Nenek dan Kakek Mendukung Asi Bersama SELASI





Hallo teman-teman, apa kabar nih? Kali ini aku mengupdate tulisan terbaru aku, tulisan aku tentang ASI. Walaupun belum menikah, yah seenggaknya bisa berkampanye tentang ASI dan mendukung program ASI.
Air Susu Ibu atau ASI adalah  susu diproduksi oleh manusia untuk konsumsi bayi dan merupakan sumber gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat. Air Susu Ibu, diproduksi karena pengaruh hormon proklatin dan oksilatin setelah kelahiran bayi. 

Banyak sekali mitos yang membuat para ibu enggan untuk menyusui, salah satunya membuat payudara lebih kendor. Banyak ibu-ibu menggantikan ASI ke susu formula, padahal mitos yang beredar itu salah. Peran ayah, harus mendukung si Ibu untuk menyusui anak apalagi di tambah oleh dukungan nenek dan kakeknya.

Nenek dan Kakek ingin melihat cucunya mendapatkan gizi yang cukup, tetapi nenek dan kakek mengganti ASI ke susu formula karena takut cucunya tidak dapat mendapat gizi yang cukup. Bahkan, usia bayi 0-6 bulan yang seharusnya mendapatkan ASI eksklusif oleh Nenek dan Kakek di tambah makanan seperti pisang ke bayi. Melihat fenomena ini SELASI (Sentra Laktasi Indonesia) mengajak GERLI, untuk mendukung para orangtua/mertua untuk mendukung ibu menyusui dan juga HUT SELASI ke 16. 

Pada tanggal 29 Agustus 2019 di Audiotarium Serba Guna Gedung Balai Kota, SELASI membuat talkshow “Dukungan Nenek Kakek pada Ibu Ayah, sebagai kunci Keberhasilan Menyusui.” Di hadiri oleh Bapak Parni (Kakek, Jurnalis senior, Founder GERLI), Ibu Dr Motik Pramono, MSc (Public Figure), Ibu Soemarini Soerjosoemarno (Artis, Oma), Ibu Dra Dewi Odjar Ratan Ratna Komala, MM (Profesional Birokrat, Oma), dan moderator oleh dr. Lula Kamal, M.Sc. Dilanjutkan dengan paparan dr. Utami Rosali, Sp.A, MBA, IBLC, FABM (Founder SELASI) tentang Empower Parents enable breastfeeding.

SELASI adalah organisasi nonprofit yang mendedikasikan focus pengabdiannya untuk mendukung pemberian Standar Emas Makanan Bayi melalui berbagai kegiatan utama yaitu pendidian dan pelaihan, penelitian & pengembangan, Advokasi & Promosi, serta Kemitraan. Standar Emas Makanan Bayi terdiri dari inisiasi menyusui Dini, Asi Eksklusif sampai bayi berumur 6 bulan, pemberian pendamping ASI, dan ASI tetap dilanjutkan pemberiannya sampai bayi berumur 2 tahun atau lebih.

Beberapa hal telah dicapai SELASI yang terbentuknya sejak 8 Agustus 2003 yang diperkasai oleh dr. Utami Roesli dan beberap pendiri lainnya dari berbagai perofesi. Bebrbagai bentuk telah diterima SELASI untuk berbagai hal terkait menyusui. Antara Runner up pada MG’s Award sampai teranyar penghargaan kesehatan atas keterlibatan SELASI pada penanggulangan bencana di Indonesia beberapa tahun terakhir.   

Betapa pentingnya dukungan dari lingkungan kepada si Ibu yang menyusui, agar bisa menyusui bayinya. Yuk, kita dukung kampanye ini ;)

Komentar