Mengenal Lebih Dekat dengan PCOS

 

Seminar di Mayapada Hospital Jakarta Selatan

Hallo teman-teman, banyak di salah satu di antara teman-teman ada yang sudah menikah lama tapi belum punya keturanan. Banyak omongan di sana yang mulai julid “kok sudah nikah lama ga hamil-hamil”, tenang teman-teman ga usah risau karena yang ngejalanin itu kita.

Pada tanggal 03 Desember yang lalu aku di kasih kesempatan untuk menghadiri seminar tentang kesuburan perempuan di Mayapada Hospital Jakarta Selatan (MHJS) salah satu rumah sakit terbaik dengan sambutan :

dr. Malvin Emeraldi, Sp.OG (K)FER Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Konsultan Subspesialis Fertilitas & Hormon Reproduksi Mayapada Hospital Jakarta Selatan (MHJS)

Christian Eka selaku sales and Marketing Directoral Danpac

Ibu Grace Tahir, memberikan motivasi kepada teman-teman yang belum hamil untuk tidak berputus asa. Dan abaikan omongan orang, karena omongan orang hanya bikin sakit hati saja karena yang tahu proses hamilnya hanya diri kita sendiri dan suami. Maka, bagi teman-teman yang ingin hamil jangan stress kita harus berusaha dan hasilnya kita pasrahkan saja.

Cheril selaku perwakilan dari Ovutest

Mungkin saja, teman-teman itu mengalami PCOS tapi masih bisa hamil asal kita konsultasi ke dokter ya. Yuk, kita kenalan dulu sama PCOS, PCOS itu adalah suatu kelainan pada perempuan yang ditandai 

dengan adanya hiperandogenisme dengan anovulasi kronik dan tidak disertai dengan kelainan adrenal maupun maupun kelenjar hipofisis.

Data epidemologi memperkiran sindrom ovarium polikistik atau poliycstic ovarium syndrome PCOS di alami dari 116 juta atau 3,4% perempuan di dunia. PCOS di perkirakan merupakan penyakit metabolic yang sering dialami perempuan usia subur.

Belum ada data resmi mengenai prevelansi nasional sindrom ovarium polistik (PCOS) di Indonesia. Dalam studi di RS Cipto Mangunkusumo, diidenfikasi 105 pasien dengan PCOS. Dari jumlah tersebut, 94,2% pasien mengeluhkan oligo atau amenore, dan 32,4% mengalami hirsutisme. Mayoritas pasien, yaitu sebanyak 45,7%, berada rentang di usia 26-30 tahun.

Penyebab susah hamil adalah :

Hirsutisme merupakan kondisi di mana seorang perempuan mengalami pertumbuhan rambut yang berlebih pada wanita di area yang umumnya tumbuh pada pria. Misalnya pada bibir atas, dagu, cambang, dada, dan punggung.

Berjerawat

Amenorea adalah suatu keadaan atau kondisi dimana pada seorang perempuan tidak mengalami menstruasi pada masa menstruasi sebagaimana mestinya atau secara sederhana disebut dengan tidak haid pada suatu periode atau masa menstruasi. Terdapat 2 jenis klasifikasi amenorea, yaitu amenorea primer dan amenorea sekunder.

Obesitas

infertilitas adalah gangguan kesuburan yang terbagi kedalam dua kondisi berbeda. Kondisi pertama dikenal dengan infertilitas primer atau kondisi di mana kehamilan belum terjadi sama sekali.

Perempuan yang mengalami PCOS ini menjadi menjadi interfile (tidak subur), karena tidak ada sel telur yang matang sehingga tidak terjadi pertemuan sperma dan sel telur.

Tenang, PCOS masih bisa hamil dengan cara :

Senggama masa subur

Inseminasi Intra Uterine (IIU)

IVF (Bayi Tabung)

Masa hidup sperma selama 3-5 hari dan masa hidup sel telur 24 jam. Seggama di masa subur kana meningkatkan kemungkinan hamil sampai 14-23 persesn per siklus/bulan, dapat dilakukan pada pasangan dengan :

Gangguan kesuburan kurang dari 2 tahun pada perempuan usia < 35 tahun

Kedua tuba paten

Rongga Rahim normal

Tidak ada ganguan kesuburan dari factor pria

Kemampuan untuk hamil alami bisa di pertimbangkan pada :

Usia perempuan

Cadatan telur : AFC, AMH

Pemeriksaan infertilitas seperti analisa sperma, HSG

Bayi tabung

Bagaimana teman-teman sudah jelaskan apa yang aku sampaikan, jika kurang bisa hubungi dokter kandungan ya. Semoga saja, yang belum hamil di segerakan aamiin

 



Comments