

Cara Memberi Makanan Kucing Yang Sedang Sakit :


Nah, saya merekomendasikan beberapa makanan untuk kucing yang sakit. Jika penyakitnya tidak parah, 1-2 hari bisa sehat. Cara untuk memberi makanannya terkadang kita harus merelakan tangan kita luka-luka, karena kucing tidak mau makan. Makanan yang di berikan oleh kucing, bisa di campurkan dengan sedikit air lalu kita kasihkan ke kucing dengan menggunakan spet (suntikan yang tidak ada jarum). Jika tidak ada spet, biasanya menggunakan sendok. Cara memberikan makanannya, di mulut tapi di samping agar langsung di makan. Lakukan tiga kali sekali, dan kasih kucing air putih agar terhindar dari dehidrasi.

Nah, gimana sudah jelaskan bagaimana cara memberi makanan kepada kucing pada saat kucing sedang sakit?

Mungkin, para pecinta kucing punya cara-cara tertentu untuk memberikan makanan untuk kucing yang sakit? Atau melakukan hal yang sama pada saat kucing sakit? 

Tolong komentar di kolom komentar ya, agar kita saling berbagi apalagi makanan yang di rekomendasi sama dokter hewan yang lebih penting harga makanan tersebut tidak terlalu mahal hehehe.

Komentar