Langsung ke konten utama

Kilau Permata Digital Flobamora Sukseskan UMKM Lewat Digital

 



Hallo teman-teman, masih setiakan sama tulisan aku ini. Hari ini, aku menulis tentang Kilau Permata Flobamora ya. Masa Pandemi ini, memiliki dampak yang luar biasa bagi UMKM. Banyak UMKM yang gulung tikar, tidak tahu bagaimana memasarkan produknya selain dengan offline (toko) ataupun wisatawan yang datang di daerah tsb.

melalui Kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gerna BBI), dapat mengambil peran untuk membantu UMKM yang terkena dampak dari Pandemi Covid 19. Dan Kegiatan Gernas BBI tahun ini, di adakan di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang mengusung tema Kilau Digital Permata Flobamora (Flores, Sumba, Timor, dan Alor) akan menyelenggarakan puncak acaranya pada Jumat, 18 Juni 2021, pukul 08.00 WITA besok di Puncak Waringin, Labuan Bajo, NTT. 

Masyarakat bisa menyaksikan langsung melalui forum tatap muka (offline) dan online melalui aplikasi Zoom dan akun YouTube Ditjen IKP Kominfo, serta disiarkan juga secara live di TVRI, Metro TV, iNews TV, dan radio RRI. Acara ini, turut di hadiri tamu VVIP baik via Online maupun offline yaitu Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Luhut Binsar Pandjaitan (Menkomarves), Johnny G. Plate (Menkominfo), Perry Warjiyo (Gubernur BI), Tito Karnavian (Mendagri), Basuki Hadimuljono (MenPUPR), Sandiaga Uno (Menparekraf), Erick Thohir (MenBUMN), Teten Masduki (MenkopUKM), Abdul Halim Iskandar (Mendes PDTT), Viktor Laiskodat (Gubernur NTT), Ririek Adriansyah (Dirut Telkom), dan Edistasius Endi (Bupati Manggarai Barat).

Selain launching ceremony, juga menampilkan ada virtual expo yang menampilkan secara virtual produk-produk UMKM yang dikurasi oleh oleh mitra Top Brand seperti Telkom, Bank Indonesia, serta marketplace. dan juga masyarakat berkesempatan untuk membeli produk-produk yang di tawarkan oleh UMKM.

Selain itu, masyarakat juga bisa menyaksikan talk show bersama marketplace yang akan menghadirkan narasumber Ketua Umum idEA, CEO Ladara, dan CEO Grab yang membahas peluang bisnis. Dan juga ada fashion tentunya, menampilkan hasil tenun dari NTT (Nusa Tenggara Timur) oleh Julie Laiskodat (Ketua Dekranasda Provinsi NTT). Selain itu, ada hiburan musik dan Bazaar Expo dari produk-produk UMKM NTT. 

Untuk pembayaran via digital bisa melalui LINK AJA, OVO, dll yang berintegrasi dengan QRIS BI. Platform digital JP HUB adalah hubungan jaringan pariwisata yang di tunjukkan untuk mengangkat kekayaan alam dan wisata yang ada di Indonesia.

Platform JP HUB bisa di akses melaui Wonderin.id. JP HUB menghadirkan pemesanan baik pemesanan transportasi maupun penginapan. Untuk para pelaku usaha dapat bergabung dalam JP HUB untuk mempromosikan wisatanya.  

Langkahnya cukup gampang melalui laman website menulis wonderin.id lalu sign up


Sekilas Tentang Gernas BBI

Gernas BBI pertama kali diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020 sebagai upaya untuk menyelamatkan UMKM agar berhasil bangkit dan mampu melalui masa sulit pandemi Covid-19. 

Gerakan ini bertujuan untuk mendorong national branding produk lokal unggulan, dan menciptakan industri baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Gerakan yang merupakan bagian dari program percepatan transformasi digital dan industri kreatif nasional ini juga mendorong para pelaku UMKM untuk masuk ke ekosistem digital.

Melalui Gernas BBI Kilau Digital Permata Flobamora, Kominfo mendukung digitalisasi UMKM di Provinsi NTT. Di tahun 2021, Kominfo melalui BAKTI akan membangun sekitar 422 BTS 4G di wilayah NTT yang tersebar di 16 kabupaten, di antaranya yaitu Ende, Manggarai, Sumba Barat, Rote Ndao, Sumba Tengah, dan Manggarai Timur. 

Sepertinya ada yang tertarik nih, jika kalian mau lihat hasil rekamannya bisa di lihat di Youtube ya di channel Kemkominfo TV .


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review N’PURE Marigold Series

Hallo, teman-teman apa kabarnya? Aku mau mereview tentang produk N’PURE lagi nih, setelah membahas tentang Sunscreen N’PURE Cica Beat The Sun. Selain sunscreen, N’PURE ada skincare terbaru lho yang terbuat dari Extract kelopak bunga Marigold. Perlu kalian ketahui bunga Marigold bunga yang tumbuh di Indonesia, dan paling banyak tumbuh di daerah Bali. Bungan Marigold mempunyai arti “tiap sepanjang bulan” karena tumbuh di setiap awal bulan, dan juga memiliki julukan sebagai “herb of the sun” karena melambangkan pasion dan kreatifitas. Marigold juga memiliki manfaat yang hampir sama dengan bunga Celendula, itu sebabnya N’PURE memberikan korelasi Marigold sebagai Cendulanya Indonesia. Owh iya, di dalam skincare Marigold series terdapat beberapa kandung yang harus kamu ketahui yaitu : 1.  Extract kelopak bunga Marigold mengandung Karotenoid yaitu pigmen organik berasal dari bunga, pigmen ini berperan sebagai antioksidan. Selain itu, juga mengandung Trans-lutein yang mempunyai fungsi sebagai

Review Skincare Dewpre Terinspirasi dari Kosmetik Korea Selatan

Yuhu, apa kabar semuanya? Semoga dalam keadaan baik-baik saja ya, di masa sekarang ini yuk jaga kesehatan. Tidak hanya kesehatan tubuh saja, kita juga menjaga kesehatan wajah agar tampak glowing. Aku ingin memperkenalkan produk skincare lokal, tapi seperti produk dari Korea Selatan karena menggabungkan teknologi dan formula dari Indonesia dan Korea Selatan. Produk Skincare yang aku kenalkan adalah DEWPRÉ, karena di buat untuk membuat perempuan Indonesia yang modern dan percaya diri. Pasti ada yang bertanya, DEWPRÉ artinya apa sih? Ok, akan aku jelaskan. DEWPRÉ terdiri dari dua kata yaitu DEW dari bahasa inggris berarti embun, PRÉ berasal dari bahasa Perancis yang berarti rumput. Jadi, produk DEWPRE merupakan mempresentasikan kemurnian yang terjadi di alam dengan proses alami. DEWPRE sudah di sesuaikan sama iklim Indonesia yaitu iklim tropis, sehingga aman dan juga sama kulit wajah permpuan Indonesia yang beraneka ragam. DEWPRÉ berharap, agar perempuan Indonesia cantik dan seh

Anime Tentang Shogi: 3 Gatsu no Lion

Yuhu, sudah lama nih tidak menulis review anime versi aku. Sudah siap belum sama review anime kali ini? Kalo sudah siap, aku akan review anime yang bernuansa permainan tradisional Jepang dulu ya.... Anime yang aku bahas adalah 3 Gatsu no Lion  (3nya di baca san ya)  yang artinya Maret datang seperti singa, tayang pada musim gugur 2016 dari tanggal 8 Oktober sampai 18 Maret 2017 berdurasi 25 menit dan mempunyai episode 22. Bergenre Drama, Game, Seinen, Slice of Life, dan aku cenderung ke comedy juga. Anime Shinbou Akiyuki sebagai Director; Asano Naoyuki sebagai Director, Storyboard, Animation Director; Okada Kenjirou sebagai Director, Episode Director, Storyboard; Kameyama Toshiki sebagai Sound Director. Di Produseri oleh Aniplex, Dentsu, NHK, Hakusensha, Asmik Ace, Toy's Factory dengan lisensi Aniplex of America dan di buat di studio Shaft.  Original Soundtrack (Ost) di isi Bump of Chicken dengan judul Answer (Opening episode 1-11), Yuki dengan judul Sayonara Bystander   ( opening

Review Face Care Scarlett Acne Cream

Hallo, teman-teman berjumpa lagi bersama aku kali ini ada pembahasan baru ya. Kalian sudah tahu belum aku mau membahas apa? Membahas tentang face care, face care yang sekarang sedang viral. Apa coba? Yup, SCARLETT yang sudah di promosiin sama banyak blogger dan para influencer. Setelah lihat promosinya yang heboh, akhirnya aku memberanikan diri untuk mencobanya. Cocok tidak di muka aku, muka aku tuh susah banget cocok sama jenis face care. Maklum, muka ku itu jenisnya sensitif cenderung minyak dan berjerawat. Apalagi, menjelang PMS (Pra Menstrurasi) beuh jerawat tiba-tiba muncul gede apalagi komedo agak bandel ngebersihinnya . Ngeselin kan, gimana teman-teman ada yang senasib? Apa yang kalian ketahui tentang produk Scarlett? Terbesit di pemikiran kalian, produknya hanya mengeluarkan body wash, hand body, dan body scrub. Jangan salah, Scarlett sekarang mengeluarkan produk baru yaitu Scarlett face care. Produknya memiliki dua series face care, Acne Series dan Brightly Series. Tenang saja