Bank Sampah di Kampung Berseri Astra Rawajati

 

Hallo teman-teman aku mau ngebahas tentang salah satu kampong di daerah Jakarta Selatan nih, kalian tahu sendiri kalau di Jakarta itu identic dengan perkampungan yang padat penduduk dan kumuh. Tapi, dengan kerja sama kampong itu menjadi lebih asri dan nyaman terlebih lagi terhindar dari banjir.

Kampung Berseri Astra (KBA) Rawajati merupakan salah satu dari 22 KBA yang tersebar di seluruh Indonesia yang menerapkan gerakan Semangat Kurangi Plastik. Program ini diluncurkan PT. ASTRA International pada Februari 2020 sebagai bentuk perwujudan kontribusi sosial berkelanjutan  PT. ASTRA International yang bertujuan untuk mengurangi sampah plastik sekali pakai. KBA Rawajati sendiri berlokasi di Komplek Zeni, Jl. Zeni AD 2 RT.06/RW.03 Rawajati Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan.

Sampah plastik sekali pakai yang dikumpulkan di Bank Sampah Rawajati berasal dari rumah warga yang berada di sekitar KBA Rawajati dan hasil dari pengumpulan sampah sungai oleh Unit Pelaksana Kebersihan (UPK) Badan Air Pancoran, dimana setiap harinya sampah yang disetorkan ke Bank Sampah Rawajati mencapai 100 kilogram. Dengan adanya bank sampah ini, warga yang sebelumnya tidak pernah mengelola sampah rumah tangga dengan benar, kini perlahan sudah memulai untuk mengelola sampah rumah tangga mereka.

Warga KBA Rawajati memanfaatkan keberadaan bank sampah untuk mengelola sampah dengan benar dan untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Warga yang menjadi nasabah di Bank Sampah Rawajati cukup beragam, mulai dari ibu rumah tangga hingga mahasiswa dari luar wilayah KBA Rawajati.

Dan juga masyarakat membagi sampah organic dan anorganik, jadi masyarakat memilih dan milih sampah dan juga bisa memanfaatkan sampah rumah tangganya.

Tidak hanya sebagai bank sampah tapi juga mengelola aktivitas bank sampah, pengolahan kompos, tanaman hidroponik dan membuat lubang resapan biopori. Dari sampah di atas, Ibu-Ibu di Rawajati menyulapnya menjadi vas bunga, keranjang belanja, wadah buah, hiasan bunga plastik, tissue box, dan bahkan tikar.

Kerajinan-kerajinan ini kerap ditampilkan di berbagai pameran dan mengundang decak kagum banyak orang. Ada satu ruang khusus juga di Rawajati yang diperuntukkan menjadi etalase produk kerajinan daur ulang itu.

Tak sedikit tamu yang datang berkunjung ke Rawajati memborong hasil kerajinan dari sampah itu, soalnya menarik dan unik sekali.

 

Comments