Langsung ke konten utama

Yuk, Kita Jaga Hutan


Hallo teman-teman, siapa yang di sini suka main di hutan? Kalo di sini ada suka, sama aku juga suka. Sebelum masa pandemi, aku sangat suka main di alam terutama di gunung. 

Tahukah kamu, bahwa hutan di Indonesia adalah Hutan Hujan Tropis. Ekosistem dari Hujan Hutan Tropis, 60% spesies flora dan fauna di dunia ada di hutan ini. Jutaan manusia bergantung di hutan ini baik itu air, makanan, obat-obatan, obat-obatan herbal, dan kebutuhan dasar lainnya #HutanKitaSultan.
Di Indonesia, pengalihan hutan dipakai untuk pembangunan industri terutama industri minyak sawit, kertas, dan tambang yang mengakibatkan rusaknya hutan. Pada tahun 2011, Kementrian Kehutanan memperkirakan 1.2 juta ha hutan di Indonesia hilang setiap tahun. Sungguh ironis bukan, hilangnya hutan hampir setara dengan luas pulau Bali. 

Owh ya hampir lupa mau jelasin di Indonesia ada beberapa jenis hutan


1. Taman Wisata Alam
Kawasan hutan digunakan untuk berwisata, fungsi aslinya tetap terjaga untuk pelestarian dan konservasi.


2. Taman Hutan Raya
Taman Hutan Raya itu sendiri adalah sebuah kawasan yang ditujukan untuk pelestarian tumbuhan dan satwa baik secara alami maupun buatan. Selain menjadi kawasan pelestarian, kawasan ini juga berfungsi sebagai lokasi wisata, budidaya, budaya dan pendidikan. 


3. Taman Nasional
Taman Nasional adalah sebuah kawasan yang akan dikelola dengan sistem zonasi-zonasi guna memilah kawasan. Taman Nasional dalam hal ini berfungsi sebagai hutan konservasi yang juga berfungsi sebagai hutan wisata dan hutan budaya.


4. Cagar Alam
 cagar alam itu sendiri adalah berupa kawasan yang mempunyai keunikan pada satwanya, tumbuhan serta ekosistem di dalamnya sehingga untuk menjaga keberlangsungannya dibutuhkan penjagaan secara khusus. Kawasan Cagar Alam adalah salah satu jenis kawasan yang megaplikasikan beberapa peraturan yang cukup ketat. Kawasan ini pada umumnya sangat dijaga kelestarian dan kondisinya. 


5. Suaka Margasatwa
Suaka Marga Satwa adalah kawasan hutan yang berfungsi untuk membina atau melestarikan satwa-satwa tertentu. Ada banyak sekali kawasan Suaka Marga Satwa yang bisa dijumpai di Indonesia. Penetapan terhadap suatu kawasan menjadi sebuah Suaka Marga Satwa akan dipengaruhi oleh jenis keanekargaman satwa yang ada di lokasi tersebut dan kondisi dari satwa-satwa ekosistem pendukungnya.


Untuk saat ini bentuk ancaman hutan di Indonesia berupa deforestasi,  deforestasi adalah proses penghilangan hutan alam dengan cara penebangan untuk diambil kayunya atau mengubah peruntukan lahan hutan menjadi nonhutan. Bisa juga disebabkan oleh kebakaran hutan baik disengaja atau terjadi secara alami.
Cara untuk menjaga hutan :

1. Reboisasi
Reboisasi adalah menanam kembali pohon yang sudah rusak atau di tebang, sehingga layak untuk di tinggali dan digunakan oleh makhluk hidup.

2. Menerapkan Tebang Pilih
Tebang pilih (high grading) adalah istilah yang merujuk kepada aktivitas memanen yang terbaik dan membiarkan yang lainnya.

3. Menerapkan Tebang Tanam
Tebang tanam yaitu penebangan hutan yang kemudian diganti dengan menanam hutan yang telah ditebang agar hutan tetap terjaga keberadaannya.

4. Melakukan penebangan secara konservatif
Melakukan Penebangan secara konservatif adalah penebangan dengan cara menebang pohon yang sudah tidak berproduktif lagi di hutan tersebut, sehingga tidak terjadinya kesalahan penebangan di mana ada pohon yang masih muda.

5. Memberikan Sangsi kepada Penebang yang Melakukan penebangan sembarangan
Masyarakat menjaga hutan agar hutan terlindungi, jika ada yang melanggar masyarakat wajib untuk melaporkan kepada yang berwajib agar yang melanggar mendapatkan sangsi.


Dan #TeamUpforImpact buat kita adalah tidak membuang sampah di hutan, tidak merusak ekosistem di hutan, dan jangan sembarangan membuat api unggun terutama bagi pendaki atau yang sedang camping.
 jangan lupa ya tema-teman, sambil membaca artikel ini dengarin lagu #DengarAlamBernyanyi. Dengerinnya di platform Spotify dan Apple Music, karena semakin banyak yang mendengarkan lagu ini semakin banyak royalti yang digunakan untuk perlindungan hutan di Indonesia.
#IndonesiaBikinBangga karena hutannya adalah paru-paru dunia karena sebagian oksigen berasal dari hutan kita, dan #UntukmuBumiku akan aku jaga hutan agar bisa menjaga alam ini.

Komentar

Arni mengatakan…
Hutan adalah sumber oksigen terbaik yang kita butuhkan
Kalau kitatak menjaganya dari sekarang, kelak bencana mengintai
Sudah jadi kewajiban kita bersama untuk berbuat yang terbaik, dimulai dari diri sendiri
Yuk semangat jaga hutan
Atisatya Arifin mengatakan…
Kadang aku tuh nggak habis pikir sama yang suka nebangin pohon-pohon di hutan. Efeknya domino alias kemana-mana, tidak hanya berimbas ke lingkungan, fauna, tetapi juga manusia. Aku sudah dengerin lagunya nih. Lagunya easy listening ya jadi pesannya mudah diterima. Yuk yuk semua pada dengerin lagunya dan bantu jaga hutan kita.
Awaludin mengatakan…
menjaga hutan merupakan hal yang sangat penting agar bumi yang kita tempati tetap nyaman karena hutan adalah paru-paru bumi, lagu tentang alam juga enak nadanya.
Dita Indrihapsari mengatakan…
Sedih ya, hilangnya hutan gak tanggung-tanggung bisa capai jutaan hektar :( Semoga manusia, terutama pihak yang punya kuasa bisa jaga hutan dengan baik. Efeknya bukan buat sekarang, tapi buat masa depan..

Campaign kayak gini bagus bangeeet. Apalagi diselipi ada lagunya juga. Enak pun lagunya didenger. Masih terngiang-ngiang nih lagunya di kepala.. :D
Helenamantra mengatakan…
Hutan punya Sumber daya penting buat kehidupan manusia. Lewat lagu yang easy listening seperti Dengarkan Alam Bernyanyi mengingatkan kita untuk lebih mencintai dan merawat hutan. Lagunya asik!

Postingan populer dari blog ini

Review Body Cream dan Body Serum Scarlet Happy Series

  Halo teman-teman, kamu tahukan kalau Scarlet mengeluarkan produk terbaru yaitu body care Happy Series. Pada waktu aku buka instagram scarlet, aku penasaran dong seperti apa produk terbarunya itu. Langsung deh, sat set langsung pesan dan langsung aku review. Aku perkenalkan dulu Happy Body Serum Cerathione Hya lu + Special Made for Intense Brightening and Moisturizing, dengan kandungan Ceramide, Glutathione, Hysluronic Acid, Niacinamide, Glycolic Acid, Shea Butter, Vitamin E, dan Titanium Dioxide dengan ukuran 250 mL. Ceramide                :  merawat kulit agar tetap halus, lembut, dan tidak kering. Glutathione           : membantu meratakan kulit Hysluronic Acid    : menjaga kelembapan kulit sehingga kulit terasa lebih lembut Niacinamide           : membantu mencerahkan kulit, menyamarkan noda gelap di kulit Glycolic Acid           : membantu mengangkat sel kulit mati, mencerahkan kulit Shea Butter              : merawat peremajaan kulit, membuat kulit terasa lebih kencang Vitamin

Kumpulan Resep Makanan Tanpa Micin

Hallo teman-teman, bertemu dengan aku nih. Kali ini, aku ingin membahas masakan sehat, praktis, dan hemat. Aku dapat resep ini datu Kumpulan Resep Makanan Sehat Tanpa MSG Dapur Kobe. Penasaran kan, apa sih resepnya?  Sebelum ke resep terlebih dahulu kenalan duu dengan MSG atau bisa di kenal dengan Micin, MSG atau mici.  Adalah singkatan dari monosodium glutame, garam natrium yang berasal dari asam amino asam glumat. Asa.  Ini dapat dijumpau dari salam tubuh, beragam makanan maupun bahan makanan.  MSG memiliki fungsi sebagai bumbu penyedap yang mirip seperti glutamat, senyawa bertindak sebagai penambah rasa dan menambah rasa di sebut "umami". MSG atau micin paling aman digunakan 3 gram dalam sehari, oleh karena itu maka kita harus mengurangi micin setiap harinya dengan menggunakan Kobe Tepung Serbaguna Premium.  Aku akan memberikab beberapa resep yabg bisa dikelola teman-teman, jadi teman-teman bisa mempraktekan langsung.  Resep Ayam Kunyit Crispy Resep  Ayam Kunyit Crispy  a

Cara Menghindari Kejahatan Siber

H allo teman-teman, selama pandemi kemarin kita sudah mendengar tentang kehajatan siber. Entah identitas kita yang sudah terdaftar, atau teror dari pinjol (pinjaman online) . Jadi ingat kasus kakak aku, aku membeli laptop di salah satu e commerce, kakak aku di teror karena kartu kreditnya bocor. Untung, kakak aku segera lapor dan tidak ada yang memakai kartu itu hanya di teror saja. Kejahatan siber adala h kejahatan yang melibatkan komputer dan jaringan . Komputer mungkin digunakan untuk melakukan kejahatan, atau menjadi target kejahatan. Kejahatan dunia maya dapat membahayakan keamanan dan keuangan seseorang. J enis-jenis kejahatan siber 1.  Kejahatan Pengelabuan adalah kejahatan akun dari media sosial baik dari email, facebook, instagram, dll. 2.  P enipuan kartu kredit adalah penyalahgunaan kepemilikian kartu kredit. 3.  Serangan perangkat pemeras adalah software malware yang mengenkripsi file dan dokumen dari salah satu komputer hingga kepada seluruh jaringan, pelaku akan meminta t

Slam Dunk : Anime Sport Sepanjang Masa

Slam Dunk adalah anime yang membuat aku menjadi lebih bersemangat lagi, sikap pantang menyerah, percaya diri, dan tidak takut kepada musuh membuat aku semakin termotivasi. Walaupun aku jarang sekali suka sama anime sport , entah mengapa jadi suka baik cerita yang didalamnya mengandung komedi dan sedikit romantis.  Anime yang dalam manganya mempunyai jilid 31, animenya 101 episode, dan 4 layar lebarnya yang di karang oleh Takehiko Inoue bercerita tentang Tim Bola Basket dari SMA Shouhoku yang diproduksi oleh TV Asahi dan Toei Animation. Slam Sunk muncul pada manga Shounen Weekly, Di Jepang, komiknya diterbitkan oleh Shueisha dari tahun 1990 hinga 1996, sementara di Indonesia diterbitkan oleh Elex Media Komptindo. Sebelum diterbitkan Elex, komik ini pernah pula diterbitkan oleh Rajawali Grafiti. Sinopsis : Berawal dari Hanamichi Sakuragi yang tidak suka dengan basket karena perempuan ke 50 yang menolaknya, dan mengatakan dia lebih menyukai pria yang suka dengan bas