Belajar Saham bersama Stockbit



Hallo teman-teman bersama aku di sini, aku mau membahas tentang saham nih. Sesekali, membahas tentang keuangan ya, siapa tahu di antara teman-teman ada juga yang tertarik mau ikutan saham..i i
iseng-iseng buka wag (whatsaap group) mengenai saham, pengen nyoba akh ikutan karena dari dulu pengen banget ikutan main saham tapi ga tahu caranya bagaimana. eh, ada Bloggerhub kerjasama sama Stockbit yang dijelaskan oleh Michael Owen Kohana dengan moderator Sabda.
Saham adalah tanda bukti dalam suatu kepemilikian, kepemilikan di sini bisa di artikan kepemilikan suatu perusahaan. Saham, memiliki memiliki kelebihan yaitu bisa menjual dan harga jualnya lebih tinggi di banding membeli suatu saham. Dan, biasanya selama 1-2 tahun sekali pemegang saham bisa mendapatkan laba dari suatu perusahaan.
Dan resiko suatu saham adalah harga beli lebih rendah di bandingkan harga jual, terlebih lagi jika suatu perusahaan itu bangkrut. 

Bagaimana cara berinvestasi saham? 

Kita buka Sekuritas itu melalui Stockbit, buka akunnya gampang sampai satu hari. Dan mulai investasi selama hari kerja dari jam 08.45-15.15 WIB. Biaya belinya itu 0.15%-0.25% dan biaya jualnya 0.25-0.35% dan sudah termasuk pajak 0.1%  dan 1 lot itu 100 saham.

Bagaimana cara untuk menganisis saham?

Mekanisme pedagannnya seperti pelelangan barang, ada sistem prioritas dan waktu. Dalam suatu saham terdapat Order Book, adalah ringkasan informasi transaksi (harga serta volume yang diperjualbelikan).
Di dalamnya ada Bit (Kiri) yaitu harga diminati pembeli.
Ask (Kanan) harga yang ditwarkan penjual.
Lot jumlah volume anteran beli dan jual saham pada harga tertentu.
Penyelesaian transaksi pada hari bursa ke 2 setelah transaksi (1+2).

Ada beberapa tipe Analisis

Analisis Fundamental adalah mengikuti performa suatu perusahaan seperti kualitas, nilai investasi, dan perkembangan suatu perusahaan. Dasar analisisnya berupa bisnis perusahaan dan laporan keuangan. Dalam jangka waktu panjang user menjadi investor dan keuntungannya dalam bentuk uang dan dividend.
Analisis Technikal adalah mengikuti grafik seperti Scapling, Day Trading, Swing Trader. Dasar analisisnya berupa pergerakan harga saham dan pola transaksi, keuntungan dalam jangka pendek user menjadi trader dan juga dapat keuntung dalam bentuk uang.
Bandarmologi adalah mengikuti keuangan. Dasar analisisnya berupa pola transaksi broker atau sekuritas tertentu, dan juga dalam jangka pendek user menjadi trader dan dapat keuntungan berupa uang.
Untuk memilih suatu tipe analisis harus dipertimbangkan waktu dan kemapuan seperti psikologis dan kemapuan analisis. Tidak ada di antara ketiganya yang terbaik, menganilis sesuai dengan kempuan dan kenyamanan.
Tenang, saham itu bukan judi karena saham sudah di pantau oleh OJK dan juga sudah jelas pembagian dalam keuntungan saham tersebut, dan saham juga bisa dipantau kapan saja dan di mana saja.
Keselahan dari investor baru adalah :
1. Ikut-ikutan orang lain
2. FOMO (fear of missing out)
3. Beli dulu baru riset
4. Terlalu percaya diri
5. Tidak disiplin
6. Tidak investasi pakai uang dingin

Kenapa harus Stockbit?

Karena Stockbit itu ga ribet, selalu saja memberitahukan kita tentang saham yang akan di jual dan di mulai dari harga berapa penjualan saham. Pemberitahuannya bisa berupa email yang setiap hari dan setiap saat, dan di beri penjelasan tentang saham tsb. Untung pemula seperti aku, stockbit akan mengajarkan kita melalui video streamingnya yang ada di aplikasi. Makin mudahkan, memakai stockbit dan sepertinya aku ga bingung lagi mengenai saham. Bagaimana teman-teman apakah sudah ingin mencobanya?
 

Comments

Riza Firli said…
wah makin tertarik aku dengan investasi saham