Langsung ke konten utama

Menulis dengan Rasa


Hallo teman-teman, pasti sulit ya jika pembaca yang membaca tulisan kita terkadang tidak membuat mereka terkesan. Agak sulit memang membuat pembaca meninggalkan sesuatu terhadap tulisan kita, seperti emosi atau pengetahuan yang belum mereka dapatkan dari tulisan. Bersama Dini Fitria,  mantan Pembawa Acara Jazirah Islam dan Penulis, akan menjelaskan menulis dengan rasa.

Bersama Dini Fitria


Bagaimana menulis dengan rasa?

Sebelum kita membahas itu alangkah lebih baik kita membangun rasa ingin menulis dengan cara :

1.  Membangun kebiasaan menulis.
Semua orang bisa menulis tetapi untuk menulis dengan baik harus memerlukan proses seperti memberi kesan, mengatur cara penulisan, hingga gaya tulisan kita dapat dikenal orang lain sebagai identitas.
2.   Membangun identitas menulis
Menemukan apa yang akan kita tulis, focus kepada satu tulisan. Maksudnya, menulisapa yang kita yang kita seperti travelling, kesehatan, beauty, dll.
3.   Baca banyak buku
Dengan membaca kita bisa menabung kosa kata dan tanda baca untuk menulis.
4.  Berikan diri untuk terus dibangun lewat kritik dan koreksi.
Sebagai penulis, kita harus tahu apa kesalahan dalam penulisan kita lewat pembaca. Agar, penulisan yang kita tulis dapat berkembang dengan baik.
5.   Mempertimbangkan tulisan adalah pekerjaanmu. Isi adalah raja tetapi raja adalah kamu.
6.   Memberikan rasa pada tulisan
Menulis dengan hati membuat tulisan memiliki rasa, pembaca dapat menikmati rasa dalam tulisan.

Nah, ada beberapa cara menulis dengan rasa yaitu :  

 Tema → Premis → Alur → Wants and Needs → Value → Goal


1.   Tema adalah apa yang akan kita tulis seperti tema travelling dan membuahkan judul
2.   Premis adalah sesuatu yang di inginkan sangat kuat dan tantanganya sulit sehingga membuat pembaca penasaran.
3.   Alur adalah jalan cerita.
4.   Wants and Needs adalah apa yang ingin pembaca inginkan dan butuhkan untuk membaca tulisan kita.
5.  Value adalah nilai dari sebuah tulisan
6.   Goal adalah membuat si pembaca terkesan
Cara untuk membuat premis :
1.      Tuliskan ceritamu dalam satu kalimat Clear, Fresh, dan Intersting.
2.      Focus
3.      Masukkan karakter/atribut/goal
4.      5W1H : What, When, Why, Who, Where, How (tidak diwajibkan)
5.      Continuity
6.      Hubungan sebab akibat
7.      Conclusion
Ada beberapa plot klasik dalam penulisan seperti :
1.      Statis (kehidupan normal)
2.      Tringger (terjadi sesuatu yang tidak biasa)
3.      Quest (Pencarian)
4.      Surprise (Kejutan)
5.      Critical choice (Pilihan Kritis)
6.      Climax (Klimaks)
7.      Reversal (Pembalikaan)

Ada tiga elemen penting yang membuat tulisan kita tepat sasaran yaitu :
1.      Why, mengapa seseorang itu mau membaca tulisan kita.
2.      What, apa yang akan kita bahas
3.      How, solusi sebenarnya dari permasalahan yang kita permasalahan (biasanya di letakkan pada saat penutupan).

Note :

1.      Jangan melakukan editing secara bersamaan, pada saat kita menulis. lakukanlah editing pada saat kita selesai menulis.
2.      Wants → Needs → Impression. Membaca menginginkan apa yang di inginkan dan membutuhkan apa yang kita tulis sehingga menimbulkan kesan.
3.      Memasukkan kesan
4.      Membuat pembukaan untuk menyapa pembaca.
5.      Membuat pembaca percaya
6.      Memperbanyak diksi dan tepat dalam menaruh diksi.
7.      Menggunakan panca indera untuk menulis.
8.      Pertanyaan bisa membuat premis
9.      Caption dan poto harus sesuai.


Modem JavaMifi

Blogger jika sudah deadline pasti mencari koneksi internet, baik dengan menggunakan wifi maupun koneksi internet yang mereka punya (modem). Apalagi, pada saat  mereka sedang travelling entah travelling di luar negeri maupun dalam negeri.

JavaMifi mengeluarkan produk koneksi internet baik di luar negeri maupun dalam negeri, tanpa terganggu sinyal. Jadi jika mau ke gunung dan pantai ada gangguan sinyal, JavaMifi tidak akan menjawab solusi kita. Koneksi internet mereka tidak akan terganggu sama sekali, kita pasti aman dalam menggunakan internet.
Apalagi kalau kita keluar negeri, ujung-ujungnya kita harus mencari wifi. Mau daftar internet ke provider mahal, JavaMifi tidak mahal kok karena harganya terjangkau. Sewa wifi luar negeri dengan harga sewa wifi dengan perbandingan travel wifi yaitu :

1.    50.000 perhari untuk Singapore
2.   60.000 perhari untuk Jepang, Korea, Malaysia, Thailand, Vietnam, Hongkong, Taiwan.
3.  80.000 perhari untuk China VPN, Macau, Nepal, Myanmar, India, Philipina.
4.   100.000 perhari untuk Australia, New Zealand, USA, Canada
5. 110.000 perhari untuk Eropa
6.  120.000 perhari untuk Amerika tengah dan Selatan

Info untuk Negara lain bisa klik di sini

Caranya dengan menyalakan modem mifi di Negara tujuan masukkan password, langsung connect
Jika ingin mendaptkan diskon 10% bisa menggunakan password CLARAGUSTINIA10 untuk wifi rental.

Royal Tumpeng


Owh ya, sehabis travelling jangan lupa makan Royal Tumpeng. Tumpeng adalah nasi kuning dengan bentuk kerucut. Nasi Tumpeng adalah nasi yang sangat sacral, kenapa sangat sacral? Karena apabila masyarakat Indonesia sedang syukuran, atau merayakan sesuatu selalu ada nasi tumpeng. Royal Tumpeng adalah nasi tumpeng premenium yang akan membuat perayaan khusus anda berkesan. Roya; Tumpeng bisa di pesan dan di antarkan ke wilayah Jakarta, Bekasi, dan Tangerang. Bisa di pesan melalui web royaltumpeng.com atau WA/SMS 081287608239.

Jadi, sudah tahukan menulis dengan rasa itu seperti apa? 

Menulislah kamu dan tulisan kamu yang menentukan takdirnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tantangan Ibu Millenial dalam Mengasuh Anak

Yuhu, apa kabar semuanya? Semoga kalian baik-baik saja ya… Ada info terbaru untuk kalian khususnya ibu-ibu Millenial, untuk menciptakan generasi emas. Pada masa pandemic ini, ibu-ibu sangat dianjurkan untuk melindungi anaknya dengan cara memberikan protocol kesehatan. Anak-anak diajarkan untuk membersihkan tangan, tidak hanya membersihkan tangan pada saat sebelum dan sesudah makan saja tetapi setelah beraktivitas di luar. Tidak harus masa pandemic saja ya, dalam kehidupan sehari-haripun seperti itu. Agar anak kita terhindar dari virus dan penyakit, dan menciptakan hidup yang lebih sehat. Tanggal 11 Agustus 2020, aku ikut Webinar di aplikasi Zoom dengan tema “Mencetak Ibu Millenial Pembangun Generasi Emas 2045 di Era Pandemi Covid 19”. Dengan narasumber sbb : -         Hj Khofifah Indar Parawansa,   Ketua Umum PP NU -         Dr Hj Erna Yulia Soefihara,   Ketua   VII PP NU -         Media   Octariana, MCN Asisten Deputi Ketahanan Gizi KIA -         DR. dr. TB. Rachmat Sa

Belajar Science di Anime DR Stone

Hallo teman-teman! Sebelum aku membahas anime jadul (jaman dulu) lagi, aku membahas anime yang aku tonton akhir-akhir ini. Seperti judul yang di atas, aku akan membahas anime DR Stone. Filmnya, rekomen banget karena menurut aku film bergenre Fantasi dan komedi. Biasakan, aku selalu memprediksi anime dengan seri 24 episode akan menjadi anime yang membosankan. Karena, menjelaskan secara ilmiah dan proses juga nama jamur yang beracun dan tidak. Dan ternyata, semua terbantahkan karena ada unsur komedi di anime ini. Awalnya sih, aku ga lihat genrenya apa tahu-tahu ada di laptop aku dan entah kapan aku download ini anime. Karena aku selalu men-download anime berdasarkan rating di myanimelist. Daripada berlama-lama dan kalian akan bosan sama tulisan aku, lebih baik aku langsung menceritakan animenya seperti apa. Sinopsis : 3700 tahun setelah kilatan cahaya misterius mengubah umat manusia menjadi batu, seorang remaja jenius bernama Senku Ishigami bangkit dan menemukan diri

Slam Dunk : Anime Sport Sepanjang Masa

Slam Dunk adalah anime yang membuat aku menjadi lebih bersemangat lagi, sikap pantang menyerah, percaya diri, dan tidak takut kepada musuh membuat aku semakin termotivasi. Walaupun aku jarang sekali suka sama anime sport , entah mengapa jadi suka baik cerita yang didalamnya mengandung komedi dan sedikit romantis.  Anime yang dalam manganya mempunyai jilid 31, animenya 101 episode, dan 4 layar lebarnya yang di karang oleh Takehiko Inoue bercerita tentang Tim Bola Basket dari SMA Shouhoku yang diproduksi oleh TV Asahi dan Toei Animation. Slam Sunk muncul pada manga Shounen Weekly, Di Jepang, komiknya diterbitkan oleh Shueisha dari tahun 1990 hinga 1996, sementara di Indonesia diterbitkan oleh Elex Media Komptindo. Sebelum diterbitkan Elex, komik ini pernah pula diterbitkan oleh Rajawali Grafiti. Sinopsis : Berawal dari Hanamichi Sakuragi yang tidak suka dengan basket karena perempuan ke 50 yang menolaknya, dan mengatakan dia lebih menyukai pria yang suka dengan bas