Langsung ke konten utama

Menulis dengan Rasa


Hallo teman-teman, pasti sulit ya jika pembaca yang membaca tulisan kita terkadang tidak membuat mereka terkesan. Agak sulit memang membuat pembaca meninggalkan sesuatu terhadap tulisan kita, seperti emosi atau pengetahuan yang belum mereka dapatkan dari tulisan. Bersama Dini Fitria,  mantan Pembawa Acara Jazirah Islam dan Penulis, akan menjelaskan menulis dengan rasa.

Bersama Dini Fitria


Bagaimana menulis dengan rasa?

Sebelum kita membahas itu alangkah lebih baik kita membangun rasa ingin menulis dengan cara :

1.  Membangun kebiasaan menulis.
Semua orang bisa menulis tetapi untuk menulis dengan baik harus memerlukan proses seperti memberi kesan, mengatur cara penulisan, hingga gaya tulisan kita dapat dikenal orang lain sebagai identitas.
2.   Membangun identitas menulis
Menemukan apa yang akan kita tulis, focus kepada satu tulisan. Maksudnya, menulisapa yang kita yang kita seperti travelling, kesehatan, beauty, dll.
3.   Baca banyak buku
Dengan membaca kita bisa menabung kosa kata dan tanda baca untuk menulis.
4.  Berikan diri untuk terus dibangun lewat kritik dan koreksi.
Sebagai penulis, kita harus tahu apa kesalahan dalam penulisan kita lewat pembaca. Agar, penulisan yang kita tulis dapat berkembang dengan baik.
5.   Mempertimbangkan tulisan adalah pekerjaanmu. Isi adalah raja tetapi raja adalah kamu.
6.   Memberikan rasa pada tulisan
Menulis dengan hati membuat tulisan memiliki rasa, pembaca dapat menikmati rasa dalam tulisan.

Nah, ada beberapa cara menulis dengan rasa yaitu :  

 Tema → Premis → Alur → Wants and Needs → Value → Goal


1.   Tema adalah apa yang akan kita tulis seperti tema travelling dan membuahkan judul
2.   Premis adalah sesuatu yang di inginkan sangat kuat dan tantanganya sulit sehingga membuat pembaca penasaran.
3.   Alur adalah jalan cerita.
4.   Wants and Needs adalah apa yang ingin pembaca inginkan dan butuhkan untuk membaca tulisan kita.
5.  Value adalah nilai dari sebuah tulisan
6.   Goal adalah membuat si pembaca terkesan
Cara untuk membuat premis :
1.      Tuliskan ceritamu dalam satu kalimat Clear, Fresh, dan Intersting.
2.      Focus
3.      Masukkan karakter/atribut/goal
4.      5W1H : What, When, Why, Who, Where, How (tidak diwajibkan)
5.      Continuity
6.      Hubungan sebab akibat
7.      Conclusion
Ada beberapa plot klasik dalam penulisan seperti :
1.      Statis (kehidupan normal)
2.      Tringger (terjadi sesuatu yang tidak biasa)
3.      Quest (Pencarian)
4.      Surprise (Kejutan)
5.      Critical choice (Pilihan Kritis)
6.      Climax (Klimaks)
7.      Reversal (Pembalikaan)

Ada tiga elemen penting yang membuat tulisan kita tepat sasaran yaitu :
1.      Why, mengapa seseorang itu mau membaca tulisan kita.
2.      What, apa yang akan kita bahas
3.      How, solusi sebenarnya dari permasalahan yang kita permasalahan (biasanya di letakkan pada saat penutupan).

Note :

1.      Jangan melakukan editing secara bersamaan, pada saat kita menulis. lakukanlah editing pada saat kita selesai menulis.
2.      Wants → Needs → Impression. Membaca menginginkan apa yang di inginkan dan membutuhkan apa yang kita tulis sehingga menimbulkan kesan.
3.      Memasukkan kesan
4.      Membuat pembukaan untuk menyapa pembaca.
5.      Membuat pembaca percaya
6.      Memperbanyak diksi dan tepat dalam menaruh diksi.
7.      Menggunakan panca indera untuk menulis.
8.      Pertanyaan bisa membuat premis
9.      Caption dan poto harus sesuai.


Modem JavaMifi

Blogger jika sudah deadline pasti mencari koneksi internet, baik dengan menggunakan wifi maupun koneksi internet yang mereka punya (modem). Apalagi, pada saat  mereka sedang travelling entah travelling di luar negeri maupun dalam negeri.

JavaMifi mengeluarkan produk koneksi internet baik di luar negeri maupun dalam negeri, tanpa terganggu sinyal. Jadi jika mau ke gunung dan pantai ada gangguan sinyal, JavaMifi tidak akan menjawab solusi kita. Koneksi internet mereka tidak akan terganggu sama sekali, kita pasti aman dalam menggunakan internet.
Apalagi kalau kita keluar negeri, ujung-ujungnya kita harus mencari wifi. Mau daftar internet ke provider mahal, JavaMifi tidak mahal kok karena harganya terjangkau. Sewa wifi luar negeri dengan harga sewa wifi dengan perbandingan travel wifi yaitu :

1.    50.000 perhari untuk Singapore
2.   60.000 perhari untuk Jepang, Korea, Malaysia, Thailand, Vietnam, Hongkong, Taiwan.
3.  80.000 perhari untuk China VPN, Macau, Nepal, Myanmar, India, Philipina.
4.   100.000 perhari untuk Australia, New Zealand, USA, Canada
5. 110.000 perhari untuk Eropa
6.  120.000 perhari untuk Amerika tengah dan Selatan

Info untuk Negara lain bisa klik di sini

Caranya dengan menyalakan modem mifi di Negara tujuan masukkan password, langsung connect
Jika ingin mendaptkan diskon 10% bisa menggunakan password CLARAGUSTINIA10 untuk wifi rental.

Royal Tumpeng


Owh ya, sehabis travelling jangan lupa makan Royal Tumpeng. Tumpeng adalah nasi kuning dengan bentuk kerucut. Nasi Tumpeng adalah nasi yang sangat sacral, kenapa sangat sacral? Karena apabila masyarakat Indonesia sedang syukuran, atau merayakan sesuatu selalu ada nasi tumpeng. Royal Tumpeng adalah nasi tumpeng premenium yang akan membuat perayaan khusus anda berkesan. Roya; Tumpeng bisa di pesan dan di antarkan ke wilayah Jakarta, Bekasi, dan Tangerang. Bisa di pesan melalui web royaltumpeng.com atau WA/SMS 081287608239.

Jadi, sudah tahukan menulis dengan rasa itu seperti apa? 

Menulislah kamu dan tulisan kamu yang menentukan takdirnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review N’PURE Marigold Series

Hallo, teman-teman apa kabarnya? Aku mau mereview tentang produk N’PURE lagi nih, setelah membahas tentang Sunscreen N’PURE Cica Beat The Sun. Selain sunscreen, N’PURE ada skincare terbaru lho yang terbuat dari Extract kelopak bunga Marigold. Perlu kalian ketahui bunga Marigold bunga yang tumbuh di Indonesia, dan paling banyak tumbuh di daerah Bali. Bungan Marigold mempunyai arti “tiap sepanjang bulan” karena tumbuh di setiap awal bulan, dan juga memiliki julukan sebagai “herb of the sun” karena melambangkan pasion dan kreatifitas. Marigold juga memiliki manfaat yang hampir sama dengan bunga Celendula, itu sebabnya N’PURE memberikan korelasi Marigold sebagai Cendulanya Indonesia. Owh iya, di dalam skincare Marigold series terdapat beberapa kandung yang harus kamu ketahui yaitu : 1.  Extract kelopak bunga Marigold mengandung Karotenoid yaitu pigmen organik berasal dari bunga, pigmen ini berperan sebagai antioksidan. Selain itu, juga mengandung Trans-lutein yang mempunyai fungsi sebagai

Review Skincare Dewpre Terinspirasi dari Kosmetik Korea Selatan

Yuhu, apa kabar semuanya? Semoga dalam keadaan baik-baik saja ya, di masa sekarang ini yuk jaga kesehatan. Tidak hanya kesehatan tubuh saja, kita juga menjaga kesehatan wajah agar tampak glowing. Aku ingin memperkenalkan produk skincare lokal, tapi seperti produk dari Korea Selatan karena menggabungkan teknologi dan formula dari Indonesia dan Korea Selatan. Produk Skincare yang aku kenalkan adalah DEWPRÉ, karena di buat untuk membuat perempuan Indonesia yang modern dan percaya diri. Pasti ada yang bertanya, DEWPRÉ artinya apa sih? Ok, akan aku jelaskan. DEWPRÉ terdiri dari dua kata yaitu DEW dari bahasa inggris berarti embun, PRÉ berasal dari bahasa Perancis yang berarti rumput. Jadi, produk DEWPRE merupakan mempresentasikan kemurnian yang terjadi di alam dengan proses alami. DEWPRE sudah di sesuaikan sama iklim Indonesia yaitu iklim tropis, sehingga aman dan juga sama kulit wajah permpuan Indonesia yang beraneka ragam. DEWPRÉ berharap, agar perempuan Indonesia cantik dan seh

Anime Tentang Shogi: 3 Gatsu no Lion

Yuhu, sudah lama nih tidak menulis review anime versi aku. Sudah siap belum sama review anime kali ini? Kalo sudah siap, aku akan review anime yang bernuansa permainan tradisional Jepang dulu ya.... Anime yang aku bahas adalah 3 Gatsu no Lion  (3nya di baca san ya)  yang artinya Maret datang seperti singa, tayang pada musim gugur 2016 dari tanggal 8 Oktober sampai 18 Maret 2017 berdurasi 25 menit dan mempunyai episode 22. Bergenre Drama, Game, Seinen, Slice of Life, dan aku cenderung ke comedy juga. Anime Shinbou Akiyuki sebagai Director; Asano Naoyuki sebagai Director, Storyboard, Animation Director; Okada Kenjirou sebagai Director, Episode Director, Storyboard; Kameyama Toshiki sebagai Sound Director. Di Produseri oleh Aniplex, Dentsu, NHK, Hakusensha, Asmik Ace, Toy's Factory dengan lisensi Aniplex of America dan di buat di studio Shaft.  Original Soundtrack (Ost) di isi Bump of Chicken dengan judul Answer (Opening episode 1-11), Yuki dengan judul Sayonara Bystander   ( opening

Review Face Care Scarlett Acne Cream

Hallo, teman-teman berjumpa lagi bersama aku kali ini ada pembahasan baru ya. Kalian sudah tahu belum aku mau membahas apa? Membahas tentang face care, face care yang sekarang sedang viral. Apa coba? Yup, SCARLETT yang sudah di promosiin sama banyak blogger dan para influencer. Setelah lihat promosinya yang heboh, akhirnya aku memberanikan diri untuk mencobanya. Cocok tidak di muka aku, muka aku tuh susah banget cocok sama jenis face care. Maklum, muka ku itu jenisnya sensitif cenderung minyak dan berjerawat. Apalagi, menjelang PMS (Pra Menstrurasi) beuh jerawat tiba-tiba muncul gede apalagi komedo agak bandel ngebersihinnya . Ngeselin kan, gimana teman-teman ada yang senasib? Apa yang kalian ketahui tentang produk Scarlett? Terbesit di pemikiran kalian, produknya hanya mengeluarkan body wash, hand body, dan body scrub. Jangan salah, Scarlett sekarang mengeluarkan produk baru yaitu Scarlett face care. Produknya memiliki dua series face care, Acne Series dan Brightly Series. Tenang saja