Langsung ke konten utama

Oli Terbaik dari Pertamina




Yuhu, teman-teman berjumpa dengan artikel terbaru aku nih. Aku memperkenalkan oli motor, oli motor matic, dan oli mobil yang bagus untuk kalian, oli buatan anak bangsa adalah keluaran dari Perusahaan Pertamina yaitu Enduro dan Fastron. Pertamina sebagai perusahaan anak bangsa yang mengolah minyak bumi menjadi bahan bakar, dan juga membuat produk-produk pelumas yang sangat dibutuhkan oleh para pengendara bermotor. Sebelum membahas tentang oli dari Pertamina, aku akan membahas tentang pengertian dari oli tersebut ya….

Oli atau minyak pelumas adalah zat kimia yang berupa cairan yang diberikan antara dua benda yang bergerak untuk mengurangi gaya gesek. Oli berfungsi sebagai bahan pelumas agar mesin bisa berjalan dengan mulus dan bebas gangguan, sekaligus berfungsi sebagai pendingin dan penyekat. Oli mengandung lapisan-lapisan halus, berfungsi mencegah terjadinya benturan antar logam komponen mesin seminimal mungkin, mencegah goresan atau keausan.

Oli mempunyai tiga macam yaitu :
1.      Oli Mineral
Oli yang berbahan dasar dari minyak bumi yang diolah dan ditambahkan zat adiktif untuk menungkatkan kemampuan dan fungsinya. Dan kekentalannya cukup tinggi, sehingga banyak dipakai pada mesin diesel, dan juga untuk mesin bensin yang dibuat pada tahun 2000an ke bawah.

2.      Oli Sinentik/Sintesis
Oli Sintesis biasanya terdiri dari Polyalphohaolifins dari pemilahan oli mineral yaitu gas, kemudian senyawa ini dicampur dengan oli mineral. Oli sintesis cenderung mengandung bahan karbon reaktif. Oli didesain untuk menghasilkan kinerja ruang yang lebih efektif dibandingkan dengan oli mineral dan lebih encer. Sehingga lebih cocok dipakai mobil modern, mobil sport, dan motor balap.

3.      Oli Semi Sintesis
Terbuat dari oli mineral yang sudah ditambahkan bahan adiktif yang cocok digunakan untuk mesin berkinerja sedang seperti mobil penumpang dan sepeda motor.
Memilih oli untuk kendaraan mobil dan motor harus konsisten, jangan pernah berganti merk karena harga yang di tawarkan. Jika mengganti merk oli, mesin di dalam kendaraan tidak bekerja secara maksimal dan mesin tidak awet. Dan ada beberapa merk oli keluaran Pertamina yang cocok untuk kendaraan kalian yaitu :

1.      Pertamina Prima XP SAE 20W-50
Varian ini adalah yang paling banyak di cari, karena kualitasnya mencapai tingkat Internasional API SL dan memiliki beberapa unggulan. Seperti memiliki kekentalan yang ganda dan memberikan akselerasi sekaligus perlindungan optimal mesin kendaraan. Selain itu, varian ini juga mencegah deposit di piston dan menjaga mesin tetap bersih sehingga mesin awet.


2.      Pertamina Enduro Racing 4T SAE 10W-40
Memiliki tingkatan JASO MA2 (approved) yang merupakan standar Jepang untuk motor empat langkah dan juga memunuhi tingkatan API SL. Oli ini memiliki keunggulan antara lain dapat mencegah terjadinya slip pada kopling basah, memiliki tingkatan kekentalan yang stabil pada temperatur rendah dan tinggi, tidak mudah teroksidasi, menjaga kebersihan mesin, serta mencegah korosi  dan menjadi komponen mesin dari keausan.

3.      Pertamina Fastron Techno 10W-40
Ternyata, oli ini tidak hanya berkibar di Indonesia saja tetapi juga di dunia Internasional. Pelumas Fastron memiliki Nano Guard sehingga dapat melindungi bagian yang tersempit dari mesin dan berukuran lebih kecil dari molekul, sehingga membuat mesin serasa lebih baru dan menghemat bahan bakar.

4.      Pertamina Meditran SX Bio
Membuat mesin yang beroperasi dengan biodiesel menjadi lebih awet serta melindungi extra bagi mesin ke dalam pelumas yang biasanya terjadi karena adanya blow by gas hasil pembakaran mesin. Penyebabnya, karena fraksi asam lemak biodiesel yang tidak terbakar saat proses pembakaran di mesin karena injector bahan bakar yang rusak.

5.      Pertamina Fastron Gold
Oli tersebut memiliki kandungan sulfur yang rendah, kandungan sulfur yang rendah ini sudah kompitabel dengan alat pengurang emisi biasanya dibenamkan kepada mobil kelas atas. Formulanya juga ditambahkan zat adiktif dengan standar API SN yang mampu membatu melarutkan kotoran dalam mesin.
Harga oli motor dan harga oli mobil yang dipasarkan oleh Pertamina sangat terjangkau bagi masyarakat, masyarakat juga bisa membeli baik secara online maupun ofline. Dan juga produk-produk pertamina bisa di beli di SPBU dan juga bengkel-bengkel langganan kalian.

Nah, bagaimana teman-teman sudah jelaskan oli dari produk Pertamina? Semoga aku bisa membantu dalam memilih oli yang kalian cari dan menjadikan oli motor terbaik . Sampai jumpa lagi di artikel aku selanjutnya…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penyakit Kusta dan Cara Mencegahnya

Hallo teman-teman, banyak di antara teman-teman yang sudah tahu dengan Penyakit Kusta. Penyakit kusta di sebabkan oleh bakteri Mycobacterium Leprae, penyakit kusta adalah penyakit yang menular tapi tidak mudah tertular. Banyak sekali stigma negatif tentang penyakit kusta ini, sehingga para penderita lebih baik menyembunyikan penyakit ini daripada di obati. Akibatnya, penyakit ini menimbulkan kecatatan padahal dengan pemeriksaan sistem saraf, pengobatan yang rutin, dan perawatan secara mandiri penyakit ini bisa sembuh. Stigma negatif yang melekat dengan penyakit kusta, membuat para penderita tidak bisa mendapatkan pengobatan secara maksimal. Dan berakibat, penyandang disabilitas karena kusra dan penderita penyakit kusta kesulitan mendapatkan akses untuk pelayanan kesehatan. Juga, kurang mendapatkan perawatan dan penanganan penyakit kusta. Minimnya informasi tentang penyakit kusta, membuat para penderitanya enggan untuk pergi berobat dan memilih untuk diam di rumah. Sehingga, membuat par

Tantangan Ibu Millenial dalam Mengasuh Anak

Yuhu, apa kabar semuanya? Semoga kalian baik-baik saja ya… Ada info terbaru untuk kalian khususnya ibu-ibu Millenial, untuk menciptakan generasi emas. Pada masa pandemic ini, ibu-ibu sangat dianjurkan untuk melindungi anaknya dengan cara memberikan protocol kesehatan. Anak-anak diajarkan untuk membersihkan tangan, tidak hanya membersihkan tangan pada saat sebelum dan sesudah makan saja tetapi setelah beraktivitas di luar. Tidak harus masa pandemic saja ya, dalam kehidupan sehari-haripun seperti itu. Agar anak kita terhindar dari virus dan penyakit, dan menciptakan hidup yang lebih sehat. Tanggal 11 Agustus 2020, aku ikut Webinar di aplikasi Zoom dengan tema “Mencetak Ibu Millenial Pembangun Generasi Emas 2045 di Era Pandemi Covid 19”. Dengan narasumber sbb : -         Hj Khofifah Indar Parawansa,   Ketua Umum PP NU -         Dr Hj Erna Yulia Soefihara,   Ketua   VII PP NU -         Media   Octariana, MCN Asisten Deputi Ketahanan Gizi KIA -         DR. dr. TB. Rachmat Sa

Belajar Science di Anime DR Stone

Hallo teman-teman! Sebelum aku membahas anime jadul (jaman dulu) lagi, aku membahas anime yang aku tonton akhir-akhir ini. Seperti judul yang di atas, aku akan membahas anime DR Stone. Filmnya, rekomen banget karena menurut aku film bergenre Fantasi dan komedi. Biasakan, aku selalu memprediksi anime dengan seri 24 episode akan menjadi anime yang membosankan. Karena, menjelaskan secara ilmiah dan proses juga nama jamur yang beracun dan tidak. Dan ternyata, semua terbantahkan karena ada unsur komedi di anime ini. Awalnya sih, aku ga lihat genrenya apa tahu-tahu ada di laptop aku dan entah kapan aku download ini anime. Karena aku selalu men-download anime berdasarkan rating di myanimelist. Daripada berlama-lama dan kalian akan bosan sama tulisan aku, lebih baik aku langsung menceritakan animenya seperti apa. Sinopsis : 3700 tahun setelah kilatan cahaya misterius mengubah umat manusia menjadi batu, seorang remaja jenius bernama Senku Ishigami bangkit dan menemukan diri

Review Face Care Scarlett Acne Cream

Hallo, teman-teman berjumpa lagi bersama aku kali ini ada pembahasan baru ya. Kalian sudah tahu belum aku mau membahas apa? Membahas tentang face care, face care yang sekarang sedang viral. Apa coba? Yup, SCARLETT yang sudah di promosiin sama banyak blogger dan para influencer. Setelah lihat promosinya yang heboh, akhirnya aku memberanikan diri untuk mencobanya. Cocok tidak di muka aku, muka aku tuh susah banget cocok sama jenis face care. Maklum, muka ku itu jenisnya sensitif cenderung minyak dan berjerawat. Apalagi, menjelang PMS (Pra Menstrurasi) beuh jerawat tiba-tiba muncul gede apalagi komedo agak bandel ngebersihinnya . Ngeselin kan, gimana teman-teman ada yang senasib? Apa yang kalian ketahui tentang produk Scarlett? Terbesit di pemikiran kalian, produknya hanya mengeluarkan body wash, hand body, dan body scrub. Jangan salah, Scarlett sekarang mengeluarkan produk baru yaitu Scarlett face care. Produknya memiliki dua series face care, Acne Series dan Brightly Series. Tenang saja