Langsung ke konten utama

Waspada Diabetes Bisa Menyerang Anak-Anak


sumber : https://i0.wp.com/biosprayid.com/wp-content/uploads/2014/10/Diabetes-pada-anak.jpg?resize=300%2C229


Hallo teman-teman, sudah kangen ya tulisanku? Sekarang, aku menulis tentang kesehatan ya… Bertepatan pada tanggal 14 November, memperingati hari Diabetes seDunia. Pasti teman-teman berpikir bahwa diabetes adalah penyakit yang sudah lanjut usia, ya usia lebih dari 40 tahun. Di jaman now ini, ternyata anak-anak bisa mengidap penyakit diabetes duh ironis ya.

Kesempatan kali ini, dengan narasumber :

1.      dr. Michael  Triangto , Sp. KO - Kiat dan Teknik Peningkatan Aktivitas Fisik di Tingkat Individu dan Keluarga
2.      Prof. dr. Jose RL Batubara, PhD, SpA (K) dari Divisi Endokrinologi Anak, FKUI – RSCM
3.      dr.Cut Putri Arianie selaku Direktur P2PTM Kemenkes RI
4.      Suharyati, SKM, MKM, RD – PERSAGI
5.      dr. Fatimah Eliana Taufik, Sp.PD, KEMD merupakan Dokter Penyakit Dalam Konsultan Endokrinologi - Perspective Promotive dan Preventive di tingkat individu dan keluarga dalam upaya mencegah diabetes

Diabetes dibagi menjadi dua yaitu diabetes tipe 1 dan 2, biasanya tipe 1 itu di derita oleh anak-anak dan tipe 2 yaitu remaja. Gejalanya adalah berat badan mudah turun, lemas, sering kencing, sering haus dan mudah lapar padahal makan banyak. Rata-rata penyebab diabetes pada tipe 1 adalah autoimun, dan isulin pada anak hanya 8 persen. 

Dan lebih miris lagi kita adalah penderita no 6 sedunia dalam pengidap penyakit diabetes, dan menghabiskan uang Negara lebih dari 199 triliyun. Sungguh miris ya, karena warga di Indonesia juga malas untuk bergerak sih.

"Anak-anak yang menderita diabetes tetap bisa berolahraga asalkan gula darahnya dibawah 200, dan selalu melakukan pengecekan tekanan darah sebelum dan sesudah berolahraga. Jadi benar-benar harus diperhatikannya. Olahraga bukan asal olahraga. "dr. Michael  Triangto , Sp. KO.

pada anak-anak, pemberian insulin 3-4 kali, dan pemberiannya adalah sebelum sarapan dan makan malam. Kita bisa mencenggah diabetes bisa dengan melakukan upaya promotif dan preventif. Promotif/peningkatan adalah upaya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memelihara dan meningkatkan kesehatnnya. Jadi masyarakat harus mampu mengenal serta mewujudkan aspirasinya dan kebutuhannya juga mengubah atau mengatasi lingkungannya. Sedangkan preventif adalah satu kegiatan pencegahan terhadap suatu masalah/penyakit.

Dan langkah selanjutnya adalah edukasi, peranan keluarga yang meberikan obat bagi si penderita dan mendukung penderita agar selalu tidak terbenani dengan penyakitnya. 

Nah, sudah jelaskan tentang artikel ini mengenai diabetes. Intinya, kita harus memperhatikan berat badan tubuh kita dan juga lingkar perut. Jika ingin menurunkan berat badan, kita harus diet sehat ya jangan asal-asalan. Dan jangan lupa, kita juga harus olahraga agar badan kita kembali bugar.
Sampai jumpa di artikel aku selanjutnya ya, nantikan artikel di blog aku selanjutnya ^_^  




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tantangan Ibu Millenial dalam Mengasuh Anak

Yuhu, apa kabar semuanya? Semoga kalian baik-baik saja ya… Ada info terbaru untuk kalian khususnya ibu-ibu Millenial, untuk menciptakan generasi emas. Pada masa pandemic ini, ibu-ibu sangat dianjurkan untuk melindungi anaknya dengan cara memberikan protocol kesehatan. Anak-anak diajarkan untuk membersihkan tangan, tidak hanya membersihkan tangan pada saat sebelum dan sesudah makan saja tetapi setelah beraktivitas di luar. Tidak harus masa pandemic saja ya, dalam kehidupan sehari-haripun seperti itu. Agar anak kita terhindar dari virus dan penyakit, dan menciptakan hidup yang lebih sehat. Tanggal 11 Agustus 2020, aku ikut Webinar di aplikasi Zoom dengan tema “Mencetak Ibu Millenial Pembangun Generasi Emas 2045 di Era Pandemi Covid 19”. Dengan narasumber sbb : -         Hj Khofifah Indar Parawansa,   Ketua Umum PP NU -         Dr Hj Erna Yulia Soefihara,   Ketua   VII PP NU -         Media   Octariana, MCN Asisten Deputi Ketahanan Gizi KIA -         DR. dr. TB. Rachmat Sa

Belajar Science di Anime DR Stone

Hallo teman-teman! Sebelum aku membahas anime jadul (jaman dulu) lagi, aku membahas anime yang aku tonton akhir-akhir ini. Seperti judul yang di atas, aku akan membahas anime DR Stone. Filmnya, rekomen banget karena menurut aku film bergenre Fantasi dan komedi. Biasakan, aku selalu memprediksi anime dengan seri 24 episode akan menjadi anime yang membosankan. Karena, menjelaskan secara ilmiah dan proses juga nama jamur yang beracun dan tidak. Dan ternyata, semua terbantahkan karena ada unsur komedi di anime ini. Awalnya sih, aku ga lihat genrenya apa tahu-tahu ada di laptop aku dan entah kapan aku download ini anime. Karena aku selalu men-download anime berdasarkan rating di myanimelist. Daripada berlama-lama dan kalian akan bosan sama tulisan aku, lebih baik aku langsung menceritakan animenya seperti apa. Sinopsis : 3700 tahun setelah kilatan cahaya misterius mengubah umat manusia menjadi batu, seorang remaja jenius bernama Senku Ishigami bangkit dan menemukan diri

Slam Dunk : Anime Sport Sepanjang Masa

Slam Dunk adalah anime yang membuat aku menjadi lebih bersemangat lagi, sikap pantang menyerah, percaya diri, dan tidak takut kepada musuh membuat aku semakin termotivasi. Walaupun aku jarang sekali suka sama anime sport , entah mengapa jadi suka baik cerita yang didalamnya mengandung komedi dan sedikit romantis.  Anime yang dalam manganya mempunyai jilid 31, animenya 101 episode, dan 4 layar lebarnya yang di karang oleh Takehiko Inoue bercerita tentang Tim Bola Basket dari SMA Shouhoku yang diproduksi oleh TV Asahi dan Toei Animation. Slam Sunk muncul pada manga Shounen Weekly, Di Jepang, komiknya diterbitkan oleh Shueisha dari tahun 1990 hinga 1996, sementara di Indonesia diterbitkan oleh Elex Media Komptindo. Sebelum diterbitkan Elex, komik ini pernah pula diterbitkan oleh Rajawali Grafiti. Sinopsis : Berawal dari Hanamichi Sakuragi yang tidak suka dengan basket karena perempuan ke 50 yang menolaknya, dan mengatakan dia lebih menyukai pria yang suka dengan bas