Yuk, Lindungi Bumi Dari Emisi Karbon

Sumber : Apa Itu Emisi Karbon? Kenali Penyebab, Dampak, dan Cara Menguranginya (detik.com)

Hallo teman-teman, hari ini aku akan membahas tentang lingkungan nih. Pasti, ada yang pernah medengar tentang emisi karbonkan? Dampaknya, tidak main-main lho karena bisa mempengaruhi iklim apa saja sih dampak dari emisi karbon itu? Yuk, baca artikel aku agar jelas!

Sejak Revolusi Industri pertama, manusia telah menghasilkan lebih dari 2.000 gigaton emisi karbon dioksida di atmosfer dan membentuk selubung seperti rumah kaca yang menahan panas keluar dari bumi. Fenomena efek rumah kaca ini menjadi penyebab pemanasan global.

Jika tidak ada perubahan serius dalam mengatasi akibat pemanasan global, maka intensitas gelombang panas, meningkatnya permukaan air laut, pencemaran udara, dan dampak perubahan iklim lainnya akan semakin membahayakan.

Sebagai bagian dari penduduk bumi, sudah seharusnya kita bersama-sama menekan global warming dengan memahami dampak negatif emisi karbon dan cara menguranginya.

Emisi karbon merupakan proses karbon dioksida ke atmosfer yang terjadi secara alami maupun dipicu aktivitas manusia, seperti deforestasi, konsumsi listrik, hingga kegiatan industri manufaktur. Dalam hal ini, emisi karbon merujuk pada pembakaran segala senyawa yang mengandung karbon, seperti CO2, kayu, hingga bahan bakar hidrokarbon.

Saat ini, jumlah jejak karbon di atmosfer sudah mencapai level yang tidak mungkin untuk diserap secara alami. Oleh karenanya, negara-negara di dunia bersatu membuat skenario menekan emisi karbon dan mencapai net zero emission pada 2050.

Misi karbon yang terus meningkat akan memperbesar resiko konflik, kelaparan, banjir, gangguan ekonomi, dan migrasi masal penghuni bumi pada abad ini.

Gas karbon dioksida dikenal sebagai gas rumah kaca yang mengakibatkan pemanasan global. Namun, dari mana karbon dioksida dihasilkan? Berikut penghasil emisi gas karbon dioksida sebagai penyebab utama efek rumah kaca:

1.    Pembangkit listrik tenaga fosil

2.    Kendaraan bermotor tenaga fosil

3.    Pembakaran hutan

4.    Pembakaran sampah Kegiatan industri


Dampak Emisi Karbon

Berikut beberapa dampak carbon footprint terhadap lingkungan, kesehatan, dan ekonomi:

  1. Dampak Terhadap Lingkungan

Secara umum, emisi gas rumah kaca menjadi penyebab global warming dan memicu perubahan iklim. Konsekuensinya adalah menimbulkan anomali cuaca/cuaca ekstrem, meningkatnya suhu bumi, mencairnya es di kutub, meningkatnya permukaan laut, serta meningkatkan risiko kebakaran hutan dan hujan lebat.

  1. Dampak Terhadap Kesehatan

Perubahan iklim memicu munculnya penyakit-penyakit yang berhubungan dengan bakteri, virus, dan parasit. Sebab, mikroorganisme tersebut tumbuh subur akibat meningkatnya suhu bumi. Selain itu, polusi udara dan cuaca ekstrem, seperti kemarau panjang, hujan kencang, atau gelombang panas juga berdampak pada kesehatan manusia.

  1. Dampak Terhadap Ekonomi

Anomali cuaca berdampak pada kegiatan ekonomi masyarakat, seperti pertanian, pariwisata, hingga kelautan. Cuaca ekstrem juga memengaruhi kerusakan infrastruktur, seperti jalan, jembatan, hingga tiang listrik. Pemanasan global yang memicu berbagai bencana secara tidak langsung juga berdampak terhadap ekonomi.

Cara Mengurangi Emisi Karbon

Selain menjadi tugas negara, #UntukmuBumiku bisa memangkas jumlah emisi gas rumah kaca untuk menghambat perubahan iklim . Berikut lima caranya:

  1. Menanam Pohon

Deforestasi adalah salah satu penyebab utama emisi karbon. Padahal, pohon bisa menyerap dan menyimpan karbon secara alami. Untuk itu, menanam pohon merupakan cara termurah untuk meredam emisi karbon.

  1. Efisiensi Energi di Rumah

Anda bisa memilih penyedia listrik yang menggunakan energi bersih atau memasang panel surya sebagai sumber listrik. Selain itu, Anda juga bisa memilih perlengkapan rumah yang lebih ramah lingkungan, contohnya lampu LED.

  1. Energi Bersih

Saat ini, sebagian besar aktivitas manusia masih menggunakan bahan bakar fosil. Untuk itu, selain mengurangi konsumsi energi, transisi ke energi bersih juga bisa menekan emisi karbon.

  1. Efisien dalam menggunakan transportasi

Meski tidak semua orang bisa meninggalkan kendaraan dengan bahan bakar fosil, mengurangi berkendara dan beralih ke transportasi umum, bersepeda, atau berjalan kaki bisa menurunkan jumlah emisi karbon. Penggunaan pesawat terbang juga merupakan salah satu moda transportasi yang paling banyak menghasilkan emisi karbon. menyusutkan carbon footprint dengan hanya memakai pesawat jarak jauh dan kelas ekonomi.

Untuk itu, kita bisa mengurangi emisi gas rumah kaca dari aktivitas sehari-hari #BersamaBergerakBerdaya lewat cara berikut:

1.  Lakukan efisiensi energi:

–     Matikan lampu yang tidak anda gunakan.

–     Jangan meninggalkan peralatan elektronik dalam posisi stand by. Usahakan mencabut alat dari sumber listrik.

–    Kita tinggal di negara tropis, manfaatkanlah sinar matahari untuk penerangan dan juga untuk mengeringkan cucian Anda.

 

2.  Kurangi frekuensi menggunakan kendaraan bermotor pribadi:

–        Untuk jarak kurang dari 500 m biasakan berjalan kaki, selain itu lebih sehat kan.

–        Gunakan sepeda untuk transportasi yang tidak memiliki gas buang.

–        Untuk jarak lebih dari 3 km, anda bisa berbagi kendaraan (car pooling).

 

3.  Kurangi penggunaan air minum dalam botol kemasan dan sedotan:

–    Biasakan membawa tempat minum Anda sendiri.

–    Bila memungkinkan, hindari pemakaian sedotan plastik karena dapat menghasilkan emisi karbon cukup besar.

 

4.  Kurangi sampah organik Anda:

–        Olah sampah organik Anda menjadi kompos.

–       Pengurangan emisi sampah dapat dilakukan dengan lebih baik apabila disertai dengan pemisahan sampah organik dari non-organik.

 

5.  Kurangi penggunaan kertas:

–     Lakukan pencetakan bolak-balik (duplex) untuk mengehemat penggunaan kertas.

–     Untuk dokumen berupa draft dan tidak memerlukan kertas bersih, gunakan kertas bekas untuk cetak.

Nah, bagaimana teman-teman sudah jelaskan dampaknya seperti apa? Kalau #BersamaBergerakBerdaya versi kalian apa nih? Boleh dong tulis di kolom komentar ya!

Sumber :

Emisi Karbon: Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya (nestle.co.id)

5 Penghasil Emisi Gas Karbon Dioksida yang Mendorong Pemanasan Global Halaman all - Kompas.com

Emisi Karbon: Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya (nestle.co.id)

Comments