Langsung ke konten utama

Kilau Permata Digital Flobamora Sukseskan UMKM Lewat Digital

 



Hallo teman-teman, masih setiakan sama tulisan aku ini. Hari ini, aku menulis tentang Kilau Permata Flobamora ya. Masa Pandemi ini, memiliki dampak yang luar biasa bagi UMKM. Banyak UMKM yang gulung tikar, tidak tahu bagaimana memasarkan produknya selain dengan offline (toko) ataupun wisatawan yang datang di daerah tsb.

melalui Kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gerna BBI), dapat mengambil peran untuk membantu UMKM yang terkena dampak dari Pandemi Covid 19. Dan Kegiatan Gernas BBI tahun ini, di adakan di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang mengusung tema Kilau Digital Permata Flobamora (Flores, Sumba, Timor, dan Alor) akan menyelenggarakan puncak acaranya pada Jumat, 18 Juni 2021, pukul 08.00 WITA besok di Puncak Waringin, Labuan Bajo, NTT. 

Masyarakat bisa menyaksikan langsung melalui forum tatap muka (offline) dan online melalui aplikasi Zoom dan akun YouTube Ditjen IKP Kominfo, serta disiarkan juga secara live di TVRI, Metro TV, iNews TV, dan radio RRI. Acara ini, turut di hadiri tamu VVIP baik via Online maupun offline yaitu Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Luhut Binsar Pandjaitan (Menkomarves), Johnny G. Plate (Menkominfo), Perry Warjiyo (Gubernur BI), Tito Karnavian (Mendagri), Basuki Hadimuljono (MenPUPR), Sandiaga Uno (Menparekraf), Erick Thohir (MenBUMN), Teten Masduki (MenkopUKM), Abdul Halim Iskandar (Mendes PDTT), Viktor Laiskodat (Gubernur NTT), Ririek Adriansyah (Dirut Telkom), dan Edistasius Endi (Bupati Manggarai Barat).

Selain launching ceremony, juga menampilkan ada virtual expo yang menampilkan secara virtual produk-produk UMKM yang dikurasi oleh oleh mitra Top Brand seperti Telkom, Bank Indonesia, serta marketplace. dan juga masyarakat berkesempatan untuk membeli produk-produk yang di tawarkan oleh UMKM.

Selain itu, masyarakat juga bisa menyaksikan talk show bersama marketplace yang akan menghadirkan narasumber Ketua Umum idEA, CEO Ladara, dan CEO Grab yang membahas peluang bisnis. Dan juga ada fashion tentunya, menampilkan hasil tenun dari NTT (Nusa Tenggara Timur) oleh Julie Laiskodat (Ketua Dekranasda Provinsi NTT). Selain itu, ada hiburan musik dan Bazaar Expo dari produk-produk UMKM NTT. 

Untuk pembayaran via digital bisa melalui LINK AJA, OVO, dll yang berintegrasi dengan QRIS BI. Platform digital JP HUB adalah hubungan jaringan pariwisata yang di tunjukkan untuk mengangkat kekayaan alam dan wisata yang ada di Indonesia.

Platform JP HUB bisa di akses melaui Wonderin.id. JP HUB menghadirkan pemesanan baik pemesanan transportasi maupun penginapan. Untuk para pelaku usaha dapat bergabung dalam JP HUB untuk mempromosikan wisatanya.  

Langkahnya cukup gampang melalui laman website menulis wonderin.id lalu sign up


Sekilas Tentang Gernas BBI

Gernas BBI pertama kali diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020 sebagai upaya untuk menyelamatkan UMKM agar berhasil bangkit dan mampu melalui masa sulit pandemi Covid-19. 

Gerakan ini bertujuan untuk mendorong national branding produk lokal unggulan, dan menciptakan industri baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Gerakan yang merupakan bagian dari program percepatan transformasi digital dan industri kreatif nasional ini juga mendorong para pelaku UMKM untuk masuk ke ekosistem digital.

Melalui Gernas BBI Kilau Digital Permata Flobamora, Kominfo mendukung digitalisasi UMKM di Provinsi NTT. Di tahun 2021, Kominfo melalui BAKTI akan membangun sekitar 422 BTS 4G di wilayah NTT yang tersebar di 16 kabupaten, di antaranya yaitu Ende, Manggarai, Sumba Barat, Rote Ndao, Sumba Tengah, dan Manggarai Timur. 

Sepertinya ada yang tertarik nih, jika kalian mau lihat hasil rekamannya bisa di lihat di Youtube ya di channel Kemkominfo TV .


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tantangan Ibu Millenial dalam Mengasuh Anak

Yuhu, apa kabar semuanya? Semoga kalian baik-baik saja ya… Ada info terbaru untuk kalian khususnya ibu-ibu Millenial, untuk menciptakan generasi emas. Pada masa pandemic ini, ibu-ibu sangat dianjurkan untuk melindungi anaknya dengan cara memberikan protocol kesehatan. Anak-anak diajarkan untuk membersihkan tangan, tidak hanya membersihkan tangan pada saat sebelum dan sesudah makan saja tetapi setelah beraktivitas di luar. Tidak harus masa pandemic saja ya, dalam kehidupan sehari-haripun seperti itu. Agar anak kita terhindar dari virus dan penyakit, dan menciptakan hidup yang lebih sehat. Tanggal 11 Agustus 2020, aku ikut Webinar di aplikasi Zoom dengan tema “Mencetak Ibu Millenial Pembangun Generasi Emas 2045 di Era Pandemi Covid 19”. Dengan narasumber sbb : -         Hj Khofifah Indar Parawansa,   Ketua Umum PP NU -         Dr Hj Erna Yulia Soefihara,   Ketua   VII PP NU -         Media   Octariana, MCN Asisten Deputi Ketahanan Gizi KIA -         DR. dr. TB. Rachmat Sa

Belajar Science di Anime DR Stone

Hallo teman-teman! Sebelum aku membahas anime jadul (jaman dulu) lagi, aku membahas anime yang aku tonton akhir-akhir ini. Seperti judul yang di atas, aku akan membahas anime DR Stone. Filmnya, rekomen banget karena menurut aku film bergenre Fantasi dan komedi. Biasakan, aku selalu memprediksi anime dengan seri 24 episode akan menjadi anime yang membosankan. Karena, menjelaskan secara ilmiah dan proses juga nama jamur yang beracun dan tidak. Dan ternyata, semua terbantahkan karena ada unsur komedi di anime ini. Awalnya sih, aku ga lihat genrenya apa tahu-tahu ada di laptop aku dan entah kapan aku download ini anime. Karena aku selalu men-download anime berdasarkan rating di myanimelist. Daripada berlama-lama dan kalian akan bosan sama tulisan aku, lebih baik aku langsung menceritakan animenya seperti apa. Sinopsis : 3700 tahun setelah kilatan cahaya misterius mengubah umat manusia menjadi batu, seorang remaja jenius bernama Senku Ishigami bangkit dan menemukan diri

Slam Dunk : Anime Sport Sepanjang Masa

Slam Dunk adalah anime yang membuat aku menjadi lebih bersemangat lagi, sikap pantang menyerah, percaya diri, dan tidak takut kepada musuh membuat aku semakin termotivasi. Walaupun aku jarang sekali suka sama anime sport , entah mengapa jadi suka baik cerita yang didalamnya mengandung komedi dan sedikit romantis.  Anime yang dalam manganya mempunyai jilid 31, animenya 101 episode, dan 4 layar lebarnya yang di karang oleh Takehiko Inoue bercerita tentang Tim Bola Basket dari SMA Shouhoku yang diproduksi oleh TV Asahi dan Toei Animation. Slam Sunk muncul pada manga Shounen Weekly, Di Jepang, komiknya diterbitkan oleh Shueisha dari tahun 1990 hinga 1996, sementara di Indonesia diterbitkan oleh Elex Media Komptindo. Sebelum diterbitkan Elex, komik ini pernah pula diterbitkan oleh Rajawali Grafiti. Sinopsis : Berawal dari Hanamichi Sakuragi yang tidak suka dengan basket karena perempuan ke 50 yang menolaknya, dan mengatakan dia lebih menyukai pria yang suka dengan bas