Langsung ke konten utama

Peluncuran Aplikasi Germas Pas


Moderatot dr. Imran Agus Nurali, Bapak Aji, dan Tutut Indrawahyuni

Hallo teman-teman! Akhirnya, nulis lagi tentang kesehatan. Ada apa ya yang baru tentang dunia kesehatan? Yuk, baca artikel ini sampai selesai ya…

Pada tanggal 17 September 2019, di Hotel Holiday Inn Gajah Mada Jakarta Barat. Kemenkes mengeluarkan aplikasi terbarunya, GERMAS PAS yang merupakan system aplikasi masyarakat berbasis mobile yang bertujuan sebagai panduan dan informasi kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan untuk memilih makanan yang terjamin kesehatannya melalui basis data yang update dan akurat yang dapat diakses dalam gengaman tangan.

Acara Launching ini di hadiri oleh :
1.      dr. Kirana Pritasari, MQIH SELAKU Dirjen Kesehatan Masyarakat
2.      dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO selaku Direktur Kesehatan Lingkungan
3.      Tutut Indrawahyuni, SKM, MKES SELAKU Kasudit Kesehatan Pangan Direktorat Kesling, Kementrian Kesehatan
4.      Bapak Aji selaku Dinas Kesehatan Prov DKI Jakarta

Aplikasi Germas Pas di awali dari banyaknya kasus keracunan makanan, baik di sekolah maupun di acara keagamaan. Dan juga, Kemenkes tidak bisa menjelaskan restaurant mana yang layak untuk di konsumsi pada saat peserta Asian Games 2018 bertanya tentang rumah makan rekomendasi Kemenkes. Pada kasus tersebut, Kemenkes akan memberikan sertifikasi kepada para restaurant, jasa boga (catering), depot minuman isi ulang, sentra makanan, dan makanan jajanan (hanya mendapatkan sticker).

Persyaratan Higiene dan Sanitasi pada makanan :
1.      Makanan Jajanan adalah makanan dan minuman yang diolah pengrajin makan di tempat penjualan dan atau disajikan sebagai makanan siap santap untuk dijual umum selain yang disajikan jasa boga, rumah makan/restoran, dan hotel.
2.      Sentra Makanan Jajan adalah lokasi tertentu yang digunakan sekelompok pedagang makanan jajanan.

Sertifikat Laik Higiene Sanitasi dinyatakan tidak berlaku karena :
1.      Terjadi penggantian pemilik
2.      Pindah lokasi/alamat
3.      Tidak melakukan kegiatan selama 1 (satu) tahun berturut-turut
4.      Dinyatakan dicabut karena tidak laik hygiene dan sanitasi atau menyebabkan Kejadian Luar Biasa keracunan makanan.

Pengawas Tempat Pengolah Pangan (TPP) terdiri dari dua yaitu internal dan eksternal. Internal di awasi oleh pengelolah/penjamah, sedangkan dari eksternal yaitu : Puskesmas dan Dinkes Kabupaten/kota.



Btw, ngomongin tentang Higiene dan Sanitasi sudah tahu belum artinya apa. Baiklah, akan aku jelaskan Higine dan Sanitasi itu. Higiene dan Sanitasi adalah upaya untuk mengendalikan factor resiko terjadinya kontaminasi terhadap makanan baik yang berasal dari makanan, orang, tempat, dan peralatan agar aman dikonsumsi.

 Tadi di atas sudah di terangkan apa Germas Pas itu, mau tahu tentang aplikasinya seperti apa?
Tempat Pengolahan Pangan yang masuk dalam Germas Pas :
1.      Sudah memenuhi syarat likungan, orang, tempat (hygiene dan kebersihannya), perlatan.
2.      Foodhandler-nya sudah di latih dan dibuktikan dengan sertifikat.
3.      Pemeriksaan laboratorium (kimia dan biologi)

Aplikasi Germas Pas


Aplikasi bisa di unduh di Play Store, di aplikasi ini kita bisa melacak restoran/catering/depot minuman sampai 50 km. dan keren lagi, kita bisa mereview restoran/catering/depot minuman lho. Kita bisa mendaftarkan akun kita melalui Facebook dan Twtter lho, di tambah ada peta yang menunjukkan tempat makan yang akan kita tuju.

Sudah jelaskan kan, pemaparan tentang aplikasi Germas Pas seperti apa. Ga kalah kan, sama platform lainnya. Ini lebih seru lagi, sudah di uji kesehatannya dan di rekomendasi langsung sama Kemenkes.


BloggerCrony sQUAD


Komentar

Eni Rahayu mengatakan…
wah baru tahu nih ada aplikasi Germas Pas. Lumayan ya bisa tahu restoran terdekat, makasih infonya mbak clara

Postingan populer dari blog ini

Review N’PURE Marigold Series

Hallo, teman-teman apa kabarnya? Aku mau mereview tentang produk N’PURE lagi nih, setelah membahas tentang Sunscreen N’PURE Cica Beat The Sun. Selain sunscreen, N’PURE ada skincare terbaru lho yang terbuat dari Extract kelopak bunga Marigold. Perlu kalian ketahui bunga Marigold bunga yang tumbuh di Indonesia, dan paling banyak tumbuh di daerah Bali. Bungan Marigold mempunyai arti “tiap sepanjang bulan” karena tumbuh di setiap awal bulan, dan juga memiliki julukan sebagai “herb of the sun” karena melambangkan pasion dan kreatifitas. Marigold juga memiliki manfaat yang hampir sama dengan bunga Celendula, itu sebabnya N’PURE memberikan korelasi Marigold sebagai Cendulanya Indonesia. Owh iya, di dalam skincare Marigold series terdapat beberapa kandung yang harus kamu ketahui yaitu : 1.  Extract kelopak bunga Marigold mengandung Karotenoid yaitu pigmen organik berasal dari bunga, pigmen ini berperan sebagai antioksidan. Selain itu, juga mengandung Trans-lutein yang mempunyai fungsi sebagai

Review Skincare Dewpre Terinspirasi dari Kosmetik Korea Selatan

Yuhu, apa kabar semuanya? Semoga dalam keadaan baik-baik saja ya, di masa sekarang ini yuk jaga kesehatan. Tidak hanya kesehatan tubuh saja, kita juga menjaga kesehatan wajah agar tampak glowing. Aku ingin memperkenalkan produk skincare lokal, tapi seperti produk dari Korea Selatan karena menggabungkan teknologi dan formula dari Indonesia dan Korea Selatan. Produk Skincare yang aku kenalkan adalah DEWPRÉ, karena di buat untuk membuat perempuan Indonesia yang modern dan percaya diri. Pasti ada yang bertanya, DEWPRÉ artinya apa sih? Ok, akan aku jelaskan. DEWPRÉ terdiri dari dua kata yaitu DEW dari bahasa inggris berarti embun, PRÉ berasal dari bahasa Perancis yang berarti rumput. Jadi, produk DEWPRE merupakan mempresentasikan kemurnian yang terjadi di alam dengan proses alami. DEWPRE sudah di sesuaikan sama iklim Indonesia yaitu iklim tropis, sehingga aman dan juga sama kulit wajah permpuan Indonesia yang beraneka ragam. DEWPRÉ berharap, agar perempuan Indonesia cantik dan seh

Anime Tentang Shogi: 3 Gatsu no Lion

Yuhu, sudah lama nih tidak menulis review anime versi aku. Sudah siap belum sama review anime kali ini? Kalo sudah siap, aku akan review anime yang bernuansa permainan tradisional Jepang dulu ya.... Anime yang aku bahas adalah 3 Gatsu no Lion  (3nya di baca san ya)  yang artinya Maret datang seperti singa, tayang pada musim gugur 2016 dari tanggal 8 Oktober sampai 18 Maret 2017 berdurasi 25 menit dan mempunyai episode 22. Bergenre Drama, Game, Seinen, Slice of Life, dan aku cenderung ke comedy juga. Anime Shinbou Akiyuki sebagai Director; Asano Naoyuki sebagai Director, Storyboard, Animation Director; Okada Kenjirou sebagai Director, Episode Director, Storyboard; Kameyama Toshiki sebagai Sound Director. Di Produseri oleh Aniplex, Dentsu, NHK, Hakusensha, Asmik Ace, Toy's Factory dengan lisensi Aniplex of America dan di buat di studio Shaft.  Original Soundtrack (Ost) di isi Bump of Chicken dengan judul Answer (Opening episode 1-11), Yuki dengan judul Sayonara Bystander   ( opening

Review Face Care Scarlett Acne Cream

Hallo, teman-teman berjumpa lagi bersama aku kali ini ada pembahasan baru ya. Kalian sudah tahu belum aku mau membahas apa? Membahas tentang face care, face care yang sekarang sedang viral. Apa coba? Yup, SCARLETT yang sudah di promosiin sama banyak blogger dan para influencer. Setelah lihat promosinya yang heboh, akhirnya aku memberanikan diri untuk mencobanya. Cocok tidak di muka aku, muka aku tuh susah banget cocok sama jenis face care. Maklum, muka ku itu jenisnya sensitif cenderung minyak dan berjerawat. Apalagi, menjelang PMS (Pra Menstrurasi) beuh jerawat tiba-tiba muncul gede apalagi komedo agak bandel ngebersihinnya . Ngeselin kan, gimana teman-teman ada yang senasib? Apa yang kalian ketahui tentang produk Scarlett? Terbesit di pemikiran kalian, produknya hanya mengeluarkan body wash, hand body, dan body scrub. Jangan salah, Scarlett sekarang mengeluarkan produk baru yaitu Scarlett face care. Produknya memiliki dua series face care, Acne Series dan Brightly Series. Tenang saja