Langsung ke konten utama

Mudik Sehat ala Kemenkes

 
Mudik merupakan tradisi masyarakat Indonesia kembali ke kampung halaman untuk bertemu sanak saudara dan menjalin silaturahim dengan saudara dan kerabat di kampung halaman. Mudik Lebaran bukan hanya menjadi tradisi di Indonesia, tapi mudik juga dialami oleh negara Asia lainnya seperti Malaysia, Bangladesh dan lain-lain. Masyarakat rela berdesak-desakan serta macet panjang agar bisa melaksanakan tradisi pulang ke kampung halaman dan bersilahturahmi bersama keluarga pada saat Idul Fitri.

Kemenkes bersama Blogger Kesehatan

Di Kampung Rambutan, Menteri Kesehatan Ibu Nila Moelek 04 Juni 2018 sedang melihat-lihat keadaan Terminal Kampung Rambutan, berbincang-bincang dengan para pengemudi, dan melihat fasilitas apa saja yang telah disiapkan di temani oleh Lurah Kampung Rambutan yaitu Dwi Widiastuti dan Kepala Terminal Kampung Rambutan Emral August. Terminal Kampung Rambutan merupakan salah satu terminal terpadat jika musim mudik, terutama terminal dengan jurusan berbagai daerah Jawa Barat. 

Banyak cara masyarakat untuk mudik dengan cara memakai jasa transportasi umum baik udara, laut, dan darat ataupun memiliki kendaraan roda dua maupun roda empat. Kemenkes, memberikan 15 tips tentang mudik sehat, Aman, dan Selamat baik untuk Pemudik, Pengemudi, dan masyarakat umum.

1.      Siapkan fisik yang sehat dan prima sebelum mudik.
2.      Periksa kondisi kelayakan kendaraan.
3.      Tidak meminum obat-obatan atau minuman yang menyebabkan kantuk sebelum dan selama mengemudi.
4.      Beristirahatlah selama 15 menit setiap 4 jam mengemudi.
5.      Jangan paksakan mengemudi bila sudah lelah atau mengantuk.
6.      Displin dan patuh kepada rambu lalu lintas.
7.      Kendaraan tidak melebihi muatan.
8.      Kendalikan kecepatan kendaraan pada saat jalanan rusak, bergelombang, saat hujan, dan cuaca buruk.
9.      Gunakan masker dan lindungi diri dari polusi udara.
10.   Jangan mengkonsusi makanan atau minuman dari yang diberikan oleh orang tidak dikenal
11.   Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir pada sebelum makan.
12.   Konsumsi makanan dan minuman yang sehat.
13.   Buanglah sampah pada tempatnya.
14.   Tidak membuang air kecil/besar sembarangan, gunakan toilet yang telah disediakan, dan
15.   Bila sakit, manfaatkan pos kesehatan terdekat.

Gerakan Pengemudi Sehat (Gemes) adalah gerakan yang mengajak para pengemudi untuk untuk tetap sehat dari persiapan sebelum berangkat mudik, sehat dijalan, dan selamat sampai tujuan. Yang diperlukan dari pengemudi adalah :

H Hindari kendaraan pada kondisi tubuh tidak sehat, ngantuk, dan kelelahan.

E Enyahkan asap rokok dan alkohol terutama jika akan berkendara.

B Beri pertolongan segera bila terjadi kecelakaan.

A Ayo makan sehat, minum air, dan istirahat yang cukup.

T Taati peraturan.
  
Kecelakaan berlalulintas menurun dari tahun 2016-2017, karena komitmen Pemerintah saat ini  adalah tidak boleh ada kemacetan di jalan tol dan zero accident pada angkutan umum. Maka, Kementerian Kesehatan menyiapkan pos kesehatan di setiap terminal, pelabuhan, dan menyediakan layanan darurat melalui 119.

Jangan lupa, pada saat di kampung halaman harus memperhatikan kesehatan juga karena asupan makanan yang di sajikan pada hari raya jarang sekali ada buah dan sayur. Dan Kementrian juga berpesan agar masyarakat menjaga asupan makanan dengan cara :
1.      Membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak.
2.      Tetap berperilaku hidup bersih dan sehat di hari raya.
3.      Pastikan sayur dan buah-buahan ada pada saat hidangan lebaran.
4.      Dan tetap jaga kebugaran dengan rutin melakukan aktivitas fisik 30 menit sehari.
Selamat mudik, tetap sehat dan selamat sampai tujuan dan selamat berkumpul bersama keluarga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tantangan Ibu Millenial dalam Mengasuh Anak

Yuhu, apa kabar semuanya? Semoga kalian baik-baik saja ya… Ada info terbaru untuk kalian khususnya ibu-ibu Millenial, untuk menciptakan generasi emas. Pada masa pandemic ini, ibu-ibu sangat dianjurkan untuk melindungi anaknya dengan cara memberikan protocol kesehatan. Anak-anak diajarkan untuk membersihkan tangan, tidak hanya membersihkan tangan pada saat sebelum dan sesudah makan saja tetapi setelah beraktivitas di luar. Tidak harus masa pandemic saja ya, dalam kehidupan sehari-haripun seperti itu. Agar anak kita terhindar dari virus dan penyakit, dan menciptakan hidup yang lebih sehat. Tanggal 11 Agustus 2020, aku ikut Webinar di aplikasi Zoom dengan tema “Mencetak Ibu Millenial Pembangun Generasi Emas 2045 di Era Pandemi Covid 19”. Dengan narasumber sbb : -         Hj Khofifah Indar Parawansa,   Ketua Umum PP NU -         Dr Hj Erna Yulia Soefihara,   Ketua   VII PP NU -         Media   Octariana, MCN Asisten Deputi Ketahanan Gizi KIA -         DR. dr. TB. Rachmat Sa

Belajar Science di Anime DR Stone

Hallo teman-teman! Sebelum aku membahas anime jadul (jaman dulu) lagi, aku membahas anime yang aku tonton akhir-akhir ini. Seperti judul yang di atas, aku akan membahas anime DR Stone. Filmnya, rekomen banget karena menurut aku film bergenre Fantasi dan komedi. Biasakan, aku selalu memprediksi anime dengan seri 24 episode akan menjadi anime yang membosankan. Karena, menjelaskan secara ilmiah dan proses juga nama jamur yang beracun dan tidak. Dan ternyata, semua terbantahkan karena ada unsur komedi di anime ini. Awalnya sih, aku ga lihat genrenya apa tahu-tahu ada di laptop aku dan entah kapan aku download ini anime. Karena aku selalu men-download anime berdasarkan rating di myanimelist. Daripada berlama-lama dan kalian akan bosan sama tulisan aku, lebih baik aku langsung menceritakan animenya seperti apa. Sinopsis : 3700 tahun setelah kilatan cahaya misterius mengubah umat manusia menjadi batu, seorang remaja jenius bernama Senku Ishigami bangkit dan menemukan diri

Slam Dunk : Anime Sport Sepanjang Masa

Slam Dunk adalah anime yang membuat aku menjadi lebih bersemangat lagi, sikap pantang menyerah, percaya diri, dan tidak takut kepada musuh membuat aku semakin termotivasi. Walaupun aku jarang sekali suka sama anime sport , entah mengapa jadi suka baik cerita yang didalamnya mengandung komedi dan sedikit romantis.  Anime yang dalam manganya mempunyai jilid 31, animenya 101 episode, dan 4 layar lebarnya yang di karang oleh Takehiko Inoue bercerita tentang Tim Bola Basket dari SMA Shouhoku yang diproduksi oleh TV Asahi dan Toei Animation. Slam Sunk muncul pada manga Shounen Weekly, Di Jepang, komiknya diterbitkan oleh Shueisha dari tahun 1990 hinga 1996, sementara di Indonesia diterbitkan oleh Elex Media Komptindo. Sebelum diterbitkan Elex, komik ini pernah pula diterbitkan oleh Rajawali Grafiti. Sinopsis : Berawal dari Hanamichi Sakuragi yang tidak suka dengan basket karena perempuan ke 50 yang menolaknya, dan mengatakan dia lebih menyukai pria yang suka dengan bas