Meningkatkan Pelayanan dan Digitalisasi Masyarakat

 



Hai teman-teman, tahukah kamu kalau BRI sedang berinovasi dan meningkatkan layanannya di digitalisasi . ini akan mempermudah para nasabahnya, terutama para UMKM untuk melakukan transaksi. Untuk lebih lanjut lagi, berikut aku kasih penjelasan tentang layanan dan digitalisasi BRI untuk masyarakat. BRI juga terus melakukan digitalisasi dan inovasi untuk jangka panjang, demi menjawab kebutuhan masyarakat

Di dalam masyarakat micro finance di Indonesia, mereka sudah paham dengan alat-alat digital, dengan gadgetnya, tapi mereka kurang paham dengan produk keuangan digital. Teknologi yang terus berkembang memang telah mengubah cara orang dalam melakukan transaksi keuangan. Saat ini tidak perlu pergi datang ke bank untuk menyelesaikan transaksi karena dapat menyetor, mentransfer, menarik, atau menginvestasikan uang hanya dari aplikasi digital yang ada di smartphone..

Jenis keuangan digital yaitu E Wallet, E Money, Payment Gateway, QRIS, Fintech Lending, Paylater, dan Crowfunding. Oleh karena itu, teknologi berubah sedemikian cepat selaras dengan dinamika masyarakat yang tinggi. Perkembangan BRI dalam memanfaatkan teknologi tercermin dari penggunaan pengolahan big data, artificial intelligence, dan cloud computing.

Saat ini BRI menerapkan konsep hybrid bank, memastikan masyarakat yang belum terlalu familiar terhadap digitalisasi bisa tetap terlayani. kemampuan BRI untuk menyediakan layanan melalui digital dikombinasikan dari digital dan manual yang disebut hybrid. Adapun contoh hybrid bank strategy yang paling sederhana adalah AgenBRILink. 

Agen ini mampu menjawab karakteristik nasabah mikro. AgenBRILink sendiri memiliki peranan yang sangat penting dalam roda perekonomian serta kehidupan masyarakat. Hadirnya AgenBRILink juga dapat memudahkan aktivitas kehidupan masyarakat Indonesia melalui fitur-fitur yang sudah disediakan. Fitur-fitur yang dapat dinikmati seperti, pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, memberikan layanan referral pembukaan rekening tabungan BSA dan pinjaman, serta transaksi lainnya.


Tak hanya itu, salah satu implementasi layanan digital juga dibuktikan melalui super apps BRImo. Tercatat, user BRImo saat ini mencapai 27,8 juta dengan nilai transaksi tumbuh 76,3 persen. Artinya transaksi lewat BRImo sudah mencapai nominal Rp1.896 triliun. Dengan lebih dari 100 fitur di dalamnya, super apps ini diharapkan dapat semakin memudahkan masyarakat.

BRI juga mendorong akusisi pedagang melalui pembayaran digital QRIS BRI untuk mempermudah UMKM dan masyarakat dalam transaksi. Hasil temuan riset survei BRI dan BRI Research Institute pada kuartal I-2023 menunjukkan debitur yang sudah melakukan penjualan secara online sebanyak 56,3 persen yang menyatakan volume penjualannya meningkat. Sebanyak 52 persen menyatakan omzet usaha meningkat, serta sebesar 51,6 persen menyatakan keuntungan usaha meningkat.
jumlah UMKM di Indonesia yakni sekitar 64 juta, digitalisasi diperlukan untuk mengakomodasi permintaan pasar. Untuk itu, digitalisasi sangat penting dan mendesak untuk dilaksanakan demi mendukung pertumbuhan UMKM.
digitalisasi bukan lagi kemewahan, melainkan kebutuhan bagi UMKM untuk bersaing dan berkembang dalam ekonomi yang berkembang pesat saat ini. Digitalisasi diintervensi bukan hanya dari sisi hilir terkait dengan on boarding di marketplace saja, tapi juga di sisi hulu dengan adopsi teknologi seperti penggunaan AI (Artificial Intellegence).
Pasalnya BRI bukan hanya memberikan produk atau layanan tetapi juga memberdayakan UMKM agar bisa naik kelas melalui transformasi digital. Dengan begitu jika masyarakat sepenuhnya digital, BRI telah siap melayani kebutuhan tersebut. digitalisasi bisnis internal bertujuan untuk menyederhanakan proses dan meningkatkan efisiensi operasional secara keseluruhan. Sementara penciptaan model bisnis baru melalui digital dilakukan dengan mengeksplorasi peluang yang ada sehingga dapat menambah pendapatan dan nilai baru bagi perseroan.

Jadi, BRI selalu meningkatkan Digitalisasi BRI untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi dengan mudah hanya menggunakan smartphone mereka tanpa perlu repot-repot ke bank. Dan juga, BRI menjadi Pahlawan UMKM karena selalu mempermudah para UMKM untuk naik kelas dan bisa bersaing secara global.

Itu juga bisa meningkatkan daya beli masyarakat untuk UMKM, dan juga UMKM bisa melakukan transaksi kepada seluruh masyarakat baik dalam luar maupun dalam negeri. Jadi, BRI selalu berinovasi untuk mempermudah masyarakat dalam digitalisasi dan BRI Untuk Indonesia.

 

Comments