Langsung ke konten utama

Mudik Sehat ala Kemenkes

 
Mudik merupakan tradisi masyarakat Indonesia kembali ke kampung halaman untuk bertemu sanak saudara dan menjalin silaturahim dengan saudara dan kerabat di kampung halaman. Mudik Lebaran bukan hanya menjadi tradisi di Indonesia, tapi mudik juga dialami oleh negara Asia lainnya seperti Malaysia, Bangladesh dan lain-lain. Masyarakat rela berdesak-desakan serta macet panjang agar bisa melaksanakan tradisi pulang ke kampung halaman dan bersilahturahmi bersama keluarga pada saat Idul Fitri.

Kemenkes bersama Blogger Kesehatan

Di Kampung Rambutan, Menteri Kesehatan Ibu Nila Moelek 04 Juni 2018 sedang melihat-lihat keadaan Terminal Kampung Rambutan, berbincang-bincang dengan para pengemudi, dan melihat fasilitas apa saja yang telah disiapkan di temani oleh Lurah Kampung Rambutan yaitu Dwi Widiastuti dan Kepala Terminal Kampung Rambutan Emral August. Terminal Kampung Rambutan merupakan salah satu terminal terpadat jika musim mudik, terutama terminal dengan jurusan berbagai daerah Jawa Barat. 

Banyak cara masyarakat untuk mudik dengan cara memakai jasa transportasi umum baik udara, laut, dan darat ataupun memiliki kendaraan roda dua maupun roda empat. Kemenkes, memberikan 15 tips tentang mudik sehat, Aman, dan Selamat baik untuk Pemudik, Pengemudi, dan masyarakat umum.

1.      Siapkan fisik yang sehat dan prima sebelum mudik.
2.      Periksa kondisi kelayakan kendaraan.
3.      Tidak meminum obat-obatan atau minuman yang menyebabkan kantuk sebelum dan selama mengemudi.
4.      Beristirahatlah selama 15 menit setiap 4 jam mengemudi.
5.      Jangan paksakan mengemudi bila sudah lelah atau mengantuk.
6.      Displin dan patuh kepada rambu lalu lintas.
7.      Kendaraan tidak melebihi muatan.
8.      Kendalikan kecepatan kendaraan pada saat jalanan rusak, bergelombang, saat hujan, dan cuaca buruk.
9.      Gunakan masker dan lindungi diri dari polusi udara.
10.   Jangan mengkonsusi makanan atau minuman dari yang diberikan oleh orang tidak dikenal
11.   Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir pada sebelum makan.
12.   Konsumsi makanan dan minuman yang sehat.
13.   Buanglah sampah pada tempatnya.
14.   Tidak membuang air kecil/besar sembarangan, gunakan toilet yang telah disediakan, dan
15.   Bila sakit, manfaatkan pos kesehatan terdekat.

Gerakan Pengemudi Sehat (Gemes) adalah gerakan yang mengajak para pengemudi untuk untuk tetap sehat dari persiapan sebelum berangkat mudik, sehat dijalan, dan selamat sampai tujuan. Yang diperlukan dari pengemudi adalah :

H Hindari kendaraan pada kondisi tubuh tidak sehat, ngantuk, dan kelelahan.

E Enyahkan asap rokok dan alkohol terutama jika akan berkendara.

B Beri pertolongan segera bila terjadi kecelakaan.

A Ayo makan sehat, minum air, dan istirahat yang cukup.

T Taati peraturan.
  
Kecelakaan berlalulintas menurun dari tahun 2016-2017, karena komitmen Pemerintah saat ini  adalah tidak boleh ada kemacetan di jalan tol dan zero accident pada angkutan umum. Maka, Kementerian Kesehatan menyiapkan pos kesehatan di setiap terminal, pelabuhan, dan menyediakan layanan darurat melalui 119.

Jangan lupa, pada saat di kampung halaman harus memperhatikan kesehatan juga karena asupan makanan yang di sajikan pada hari raya jarang sekali ada buah dan sayur. Dan Kementrian juga berpesan agar masyarakat menjaga asupan makanan dengan cara :
1.      Membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak.
2.      Tetap berperilaku hidup bersih dan sehat di hari raya.
3.      Pastikan sayur dan buah-buahan ada pada saat hidangan lebaran.
4.      Dan tetap jaga kebugaran dengan rutin melakukan aktivitas fisik 30 menit sehari.
Selamat mudik, tetap sehat dan selamat sampai tujuan dan selamat berkumpul bersama keluarga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review N’PURE Marigold Series

Hallo, teman-teman apa kabarnya? Aku mau mereview tentang produk N’PURE lagi nih, setelah membahas tentang Sunscreen N’PURE Cica Beat The Sun. Selain sunscreen, N’PURE ada skincare terbaru lho yang terbuat dari Extract kelopak bunga Marigold. Perlu kalian ketahui bunga Marigold bunga yang tumbuh di Indonesia, dan paling banyak tumbuh di daerah Bali. Bungan Marigold mempunyai arti “tiap sepanjang bulan” karena tumbuh di setiap awal bulan, dan juga memiliki julukan sebagai “herb of the sun” karena melambangkan pasion dan kreatifitas. Marigold juga memiliki manfaat yang hampir sama dengan bunga Celendula, itu sebabnya N’PURE memberikan korelasi Marigold sebagai Cendulanya Indonesia. Owh iya, di dalam skincare Marigold series terdapat beberapa kandung yang harus kamu ketahui yaitu : 1.  Extract kelopak bunga Marigold mengandung Karotenoid yaitu pigmen organik berasal dari bunga, pigmen ini berperan sebagai antioksidan. Selain itu, juga mengandung Trans-lutein yang mempunyai fungsi sebagai

Review Skincare Dewpre Terinspirasi dari Kosmetik Korea Selatan

Yuhu, apa kabar semuanya? Semoga dalam keadaan baik-baik saja ya, di masa sekarang ini yuk jaga kesehatan. Tidak hanya kesehatan tubuh saja, kita juga menjaga kesehatan wajah agar tampak glowing. Aku ingin memperkenalkan produk skincare lokal, tapi seperti produk dari Korea Selatan karena menggabungkan teknologi dan formula dari Indonesia dan Korea Selatan. Produk Skincare yang aku kenalkan adalah DEWPRÉ, karena di buat untuk membuat perempuan Indonesia yang modern dan percaya diri. Pasti ada yang bertanya, DEWPRÉ artinya apa sih? Ok, akan aku jelaskan. DEWPRÉ terdiri dari dua kata yaitu DEW dari bahasa inggris berarti embun, PRÉ berasal dari bahasa Perancis yang berarti rumput. Jadi, produk DEWPRE merupakan mempresentasikan kemurnian yang terjadi di alam dengan proses alami. DEWPRE sudah di sesuaikan sama iklim Indonesia yaitu iklim tropis, sehingga aman dan juga sama kulit wajah permpuan Indonesia yang beraneka ragam. DEWPRÉ berharap, agar perempuan Indonesia cantik dan seh

Anime Tentang Shogi: 3 Gatsu no Lion

Yuhu, sudah lama nih tidak menulis review anime versi aku. Sudah siap belum sama review anime kali ini? Kalo sudah siap, aku akan review anime yang bernuansa permainan tradisional Jepang dulu ya.... Anime yang aku bahas adalah 3 Gatsu no Lion  (3nya di baca san ya)  yang artinya Maret datang seperti singa, tayang pada musim gugur 2016 dari tanggal 8 Oktober sampai 18 Maret 2017 berdurasi 25 menit dan mempunyai episode 22. Bergenre Drama, Game, Seinen, Slice of Life, dan aku cenderung ke comedy juga. Anime Shinbou Akiyuki sebagai Director; Asano Naoyuki sebagai Director, Storyboard, Animation Director; Okada Kenjirou sebagai Director, Episode Director, Storyboard; Kameyama Toshiki sebagai Sound Director. Di Produseri oleh Aniplex, Dentsu, NHK, Hakusensha, Asmik Ace, Toy's Factory dengan lisensi Aniplex of America dan di buat di studio Shaft.  Original Soundtrack (Ost) di isi Bump of Chicken dengan judul Answer (Opening episode 1-11), Yuki dengan judul Sayonara Bystander   ( opening

Review Face Care Scarlett Acne Cream

Hallo, teman-teman berjumpa lagi bersama aku kali ini ada pembahasan baru ya. Kalian sudah tahu belum aku mau membahas apa? Membahas tentang face care, face care yang sekarang sedang viral. Apa coba? Yup, SCARLETT yang sudah di promosiin sama banyak blogger dan para influencer. Setelah lihat promosinya yang heboh, akhirnya aku memberanikan diri untuk mencobanya. Cocok tidak di muka aku, muka aku tuh susah banget cocok sama jenis face care. Maklum, muka ku itu jenisnya sensitif cenderung minyak dan berjerawat. Apalagi, menjelang PMS (Pra Menstrurasi) beuh jerawat tiba-tiba muncul gede apalagi komedo agak bandel ngebersihinnya . Ngeselin kan, gimana teman-teman ada yang senasib? Apa yang kalian ketahui tentang produk Scarlett? Terbesit di pemikiran kalian, produknya hanya mengeluarkan body wash, hand body, dan body scrub. Jangan salah, Scarlett sekarang mengeluarkan produk baru yaitu Scarlett face care. Produknya memiliki dua series face care, Acne Series dan Brightly Series. Tenang saja