Langsung ke konten utama

Hari Kesehatan Jiwa dengan Mencegah Bunuh Diri





Tanggal 09 Oktober adalah hari Kesehatan Jiwa, pada hari ini Kemenkes mengajak para blogger untuk memperingati hari Kesehatan Jiwa dengan tema “Mencegah Bunuh Diri”. Dan lebih mengerikan lagi, hampir 800.000 kasus bunuh diri dan 1 kematian bunuh  terdiri dari 20 kematian tidak terdata.

Semakin tinngi kasus bunuh diri baik di Indonesia maupun di dunia, bahkan akhir-akhir ini ada berita tentang artis Korea Selatan yang mati bunuh diri. Bunuh diri bisa di cegah, apabila kita bisa mendengar dan memberi dukungan kepada orang yang ingin bunuh diri agar tidak mau membunuh dirinya sendiri.

Ada beberapa kasus juga, seorang bapak yang menyiarkan secara langsung aksi bunuh dirinya. Di khawatirkan, orang yang melihatnya terinspirasi untuk melakukan bunuh diri. Pada kesempatan ini Kemenkes bersama narasumber dr Fidiansyah M.A Sp.KJ, MPH, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza, Kementrian Kesehatan RI, Novy Yulianty, M.PSI, Psikolog dan pendiri Mother Hope, dr. Indria Laksmi Gamayanti, M.Si,. Ikatan Psikologi Klinis.
Agak mengkhawatirkan, karena penyebab kematian nomor 2 adalah bunuh diri dari usia 15 – 29 tahun. Dan resiko bunuh diri adalah gangguan jiwa berat seperti depresi, ini mah kalau ada tanda-tanda depresi harus cepat di tangani oleh psikolog/psikiater. Bahkan, psikolog sendiri seperti Ibu Novy sebagai narasumber masih bisa terkena depresi pasca melahirkan. Ibu Novy sendiri, 
beranggapan bahwa melahirkan itu harus normal. Karena Ibu Novy melahirkan secara sesar, maka dia terima dan terus bertanya kenapa harus sesar.

Dan Ibu Novy juga hampir bunuh diri, bahkan ingin membunuh bayinya sendiri. Jadi, bunuh diri bisa dilakukan oleh siapa saja baik seorang psikolog/psikiater sekalipun. Jangan meremehkan ya teman-teman, jauh-jauh deh pikiran seperti itu karena hidup kalian berharga kok.

Kalian pernah dengar atau tidak, banyak lho sekarang tutorial cara untuk membunuh dirinya sendiri. Ada beberapa website juga, menjual alat bunuh diri seperti pil, pistol, tambang, dll dengan bebas. Ide untuk bunuh diri banyak sekali seperti kesepian, merasa tidak dibutuhkan, lelah, putus asa, tidak ada yang mendukung, merasa di jauhi oleh teman-teman.

Ternyata bunuh diri bisa menular lho dengan melihat artis terkenal mati dengan bunuh diri, ada kasusu bunuh diri di lingkungan sekitar, banyaknya berita tentang bunuh diri, adanya website bunuh diri. Kita akan membahas tentang tanda-tanda seseorang ingin bunuh diri seperti :
1.      Bicara tenyang bunuh diri
2.      Adanya alat-alat bunuh diri
3.      Sulit makan dan tidur
4.      Menunjukkan perubahan perilaku yang drastic
5.      Menarik diri
6.      Kehilangan minat/hobi
7.      Membuat surat wasiat
8.      Dll

bunuh diri bisa di cegah dengan cara adanya dukungan social, informasi untuk memecahkan masalah, bantuan dari orang terpercaya. Dan di bantu dengan cara berempati, mengajak bicara, membantu untuk menyelesaikan masalah, mengajak untuk cari bantuan professional seperti psikiater dan psikolog.
Sudah jelaskan, bunuh diri adalah bukan cara untuk menyelesaikan masalah tetapi menambah masalah baik di dunia maupun di akhirat…













Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tantangan Ibu Millenial dalam Mengasuh Anak

Yuhu, apa kabar semuanya? Semoga kalian baik-baik saja ya… Ada info terbaru untuk kalian khususnya ibu-ibu Millenial, untuk menciptakan generasi emas. Pada masa pandemic ini, ibu-ibu sangat dianjurkan untuk melindungi anaknya dengan cara memberikan protocol kesehatan. Anak-anak diajarkan untuk membersihkan tangan, tidak hanya membersihkan tangan pada saat sebelum dan sesudah makan saja tetapi setelah beraktivitas di luar. Tidak harus masa pandemic saja ya, dalam kehidupan sehari-haripun seperti itu. Agar anak kita terhindar dari virus dan penyakit, dan menciptakan hidup yang lebih sehat. Tanggal 11 Agustus 2020, aku ikut Webinar di aplikasi Zoom dengan tema “Mencetak Ibu Millenial Pembangun Generasi Emas 2045 di Era Pandemi Covid 19”. Dengan narasumber sbb : -         Hj Khofifah Indar Parawansa,   Ketua Umum PP NU -         Dr Hj Erna Yulia Soefihara,   Ketua   VII PP NU -         Media   Octariana, MCN Asisten Deputi Ketahanan Gizi KIA -         DR. dr. TB. Rachmat Sa

Belajar Science di Anime DR Stone

Hallo teman-teman! Sebelum aku membahas anime jadul (jaman dulu) lagi, aku membahas anime yang aku tonton akhir-akhir ini. Seperti judul yang di atas, aku akan membahas anime DR Stone. Filmnya, rekomen banget karena menurut aku film bergenre Fantasi dan komedi. Biasakan, aku selalu memprediksi anime dengan seri 24 episode akan menjadi anime yang membosankan. Karena, menjelaskan secara ilmiah dan proses juga nama jamur yang beracun dan tidak. Dan ternyata, semua terbantahkan karena ada unsur komedi di anime ini. Awalnya sih, aku ga lihat genrenya apa tahu-tahu ada di laptop aku dan entah kapan aku download ini anime. Karena aku selalu men-download anime berdasarkan rating di myanimelist. Daripada berlama-lama dan kalian akan bosan sama tulisan aku, lebih baik aku langsung menceritakan animenya seperti apa. Sinopsis : 3700 tahun setelah kilatan cahaya misterius mengubah umat manusia menjadi batu, seorang remaja jenius bernama Senku Ishigami bangkit dan menemukan diri

Slam Dunk : Anime Sport Sepanjang Masa

Slam Dunk adalah anime yang membuat aku menjadi lebih bersemangat lagi, sikap pantang menyerah, percaya diri, dan tidak takut kepada musuh membuat aku semakin termotivasi. Walaupun aku jarang sekali suka sama anime sport , entah mengapa jadi suka baik cerita yang didalamnya mengandung komedi dan sedikit romantis.  Anime yang dalam manganya mempunyai jilid 31, animenya 101 episode, dan 4 layar lebarnya yang di karang oleh Takehiko Inoue bercerita tentang Tim Bola Basket dari SMA Shouhoku yang diproduksi oleh TV Asahi dan Toei Animation. Slam Sunk muncul pada manga Shounen Weekly, Di Jepang, komiknya diterbitkan oleh Shueisha dari tahun 1990 hinga 1996, sementara di Indonesia diterbitkan oleh Elex Media Komptindo. Sebelum diterbitkan Elex, komik ini pernah pula diterbitkan oleh Rajawali Grafiti. Sinopsis : Berawal dari Hanamichi Sakuragi yang tidak suka dengan basket karena perempuan ke 50 yang menolaknya, dan mengatakan dia lebih menyukai pria yang suka dengan bas