SMK Informatika Utama dan PeTIK



Hallo teman-teman, kali ini aku ingin membahas tentang Sekolah dan Pesantren. Ada hal yang membedakan dari Sekolah dan Pesantren ini, Sekolah dan Pesantren ini sepenuhnya gratis, biayai ini sepenuhnya berasal dari LAZ PT PLN P3B yang kemudian juga didukung seluruh karyawan PT PLN di Indonesia. Setiap bulannya pemasukan semua karyawam langsung dipotong 2.5% untuk zat maal disalurka untuk membiayai siswa kurang mampu di SMP dan SMK Informatika Utama.

Salah satu sekolah di daerah Cinere Depok, aku tidak mengira sekolah ini berada di dekat dari rumah aku terdapat SMK gratis. Padahal, sudah 13 tahun berdiri di sekolah ini. Nama Sekolahnya adalah SMK Informatika Utama. Dan tidak jauh dari Masjid Kubah Emas, kita bisa menjumpai Pesantren. Ada yang spesial dari Pesantren ini, Pesantren dengan menimba ilmu komputer yaitu Programing dan Sistem Informatika.

SMK Informatika Utama

Fasilitas di SMK Informatika Utama

SMK Informatika Utama terletak di daerah Gandul Cinere Depok, asal mula pembuatan SMK ini karena siswa setelah lulus SMP tidak tahu ingin melanjutkan ke mana karena terbentur dengan masalah dana. SMK ini, rata-rata beragama Islam dan jurusan yang di pelajari masih seputar komputer.

Untuk mendaftar ke sekolah memang agak susah, karena setiap siswa akan di survey ke rumah calon siswa. Dan pastinya akan ada tes potensi akademik dan wawancara, tetapi itu bukan syarat utama untuk menjadi siswa di SMK ini.

Setelah diterima siswa dan sekolah akan terikat MOU untuk menjamin kebutuhan siswa terpenuhi serta proses belajar tidak berhenti di tengah jalan. Hasilnya sampai dengan tahun sudah ada 11 angkatan yang melanjutka hingga jenjang  S2 bahkan bekerja di perusahaan ternama.

Bank Sampah

Selain itu, SMK Informatika Utama mempunyai inovasi terbaru. Inovasinya adalah membuat akun Dompet Sampah, berawal dari bagaimana cara masyarakat agar sadar akan sampah. Caranya, bisa melalui aplikasi dan sampah tersebut bisa di tukar dengan sembako atau uang. Lebih mengejutkan lagi, ternyata pengolahan sampah di kelola sama siswa SMK Informatika Utama. Sayang ya, dompet sampah ini hanya ada di kawasan Cinere seandainya saja sudah mencakup Jabodetabek :(


PeTIK (Pesantren Teknologi Informatika Komunikasi)


Fasilitas di PeTIK

Jika pesantren-pesantren lainnya hanya mempelajari ilmu agama saja, tetapi di PeTIK ini beda. membedakan dengan pesantren yang lainnya adalah 70% ilmu Komputer dan 30% ilmu agama. Siswa yang ada di sana sebanyak 50 siswa dari sabang sampai merauke, masa pembelajalaran di sana hanya 1 tahun. Jurusan yang tersedia adalah Ilmu Pemograman dan Sistem Komputer, semua biaya gratis. Bahkan, di kasih uang sebesar 350.000 untuk uang makan dan 300.000 untuk uang saku mereka. Apalagi, mau lebaran seperti ini mereka di kasih ongkos sama Pesantren untuk pulag kampung.

Nah, teman-teman sudah jelaskan jalan-jalan kita ke SMK Informatika dan PeTIK itu seperti apa. semoga mereka terus berprestasi di bidang mereka masing amiin....


Komentar