Langsung ke konten utama

Nenek dan Kakek Mendukung Asi Bersama SELASI





Hallo teman-teman, apa kabar nih? Kali ini aku mengupdate tulisan terbaru aku, tulisan aku tentang ASI. Walaupun belum menikah, yah seenggaknya bisa berkampanye tentang ASI dan mendukung program ASI.
Air Susu Ibu atau ASI adalah  susu diproduksi oleh manusia untuk konsumsi bayi dan merupakan sumber gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat. Air Susu Ibu, diproduksi karena pengaruh hormon proklatin dan oksilatin setelah kelahiran bayi. 

Banyak sekali mitos yang membuat para ibu enggan untuk menyusui, salah satunya membuat payudara lebih kendor. Banyak ibu-ibu menggantikan ASI ke susu formula, padahal mitos yang beredar itu salah. Peran ayah, harus mendukung si Ibu untuk menyusui anak apalagi di tambah oleh dukungan nenek dan kakeknya.

Nenek dan Kakek ingin melihat cucunya mendapatkan gizi yang cukup, tetapi nenek dan kakek mengganti ASI ke susu formula karena takut cucunya tidak dapat mendapat gizi yang cukup. Bahkan, usia bayi 0-6 bulan yang seharusnya mendapatkan ASI eksklusif oleh Nenek dan Kakek di tambah makanan seperti pisang ke bayi. Melihat fenomena ini SELASI (Sentra Laktasi Indonesia) mengajak GERLI, untuk mendukung para orangtua/mertua untuk mendukung ibu menyusui dan juga HUT SELASI ke 16. 

Pada tanggal 29 Agustus 2019 di Audiotarium Serba Guna Gedung Balai Kota, SELASI membuat talkshow “Dukungan Nenek Kakek pada Ibu Ayah, sebagai kunci Keberhasilan Menyusui.” Di hadiri oleh Bapak Parni (Kakek, Jurnalis senior, Founder GERLI), Ibu Dr Motik Pramono, MSc (Public Figure), Ibu Soemarini Soerjosoemarno (Artis, Oma), Ibu Dra Dewi Odjar Ratan Ratna Komala, MM (Profesional Birokrat, Oma), dan moderator oleh dr. Lula Kamal, M.Sc. Dilanjutkan dengan paparan dr. Utami Rosali, Sp.A, MBA, IBLC, FABM (Founder SELASI) tentang Empower Parents enable breastfeeding.

SELASI adalah organisasi nonprofit yang mendedikasikan focus pengabdiannya untuk mendukung pemberian Standar Emas Makanan Bayi melalui berbagai kegiatan utama yaitu pendidian dan pelaihan, penelitian & pengembangan, Advokasi & Promosi, serta Kemitraan. Standar Emas Makanan Bayi terdiri dari inisiasi menyusui Dini, Asi Eksklusif sampai bayi berumur 6 bulan, pemberian pendamping ASI, dan ASI tetap dilanjutkan pemberiannya sampai bayi berumur 2 tahun atau lebih.

Beberapa hal telah dicapai SELASI yang terbentuknya sejak 8 Agustus 2003 yang diperkasai oleh dr. Utami Roesli dan beberap pendiri lainnya dari berbagai perofesi. Bebrbagai bentuk telah diterima SELASI untuk berbagai hal terkait menyusui. Antara Runner up pada MG’s Award sampai teranyar penghargaan kesehatan atas keterlibatan SELASI pada penanggulangan bencana di Indonesia beberapa tahun terakhir.   

Betapa pentingnya dukungan dari lingkungan kepada si Ibu yang menyusui, agar bisa menyusui bayinya. Yuk, kita dukung kampanye ini ;)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tantangan Ibu Millenial dalam Mengasuh Anak

Yuhu, apa kabar semuanya? Semoga kalian baik-baik saja ya… Ada info terbaru untuk kalian khususnya ibu-ibu Millenial, untuk menciptakan generasi emas. Pada masa pandemic ini, ibu-ibu sangat dianjurkan untuk melindungi anaknya dengan cara memberikan protocol kesehatan. Anak-anak diajarkan untuk membersihkan tangan, tidak hanya membersihkan tangan pada saat sebelum dan sesudah makan saja tetapi setelah beraktivitas di luar. Tidak harus masa pandemic saja ya, dalam kehidupan sehari-haripun seperti itu. Agar anak kita terhindar dari virus dan penyakit, dan menciptakan hidup yang lebih sehat. Tanggal 11 Agustus 2020, aku ikut Webinar di aplikasi Zoom dengan tema “Mencetak Ibu Millenial Pembangun Generasi Emas 2045 di Era Pandemi Covid 19”. Dengan narasumber sbb : -         Hj Khofifah Indar Parawansa,   Ketua Umum PP NU -         Dr Hj Erna Yulia Soefihara,   Ketua   VII PP NU -         Media   Octariana, MCN Asisten Deputi Ketahanan Gizi KIA -         DR. dr. TB. Rachmat Sa

Belajar Science di Anime DR Stone

Hallo teman-teman! Sebelum aku membahas anime jadul (jaman dulu) lagi, aku membahas anime yang aku tonton akhir-akhir ini. Seperti judul yang di atas, aku akan membahas anime DR Stone. Filmnya, rekomen banget karena menurut aku film bergenre Fantasi dan komedi. Biasakan, aku selalu memprediksi anime dengan seri 24 episode akan menjadi anime yang membosankan. Karena, menjelaskan secara ilmiah dan proses juga nama jamur yang beracun dan tidak. Dan ternyata, semua terbantahkan karena ada unsur komedi di anime ini. Awalnya sih, aku ga lihat genrenya apa tahu-tahu ada di laptop aku dan entah kapan aku download ini anime. Karena aku selalu men-download anime berdasarkan rating di myanimelist. Daripada berlama-lama dan kalian akan bosan sama tulisan aku, lebih baik aku langsung menceritakan animenya seperti apa. Sinopsis : 3700 tahun setelah kilatan cahaya misterius mengubah umat manusia menjadi batu, seorang remaja jenius bernama Senku Ishigami bangkit dan menemukan diri

Slam Dunk : Anime Sport Sepanjang Masa

Slam Dunk adalah anime yang membuat aku menjadi lebih bersemangat lagi, sikap pantang menyerah, percaya diri, dan tidak takut kepada musuh membuat aku semakin termotivasi. Walaupun aku jarang sekali suka sama anime sport , entah mengapa jadi suka baik cerita yang didalamnya mengandung komedi dan sedikit romantis.  Anime yang dalam manganya mempunyai jilid 31, animenya 101 episode, dan 4 layar lebarnya yang di karang oleh Takehiko Inoue bercerita tentang Tim Bola Basket dari SMA Shouhoku yang diproduksi oleh TV Asahi dan Toei Animation. Slam Sunk muncul pada manga Shounen Weekly, Di Jepang, komiknya diterbitkan oleh Shueisha dari tahun 1990 hinga 1996, sementara di Indonesia diterbitkan oleh Elex Media Komptindo. Sebelum diterbitkan Elex, komik ini pernah pula diterbitkan oleh Rajawali Grafiti. Sinopsis : Berawal dari Hanamichi Sakuragi yang tidak suka dengan basket karena perempuan ke 50 yang menolaknya, dan mengatakan dia lebih menyukai pria yang suka dengan bas