Film Ambu : Ibu adalah Semesta





Hallo teman-teman apa kabar? Blog aku di sini ingin membahas tentang film, film yang bernuansa kebudayaan. Jarang-jarangkan ada film Indonesia yang mengangkat kebudayaan Indonesia, khususnya kebudayaan yang sangat jarang di masuki atau menolak perubahan di jaman modern yaitu suku baduy. Jika kalian tahu, suku baduy sangat memang teguh adat istiadat. Suku Baduy tidak mau tersentuh teknologi, walaupun ada sebagian dari suku ada yang menggunakan teknologi, tetapi mereka masih teguh akan adat istiadat.

Cerita tentang apa Film Ambu itu?

Film Ambu bercerita tentang seorang ibu bernama Ambu Misnah (diperankan oleh Widyawati) yang cinta namun juga kecewa terhadap putirnya Fatma (diperankan oleh Laudya Cynthia Bella). Suatu hari sang ibu ditinggal anak perempuannya pergi dari rumah mereka di Baduy demi mengejar cintanya pada seorang pemuda tampan yang ada di Jakarta, Nico (diperankan oleh Baim Wong).
Fatma dan Nico pun menikah dan dikaruniai anak bernama Nona (diperankan oleh Lutesha). Suatu ketika, Fatma membawa Nona pulang ke rumah ibunya di Baduy. Namun tak di sangka olah Fatma, akibat ia kembali ke rumah muncullah sebuah polemik keluarga.

Dalam adat suku Baduy “Jika ada orang yang sudah keluar dari Baduy, maka tidak bisa masuk lagi. Kalau masuk lagi, harus dihukum dan upacarain 40 hari. Jadi memang adat masih sangat kuat dan harus dihargai.”

Pendapat Film Ambu

Ambu merupakan film drama Indonesia terbaru 2019 yang mengangkat adat istiadat serta pemandangan suku Baduy yang berada di Kabupaten Lebak, Banten. Film ini karya sutradara Farid Dermawan yang juga merangkap sebagai produser. Skenario naskah film Ambu ditulis oleh Titien Wattimena.

Film ambu, di sini memperlihatkan pesona suku baduy dan nilai-nilai yang dianut. Banyak orang berpikir, film Ambu itu film yang berat atau drama melankolis. Ternyata sang penulis scenario Titien Wattimena dan sang Sutradara Farid Dermawan memberikan warna tersendiri film yang tidak gampang di tebak dan juga alur cerita yang tidak mudah di tebak. Di film ini, penonton di bawa emosinya apalagi dengan ost filmnya sebagai backsound di film ini. Judul OST film ini adalah Semesta Pertama oleh Widyawati, membuat penonton makin hanyut oleh suasana.

Nah, gimana teman-teman? Makin penasaran yakan sama Film Ambu? Saksikan Filmnya tanggal 16 May di bioskop-bioskop kesayangan kalian. 

“Ibu adalah Semesta, tempat kita di lahirkan dan di besarkan”.

Komentar