Hari Kesehatan Jiwa dengan Mencegah Bunuh Diri





Tanggal 09 Oktober adalah hari Kesehatan Jiwa, pada hari ini Kemenkes mengajak para blogger untuk memperingati hari Kesehatan Jiwa dengan tema “Mencegah Bunuh Diri”. Dan lebih mengerikan lagi, hampir 800.000 kasus bunuh diri dan 1 kematian bunuh  terdiri dari 20 kematian tidak terdata.

Semakin tinngi kasus bunuh diri baik di Indonesia maupun di dunia, bahkan akhir-akhir ini ada berita tentang artis Korea Selatan yang mati bunuh diri. Bunuh diri bisa di cegah, apabila kita bisa mendengar dan memberi dukungan kepada orang yang ingin bunuh diri agar tidak mau membunuh dirinya sendiri.

Ada beberapa kasus juga, seorang bapak yang menyiarkan secara langsung aksi bunuh dirinya. Di khawatirkan, orang yang melihatnya terinspirasi untuk melakukan bunuh diri. Pada kesempatan ini Kemenkes bersama narasumber dr Fidiansyah M.A Sp.KJ, MPH, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza, Kementrian Kesehatan RI, Novy Yulianty, M.PSI, Psikolog dan pendiri Mother Hope, dr. Indria Laksmi Gamayanti, M.Si,. Ikatan Psikologi Klinis.
Agak mengkhawatirkan, karena penyebab kematian nomor 2 adalah bunuh diri dari usia 15 – 29 tahun. Dan resiko bunuh diri adalah gangguan jiwa berat seperti depresi, ini mah kalau ada tanda-tanda depresi harus cepat di tangani oleh psikolog/psikiater. Bahkan, psikolog sendiri seperti Ibu Novy sebagai narasumber masih bisa terkena depresi pasca melahirkan. Ibu Novy sendiri, 
beranggapan bahwa melahirkan itu harus normal. Karena Ibu Novy melahirkan secara sesar, maka dia terima dan terus bertanya kenapa harus sesar.

Dan Ibu Novy juga hampir bunuh diri, bahkan ingin membunuh bayinya sendiri. Jadi, bunuh diri bisa dilakukan oleh siapa saja baik seorang psikolog/psikiater sekalipun. Jangan meremehkan ya teman-teman, jauh-jauh deh pikiran seperti itu karena hidup kalian berharga kok.

Kalian pernah dengar atau tidak, banyak lho sekarang tutorial cara untuk membunuh dirinya sendiri. Ada beberapa website juga, menjual alat bunuh diri seperti pil, pistol, tambang, dll dengan bebas. Ide untuk bunuh diri banyak sekali seperti kesepian, merasa tidak dibutuhkan, lelah, putus asa, tidak ada yang mendukung, merasa di jauhi oleh teman-teman.

Ternyata bunuh diri bisa menular lho dengan melihat artis terkenal mati dengan bunuh diri, ada kasusu bunuh diri di lingkungan sekitar, banyaknya berita tentang bunuh diri, adanya website bunuh diri. Kita akan membahas tentang tanda-tanda seseorang ingin bunuh diri seperti :
1.      Bicara tenyang bunuh diri
2.      Adanya alat-alat bunuh diri
3.      Sulit makan dan tidur
4.      Menunjukkan perubahan perilaku yang drastic
5.      Menarik diri
6.      Kehilangan minat/hobi
7.      Membuat surat wasiat
8.      Dll

bunuh diri bisa di cegah dengan cara adanya dukungan social, informasi untuk memecahkan masalah, bantuan dari orang terpercaya. Dan di bantu dengan cara berempati, mengajak bicara, membantu untuk menyelesaikan masalah, mengajak untuk cari bantuan professional seperti psikiater dan psikolog.
Sudah jelaskan, bunuh diri adalah bukan cara untuk menyelesaikan masalah tetapi menambah masalah baik di dunia maupun di akhirat…













Komentar