Langsung ke konten utama

Mengenal Penyakit Kusta dan Cara Mencegahnya



Hallo teman-teman, banyak di antara teman-teman yang sudah tahu dengan Penyakit Kusta. Penyakit kusta di sebabkan oleh bakteri Mycobacterium Leprae, penyakit kusta adalah penyakit yang menular tapi tidak mudah tertular.
Banyak sekali stigma negatif tentang penyakit kusta ini, sehingga para penderita lebih baik menyembunyikan penyakit ini daripada di obati. Akibatnya, penyakit ini menimbulkan kecatatan padahal dengan pemeriksaan sistem saraf, pengobatan yang rutin, dan perawatan secara mandiri penyakit ini bisa sembuh.
Stigma negatif yang melekat dengan penyakit kusta, membuat para penderita tidak bisa mendapatkan pengobatan secara maksimal. Dan berakibat, penyandang disabilitas karena kusra dan penderita penyakit kusta kesulitan mendapatkan akses untuk pelayanan kesehatan. Juga, kurang mendapatkan perawatan dan penanganan penyakit kusta.
Minimnya informasi tentang penyakit kusta, membuat para penderitanya enggan untuk pergi berobat dan memilih untuk diam di rumah. Sehingga, membuat para penderita resiko akan disabilitas dan penularannya yang sangat tinggi.
Hal ini diunggapkan oleh dr. M Riby Macmoed MPH dalam Perbincangan Ruang Publik KBR dengan tema “Dinamika Perawatan Diri dan Pencegahan Disabilitas pada Kusta di Lapangan” yang di selanggaran di youtube channel Berita KBR pada tanggal Kamis 28 Mei 2022. menurut dr. Riby, stigma pasien kusta datang dari keluarga sendiri, masyarakat sekitar, dan tenaga kesehatan sehingga pasien penyakit kusta enggan untuk berobat karena malu.
Menurut data kesehatan 2020, penyakit kusta di Indonesia menurun. Meskipun demikian, pencegahan untuk penyakit kusta harus terus di edukasi agar masyarakat tidak membuat stigma negatif terhadap penyakit kusta. Memberikan informasi dan edukasi ini, agar penyakit kusta dapat segera di obati dan mencegah kecatatan. Penderita kusta, terus menjalani pemeriksaan sistem saraf, dan masa pengobatannya minimal 2 tahun.
Pengobatan penyakit kusta secara mandiri hingga sembuh dan terhindar dari disabilitas, melakukan pemeriksaan sistem saraf apakah ada kelainan fungsi saraf saat ada gejala penyakit kusta. Jika menderita penyakit kusta, cara mandirinya adalah dengan cara merendam dengan air biasa, menggosok dengan batu apung dan di oleskan dengan minyak kelapa. Perawatan ini akan mencegah kecatatan karena kusta.

Ciri-ciri penyakit kusta :
1. Bercak merak
2. Bercak putih
3. Tidak gatal
4. Tidak sakit
5. Tidak sembuh di obati dengan obat kulit biasa

Penyakit kusta, penularannya terjadi jika ada kontak yang intens dengan penderita kusta yang tidak diobati. jika ada kelurga yang menderita penyakit ini. Jangan di jauhi, harus dampingi, dan di kasih dukungan agar cepat sembuh. Anggota keluarga yang merawat penderita peyakit kusta akan di beri obat, sehingga tidak mudah tertular oleh penyakit kusta.
Bagaimana teman-teman sudah mengerti tentang penyaky kusta? Penyakit ini, tidak semengerikan itukan? Yuk, berikan dukungan postif pada penderita penyakit ini agar cepat sembuh.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Produk Asuransi yang Kekinian dari Astra Life

Hallo teman-teman apa kabarnya? Semoga baik-baik saja ya, tetap jaga kesehatan ya teman-teman apalagi pandemi belum berakhir. Selain kita menjaga kesehatan, kita juga harus mengatur finacial kita agar jika kita sakit ada yang mengcover kita. Tidak selamanya kita bisa memegang uang cash, atau apabila uang kita tidak di tabungan. Musibah tidak ada tahukan, penyakit juga ga di harapkan untuk. Kita ga akan tahu, penyakit datang secara tiba-tiba. Maka, aku mencari produk Asuransi Kesehatan yang memberikan manfaat untuk perawatan di Rumah Sakit dari perawatan, inap, pasca rawat inap. Pilihan yang tepat adalah asuransi Astra Life, dan salah satu produknya Flexi Hospital & Surgical Protection . Flexi Hospital & Protection adalah asuransi kesehatan yang bermanfaat untuk pengganti biaya rumah sakit di Rumah Sakit di Indonesia, jadi kita aman dan nyaman dengan menggunakan produk tsb. Keunggulan dari Flexi Hospital & Surgical Protection dari produk asuransi lainnya : 1.  P engganti bia

Tour Rumah Sakit Premier Bintaro

Halo teman-teman, biasanya tour itu identik ke tempat wisata kali ini ada yang beda yaitu tour Rumah Sakit. Rumah Sakit biasanya identik dengan bau obat, kali ini Rumah Sakitnya seperti di Hotel. Pada tanggal 09 Juni 2022, aku di kasih kesempatan untuk berkunjung ke Rumah Sakit Premier Bintaro. Rumah Sakit Premiere Bintaro mulai beroperasi pada 12 Oktober 1998 dengan nama Rumah Sakit Internasional Bintaro, tanggal 12 Agustus 2010 berubah menjadi Rumah Sakit Premier Bintaro. Dan Rumah Sakit Premiere Bintaro, memiliki luas 12 ribu meter persegi. Rumah Sakit Premiere Bintaro terletak di Jalan. MH Thamrin No 1 Sektor 7 Bintaro Jaya Tangerang Selatan, memiiki   205 tempat tidur  terdiri atas Premiere, Suite A, Suite B, Gold Plus, Gold, Silver, dan Kelas III. Rumah  Sakit Premiere Bintaro mempunyai fasilitas unggulan yaitu Spine Center, Sport Clinic, Vascular Center, Stroke Center, dan Skin & Laser Center. Dan tenang saja, letak Rumah Sakit Premiere Bintaro sangat strategis dekat dengan

Tantangan Ibu Millenial dalam Mengasuh Anak

Yuhu, apa kabar semuanya? Semoga kalian baik-baik saja ya… Ada info terbaru untuk kalian khususnya ibu-ibu Millenial, untuk menciptakan generasi emas. Pada masa pandemic ini, ibu-ibu sangat dianjurkan untuk melindungi anaknya dengan cara memberikan protocol kesehatan. Anak-anak diajarkan untuk membersihkan tangan, tidak hanya membersihkan tangan pada saat sebelum dan sesudah makan saja tetapi setelah beraktivitas di luar. Tidak harus masa pandemic saja ya, dalam kehidupan sehari-haripun seperti itu. Agar anak kita terhindar dari virus dan penyakit, dan menciptakan hidup yang lebih sehat. Tanggal 11 Agustus 2020, aku ikut Webinar di aplikasi Zoom dengan tema “Mencetak Ibu Millenial Pembangun Generasi Emas 2045 di Era Pandemi Covid 19”. Dengan narasumber sbb : -         Hj Khofifah Indar Parawansa,   Ketua Umum PP NU -         Dr Hj Erna Yulia Soefihara,   Ketua   VII PP NU -         Media   Octariana, MCN Asisten Deputi Ketahanan Gizi KIA -         DR. dr. TB. Rachmat Sa

Sensasi Wangi Pakaian Molto Korean Strawberry

Hallo teman-teman, pernah ga sih pakaian teman-teman itu bau apek. Apalagi, di musim peralihan seperti ini kadang hujan kadang panas dan juga pakaian ga kering-kering. Pasti menyebalkan kalo bau apek, udah pakai pewangi pakaian tapi tetap saja bau apek. Kali ini, aku mau rekomendasi pewangi pakaian terbaru dari Molto yaitu Molto Korean Strawberry. Sensasi wanginya 7x lebih wangi, dan 7x kali anti bau dengan aroma segar Korean Strawberry. Molto Korean Strawberry, terinspirasi dengan Korea karena Korea sebagai icon wanginya yang manis, memiliki aroma buah-buahan yang merupakan sebagai bahan utamanya. Kenapa sih kita harus memakai pewangi pakaian? 1.  Melindungi serat pakaian karena dengan menggunakan bahan pelembut, tentunya serat pakaian dapat terjaga dengan baik. 2.  Mudah di setrika karena bahan pelembutnya membuat pakaian lebih rapi tahan lama. 3.  Berfungsi sebagai pewangi pakaian 4.  Menjadikan seperti pakaian baru, karena ada bahan pelembut yang berfungsi sebagai melindungi ser