Perlengkapan Pribadi Untuk Mendaki



Banyak banget bertanya di dalam group pendaki, apa saja sih yang harus di persiapan untuk mendaki suatu gunung? Jangan gara-gara perlengkapan pribadi tidak lengkap, kita mati konyol di gunung.
Aku akan memberikan beberapa tips tentang apa saja yang wajib di bawa khususnya perlengkapan pribadi.

Berikut ini beberapa Perlengkapan untuk Mendaki :


1. Niat, segala sesuatu di awali dgn niat dan ingat ke gunung harus dengan niat baik ya jangan sampai sana mau metik bunga yang di lindungin atau berbuat tidak menyenangkan di sana. Konon, apabila gunung yang termasuk keramat, niat buruk di dalam gunung bisa mengancam jika kita.

2. Doa, minta doalah kepada orang tua agar di beri kemudahan dan kelancaran.

3. Memakai baju yang menyerap keringat, agar keringat kita terserap pakailah kaos yang nyaman.

4. Jangan pernah memakai Levis atau Jeans karena berat dan juga tidak gampang kering. Kebanyakan pendaki kedinginan karena memakai jeans atau hipotermia. Sebaiknya, celana yang dipakai yang mudah untuk bergerak, nyaman, dan cepat kering.

5. Bawalah obat-obatan, selain obat pribadi untuk yang punya penyakit khusus kita bawa obat P3K. Dan obat yang kemungkinan besar kita terserang penyakit masuk angin, batuk, flu, diare, keracunan, dll. Owh ya hampir lupa khususnya bagi perempuan sediakan pembalut maks 2 karena untuk jaga-jaga apabila di gunung haid atau buat persiapan jika ada hal yang tidak terduga.

6. Tas daypack atau carrier, untuk menyimpan makanan dan perlengkapan.

7. Matras untuk alas tidur.

8. Sleeping Bag untuk selimut, nah ini yang sangat penting apalagi untuk suhu yang dingin di gunung.

9. Senter atau lampu tenda atau headlamp untuk menerangi kegelapan di gunung.

10. Sepatu Gunung atau sendal gunung, diusahakan yang didesign khusus untuk pendakian. Pernah, aku memakai sepatu yang bukan khusus mendaki, alhasil sepatu cepat rusak dan licin apabila pijakan tanah tsb licin.

11. Peralatan makan, sediakan peralatan minimal piring, gelas atau mug, sendok dan garpu.

12.. KTP untuk identitas

13. Uang yang paling penting karena tanpa uang kita tidak bisa membayar dan membeli konsumsi.

14. Cemilan, cemilan di sini seperti biscuit, coklat, gula merah, madu untuk menambah kalori dan menambah stamina.

15. Trekking Pole, jika di artikan adalah tongkat pendaki yang berfungsi sebagai menjaga stabilitas dan keseimbangan, membantu untuk menambah kecepatan berjalan, membantu pengereman pada saat turunan curam, dan sebagainya.

Ingat stop vadialisme dan cintai alam untuk buang sampah pada tempatnya, sampah yg kau bawa dari bawah jgn kau buang di atas. Salam lestari

Komentar