Slam Dunk : Anime Sport Sepanjang Masa




Slam Dunk adalah anime yang membuat aku menjadi lebih bersemangat lagi, sikap pantang menyerah, percaya diri, dan tidak takut kepada musuh membuat aku semakin termotivasi. Walaupun aku jarang sekali suka sama anime sport, entah mengapa jadi suka baik cerita yang didalamnya mengandung komedi dan sedikit romantis. 

Anime yang dalam manganya mempunyai jilid 31, animenya 101 episode, dan 4 layar lebarnya yang di karang oleh Takehiko Inoue bercerita tentang Tim Bola Basket dari SMA Shouhoku yang diproduksi oleh TV Asahi dan Toei Animation. Slam Sunk muncul pada manga Shounen Weekly, Di Jepang, komiknya diterbitkan oleh Shueisha dari tahun 1990 hinga 1996, sementara di Indonesia diterbitkan oleh Elex Media Komptindo. Sebelum diterbitkan Elex, komik ini pernah pula diterbitkan oleh Rajawali Grafiti.

Sinopsis :

Berawal dari Hanamichi Sakuragi yang tidak suka dengan basket karena perempuan ke 50 yang menolaknya, dan mengatakan dia lebih menyukai pria yang suka dengan basket. Hanamichi galau, setiap ada yang mengatakan “basket” baik kata-kata yang hampir maupun tidak, Hanamichi langsung menghajarnya.

Hanamichi bertemu dengan Akagi Haruko, Hanamichi hampir menghajar Haruko karena Haruko mengira Hanamichi pemain bola basket karena postur badannya yang tinggi. Hanamichi akhirnya berbohong dan memberi kesan kepada Haruko bahwa dia suka sama basket. Hanamichi ditantang untuk berkelahi di atas atap sekolah, Hanamichi ke atap sekolah untuk berkelahi dan bertemu Rukawa, Rukawa pada saat itu sedang tidur di atas atap.

Hanamichi melihat Akagi memukuli juniornya membuat Hanamichi semakin geram untuk melihat tingkah laku Akagi. Hanamichi memaki permainan bola basket bahwa basket itu permainan anak kecil. akagi tidak menerima itu, akhirnya Akagi menantang Hanamichi untuk berduel dengan Akagi. Melihat pertahanan Hanamichi akhirnya Hanamichi berhasil merebut bola dari Akagi.

Segala cara yang dilakukan Hanamichi untuk masuk ke tim basket, kesungguhan Hanamichi untuk merebut hati Akagi sang kapten,  akhirnya luluh dan masuk ke tim basket. Hanamichi tidak mempunyai skill basket dan dilatih oleh Ayako manager basket, Hanamichi tidak suka dengan Rukawa berada di tim basket. 

Tiba-tiba Anzai sensei datang dan terguling-guling karena penggemar Rukawa mendorongnya. Hanamchi yang tidak tahu Anzai sensei adalah pelatihnya, Hanamichi megang-megang tubuh Anzai sensei. Setelah pertandingan dengan Ryonan, Hanamichi bertemu dengan Ryota Miyagi. Awal pertemuan mereka membuat Miyagi salah paham kepada Hanamichi.

Miyagi akhirnya bisa berteman dengan Hanamichi karena memiliki kisah percintaan yang sama, Hanamichi masuk ke tim basket karena Haruko dan Miyagi menyukai Ayako. Beberapa saat lagi ada bertandingan, Hasashi Mitsui datang membuat keributan.

Mitsui adalah mantan tim basket dan pernah menjadi pemain terbaik pada saat SMP, karena cidera di kakinya akhirnya Mitsui memutuskan untuk berhenti dari dunia basket. Keributan berhasil di redam dan Mitsui menyesali atas perbuatan kepada Anzai sensei, Mitsui masuk ke tim basket Shohoku.

Apakah Shohoku berhasil dan masuk ke Inter High Jepang?

Karakter Slam Dunk di Dunia Nyata 

Ada yang bilang karakter utama terutama Hanamichi Sakuragi merupakan kisah nyata dari seorang berandalan yang sudah tidak mempunyai ibu lagi. Hanamichi berkelahi dengan tim basket di universitas Tokyo, karena pergerakannya yang sangat lincah Hanamichi akhirnya masuk ke tim basket.

Setahun kemudian pada saat ayah Hanamichi sakit, Hanamichi ke Tokyo untuk menjenguk ayahnya. Akan tetapi, Hanamichi mengalami kecelakaan mobil dan membuatnya meninggal sebelum ke meja operasi. Banyak rumor tentang kisah tersebut, pihak sang mengarang Takehiko Inoue itu berita bohong. dan ternyata poto yang beredar itu adalah foto masa muda Yoshihiki Hayashi yang merupakan band legendaris Jepang X Japan, kisah Slam Dunk sendiri berasal dari tokoh-tokoh di NBA. Berikut penjabarannya:


1.     Hanamichi Sakuragi :  Dennis Rodman
Meskipun banyak yang menyebut jika karakter Hanamicihi Sakuragi diambil dari kisah nyata pemuda miskin di Jepang, namun rasanya karakter dari anime Slam Dunk yang memiliki rambut warna merah ini lebih cocok jika disamakan dengan pemain basket NBA Dennis Rodman.
Bukan cuma gaya rambutnya yang mirip, tapi skill keduanya pun bisa dibilang sama. Dennis Rodman adalah raja rebound NBA di era 90-an. Bahkan ia didaulat selama 7 kali berturut-turut sebagai pemilik rebound terbanyak.

Lalu apalagi yang membuat Dennis Rodman adalah Hanamichi Sakuragi di dunia nyata? Ya, perangainya yang buruk dan mudah tersulut emosi menjadi sisi negatif dari pemain yang pernah membela Chicago Bulls ini.



2.     Kaede Rukawa : Michael Jordan
Tak perlu pikir panjang untuk menentukan siapa yang pantas disebut sebagai perwujudan nyata dari Kaede Rukawa. Pemain legendaris NBA Michael Jordan rasanya cukup pas dan punya banyak kemiripan dengan Rukawa. Mulai dari dribbling, shooting, passing, sampai sifat egoisnya membuat mereka cukup mirip.

Dalam anime Slam Dunk, Kaede Rukawa digambarkan sebagai karakter paling jago. Ya, tak beda jauh dengan Micheal Jordan sebagai pemain legendaris NBA dengan puluhan gelar juara klub maupun individu.


3.     Hisashi Mitsui : Stephen Curry
karakter dari anime Slam Dunk yang ada di dunia nyata selanjutnya adalah Hisashi Mitsui. Pemain bernomer 14 ini memang tak sejago Rukawa atau Sakuragi, namun skill tembakan tiga poinnya lah yang membuat nama Mitsui menjadi andalan Shohoku.

Kalau urusan tembakan tiga poin, kita tak bisa meragukan kualitas seorang Stephen Curry. Point-guard Golden States Warriors ini bahkan digadang-gadang sebagai penembak tiga angka terbaik sepanjang masa NBA.


4.     Takenori Akagi : Patrick Ewing
Posturnya yang besar bak gorila, membuat kapten dari tim Shohoku begitu ditakuti kawan dan lawan. Berkat Akagi jugalah tim Shohoku pantang menyerah untuk membawa kembali kejayaan tim basket sekolahnya di kancah regional dan nasional.

Jiwa kepemimpinan dan skill bertahannya sedikit mengingatkan kita kepada sosok Patrick Ewing, center dari tim New York Knicks. Bahkan dari segi wajah, kita benar-benar bisa melihat kemiripan di antara keduanya.

5.      Ryota Miyagi : Isiah Thomas
Pada awalnya Ryota Miyagi adalah seorang pembuat masalah (meskipun tidak seagresif Sakuragi) yang sempat mengacaukan kondisi tim basket Shohoku. Puncaknya adalah kekacauan antara geng Mitsui dengan tim basket Shohoku. Selepas kejadian itu, Ryota perlahan berubah menjadi pribadi yang berkepala dingin. Ryota berposisi sebagai point guard Shohoku. Kecepatan, kemampuan dribel dan passing yang baik membuatnya menjadi salah satu point guard terbaik di wilayah Kanagawa.

Dikisahkan juga bahwa Ryota memiliki affair dengan manajer tim basket Shohoku, Ayako.
Ryota merupakan seorang point guard berbadan kecil dan lincah. Kemampuan passing-nya mirip dengan seorang Isiah Thomas yang juga memiliki tubuh kecil namun lincah. Isiah Thomas juga merupakan leader dari the bad boys Detroit Pistons yang terkenal dengan permainan kerasnya. Mirip dengan sosok Ryota.


6.     Kiminobu Kagure : Toni Kukoc
Senior SMA yang seangakatan dengan Akagi dan Mitsui ini menggambarkan betapa pentingnya pemain cadangan di sebuah tim. Kogure tidak memiliki fisik sebaik para pemain utama. Senjata andalannya adalah tembakan tiga angka yang cukup akurat.

Persamaan yang sepadan mungkin ada pada Toni era Chicago Bulls. Kukoc di era itu bermain cukup baik dari bangku cadangan. Ia dengan baik memimpum tim saat Michael Jordan atau Scottie Pippen mendapatkan waktu istirahat. Tembakan tiga angkanya juga cukup bagus dan bisa diandalkan.



Tapi sayang seribu sayang, anime ini tidak bisa dilanjutkan lagi dan terhenti pada episode 101. Dalam episode tsb, tim Shohoku dan Kainan mewakili Kanagawa untuk ke Inter High.


Komentar