Oli Terbaik dari Pertamina




Yuhu, teman-teman berjumpa dengan artikel terbaru aku nih. Aku memperkenalkan oli motor, oli motor matic, dan oli mobil yang bagus untuk kalian, oli buatan anak bangsa adalah keluaran dari Perusahaan Pertamina yaitu Enduro dan Fastron. Pertamina sebagai perusahaan anak bangsa yang mengolah minyak bumi menjadi bahan bakar, dan juga membuat produk-produk pelumas yang sangat dibutuhkan oleh para pengendara bermotor. Sebelum membahas tentang oli dari Pertamina, aku akan membahas tentang pengertian dari oli tersebut ya….

Oli atau minyak pelumas adalah zat kimia yang berupa cairan yang diberikan antara dua benda yang bergerak untuk mengurangi gaya gesek. Oli berfungsi sebagai bahan pelumas agar mesin bisa berjalan dengan mulus dan bebas gangguan, sekaligus berfungsi sebagai pendingin dan penyekat. Oli mengandung lapisan-lapisan halus, berfungsi mencegah terjadinya benturan antar logam komponen mesin seminimal mungkin, mencegah goresan atau keausan.

Oli mempunyai tiga macam yaitu :
1.      Oli Mineral
Oli yang berbahan dasar dari minyak bumi yang diolah dan ditambahkan zat adiktif untuk menungkatkan kemampuan dan fungsinya. Dan kekentalannya cukup tinggi, sehingga banyak dipakai pada mesin diesel, dan juga untuk mesin bensin yang dibuat pada tahun 2000an ke bawah.

2.      Oli Sinentik/Sintesis
Oli Sintesis biasanya terdiri dari Polyalphohaolifins dari pemilahan oli mineral yaitu gas, kemudian senyawa ini dicampur dengan oli mineral. Oli sintesis cenderung mengandung bahan karbon reaktif. Oli didesain untuk menghasilkan kinerja ruang yang lebih efektif dibandingkan dengan oli mineral dan lebih encer. Sehingga lebih cocok dipakai mobil modern, mobil sport, dan motor balap.

3.      Oli Semi Sintesis
Terbuat dari oli mineral yang sudah ditambahkan bahan adiktif yang cocok digunakan untuk mesin berkinerja sedang seperti mobil penumpang dan sepeda motor.
Memilih oli untuk kendaraan mobil dan motor harus konsisten, jangan pernah berganti merk karena harga yang di tawarkan. Jika mengganti merk oli, mesin di dalam kendaraan tidak bekerja secara maksimal dan mesin tidak awet. Dan ada beberapa merk oli keluaran Pertamina yang cocok untuk kendaraan kalian yaitu :

1.      Pertamina Prima XP SAE 20W-50
Varian ini adalah yang paling banyak di cari, karena kualitasnya mencapai tingkat Internasional API SL dan memiliki beberapa unggulan. Seperti memiliki kekentalan yang ganda dan memberikan akselerasi sekaligus perlindungan optimal mesin kendaraan. Selain itu, varian ini juga mencegah deposit di piston dan menjaga mesin tetap bersih sehingga mesin awet.


2.      Pertamina Enduro Racing 4T SAE 10W-40
Memiliki tingkatan JASO MA2 (approved) yang merupakan standar Jepang untuk motor empat langkah dan juga memunuhi tingkatan API SL. Oli ini memiliki keunggulan antara lain dapat mencegah terjadinya slip pada kopling basah, memiliki tingkatan kekentalan yang stabil pada temperatur rendah dan tinggi, tidak mudah teroksidasi, menjaga kebersihan mesin, serta mencegah korosi  dan menjadi komponen mesin dari keausan.

3.      Pertamina Fastron Techno 10W-40
Ternyata, oli ini tidak hanya berkibar di Indonesia saja tetapi juga di dunia Internasional. Pelumas Fastron memiliki Nano Guard sehingga dapat melindungi bagian yang tersempit dari mesin dan berukuran lebih kecil dari molekul, sehingga membuat mesin serasa lebih baru dan menghemat bahan bakar.

4.      Pertamina Meditran SX Bio
Membuat mesin yang beroperasi dengan biodiesel menjadi lebih awet serta melindungi extra bagi mesin ke dalam pelumas yang biasanya terjadi karena adanya blow by gas hasil pembakaran mesin. Penyebabnya, karena fraksi asam lemak biodiesel yang tidak terbakar saat proses pembakaran di mesin karena injector bahan bakar yang rusak.

5.      Pertamina Fastron Gold
Oli tersebut memiliki kandungan sulfur yang rendah, kandungan sulfur yang rendah ini sudah kompitabel dengan alat pengurang emisi biasanya dibenamkan kepada mobil kelas atas. Formulanya juga ditambahkan zat adiktif dengan standar API SN yang mampu membatu melarutkan kotoran dalam mesin.
Harga oli motor dan harga oli mobil yang dipasarkan oleh Pertamina sangat terjangkau bagi masyarakat, masyarakat juga bisa membeli baik secara online maupun ofline. Dan juga produk-produk pertamina bisa di beli di SPBU dan juga bengkel-bengkel langganan kalian.

Nah, bagaimana teman-teman sudah jelaskan oli dari produk Pertamina? Semoga aku bisa membantu dalam memilih oli yang kalian cari dan menjadikan oli motor terbaik . Sampai jumpa lagi di artikel aku selanjutnya…

Comments