Anime Tentang Shogi: 3 Gatsu no Lion


Yuhu, sudah lama nih tidak menulis review anime versi aku. Sudah siap belum sama review anime kali ini? Kalo sudah siap, aku akan review anime yang bernuansa permainan tradisional Jepang dulu ya....

Anime yang aku bahas adalah 3 Gatsu no Lion (3nya di baca san ya) yang artinya Maret datang seperti singa, tayang pada musim gugur 2016 dari tanggal 8 Oktober sampai 18 Maret 2017 berdurasi 25 menit dan mempunyai episode 22. Bergenre Drama, Game, Seinen, Slice of Life, dan aku cenderung ke comedy juga. Anime Shinbou Akiyuki sebagai Director; Asano Naoyuki sebagai Director, Storyboard, Animation Director; Okada Kenjirou sebagai Director, Episode Director, Storyboard; Kameyama Toshiki sebagai Sound Director. Di Produseri oleh Aniplex, Dentsu, NHK, Hakusensha, Asmik Ace, Toy's Factory dengan lisensi Aniplex of America dan di buat di studio Shaft. Original Soundtrack (Ost) di isi Bump of Chicken dengan judul Answer (Opening episode 1-11), Yuki dengan judul Sayonara Bystander (opening episode 12-22), Bump of Chicken dengan judul Fighter (Ending episode 1-6, 8-11, 22), Hinata (Kana Hanazawa), Akari (Ai Kayano), Momo (Misaki Kuno dengan judul Nyaa Shougi Ondo (Ending episode 7), Kenshu Yonezu dengan judul orion (Ending episode 12-21).


Sinopsis :  



Setelah mencapai status profesional di sekolah menengah, Rei Kiriyama adalah salah satu dari sedikit elit di dunia shogi. Oleh karena itu, ia menghadapi sejumlah besar tekanan baik dari komunitas shogi dan keluarga angkatnya. Untuk mencari kebebasan dari kehidupan rumahnya yang tidak harmonis, ia pindah ke sebuah apartemen di Tokyo. Sebagai anak berusia 17 tahun yang hidup sendiri, Rei cenderung tidak bisa merawat dirinya sendiri, dan kepribadiannya yang tertutup sehingga ia  menjauhkan dirinya dari teman-temannya di sekolah dan di aula shogi.

Namun, tidak lama setelah kedatangannya di Tokyo Rei bertemu Akari, Hinata, dan Momo Kawamoto, tiga orang kakak beradik yang tinggal bersama kakek yang memiliki toko tradisional wagashi. Akari anak tertua bertekad untuk membuat Rei tidak kesepian dan memiliki sifat yang keibuan. Keluarga Kawamoto juga mengatasi tragedi di masa lalunya, berbagi masalah baik suka maupun duka dengan Rei dalam ikatan keluarga yang unik yang telah dia kekurangan untuk sebagian besar hidupnya.Ketika ia berjuang untuk bertahan baik  secara fisik dan mental melalui karier shoginya, Rei harus belajar bagaimana berinteraksi dengan orang lain dan memahami emosinya yang kompleks.

Dubber



Sebelum melanjutkan lebih jauh, alangkah bagusnya aku memberikan beberapa para dubber dari anime 3 Gatsu no Lion. Biar kalian lebih kenal siapa sih, para dubber yang mengisi suara para karakter yang kamu suka.

1. Kiriyama Rei dubber Kawanishi Kengo

2. Kawamoto Hinata dubber Hanazawa Kana

3. Kawamoto Akira dubber Kayano Ari

4. Kawamoto Momo dubber Kuno Misaki

5. Shimada Kai dubber Miki Shinichiro

6. Nikaidou Harunobu dubber Okamoto Nobuhiko

7. Hayashida Takashi dubber Sakurai Takahiro

8. Kouda Kyouko dubber Inoue Marina

9. Souya Touji dubber Ishida Akira

10. Noguchi Eisaku dubber Ueda Yuuji


Shogi



Sebelum ke review alangkah lebih baik kita mengenal Shogi itu apa, aku menjelaskan secara garis besarnya saja ya..

Shōgi (atau catur Jepang) adalah permainan papan dari Jepang yang dimainkan oleh dua orang di atas papan 9 lajur dan 9 baris yang berwarna sama. Permainan ini diperkirakan berasal dari permainan India kuno yang disebut caturangga, dan termasuk dalam permainan papan berstrategi yang sekelompok dengan catur, janggi dari Korea, dan xiangqi dari Cina.

Review



Episode awal, kita di tampilkan dengan konflik si pemeran utama yaitu Kiriyama Rei. Di episode ini, aku merasa bosan (karena jalan ceritanya kerasa lambat). dan suasana berubah ketika ada Nikaidou Harunobu, jadi tidak membosankan dan jadi kocak. Maklum saja Nikaidou Harunobu itu rivalnya Kiriyama Rei, dan juga teman yang selalu menyemangati Kiriyama Rei yang sedang terpuruk. Rekomendasi kok ini anime, karena kita di pernalkan juga Shogi itu apa dan cara bermainnya seperti apa.

Nah, gimana teman-teman sudah mau nonton anime ini? Ada season duanya juga lho, sabar ya nanti aku bahas di artikelnya selanjutnya…

 

Comments